Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Analisis dan Penginterpretasian Hasil Riset serta Penyajian Laporan Riset

Tugas Teknik Riset Pemasaran

  • Inicia sesión para ver los comentarios

Analisis dan Penginterpretasian Hasil Riset serta Penyajian Laporan Riset

  1. 1. TEKNIK RISET PEMASARAN Analisis & Interpretasi Hasil Analisis serta Penyajian Laporan Riset Pembimbing : Desak Putu Eka Nilakusmawati Oleh : Ni W. Julia Setyawati, Ni Putu Ayunda Surya Dewi, I Wayan Yoga Astawa, Made Wahyu Wiguna, I Wayan Sandy Bayu Nugraha
  2. 2. Analisis dan Interpretasi Hasil Analisis – Proses Analisis Data • Periset mengolah data yang sudah diinput pada tahap sebelumnya menjadi hasil keluaran atau output • Periset cukup memanggil atau mendownload data yang sudah tersimpan selama proses penginputan lalu menganalisisnya melalui alat analisis yang cocok • Perlu dipahami bahwa bukan alat yang canggih yang akan menghasilkan riset yang berbobot namun kecocokan antara metode analisis dengan informasi yang akan disediakan • Salah satu paket software computer untuk menganalisis data adalah program SPSS
  3. 3. Analisis dan Interpretasi Hasil Analisis – Interpretasi Hasil Analisis • Periset menerjemahkan atau mengartikan istilah-istilah teknis menjadi ungkapan yang mudah dipahami oleh orang awam atau pengguna • Peranan periset sebagai penerjemah hasil analisis merupakan fungsi yang terpenting karena kualitas riset banyak dipengaruhi oleh hasil temuan riset
  4. 4. Analisis dan Interpretasi Hasil Analisis Contoh : Misalnya akan dilakukan survei terhadap penginap Hotel Kasablanka dengan jumlah responden 20 orang dan α sebesar 5%.
  5. 5. Ada beberapa informasi yang ingin didapat dari kuesioner tersebut, yaitu : – Apakah para penginap Hotel Kasablanka mengetahui bahwa pihak hotel menyediakan layanan antar-jemput dari dan ke bandar udara? – Bagaimana tingkat kepuasan para penginap terhadap menu masakan pagi yang disajikan Hotel Kasablanka? – Adakah perbedaan kepuasan terhadap menu masakan antara penginap pria dan wanita? – Adakah perbedaan kepuasan terhadap menu masakan antara penginap berusia di bawah 25 tahun, penginap berusia 25 sampai 45 tahuun, dan penginap berusia lebih dari 45 tahun? – Apakah penginap yang puas terhadap menu masakan pagi juga memiliki kepuasan yang sama terhadap alunan musik yang dimainkan? – Apakah ada ketergantungan antara kepemilikan kartu keanggotaan dengan jenis kelamin penginap?
  6. 6. – Informasi pertama yang ingin didapat adalah apakah para penginap Hotel Kasablanka mengetahui bahwa pihak hotel menyediakan layanan antar-jemput dari dan ke bandar udara. Informasi ini dapat diperoleh dari pertanyaan nomor 1 dari kuesioner.
  7. 7. – Informasi kedua yang ingin didapat adalah bagaimanakah tingkat kepuasan para penginap terhadap menu masakan pagi yang disajikan Hotel Kasablanka. Informasi ini dapat diperoleh dari pertanyaan nomor 2 dari kuesioner.
  8. 8. – Informasi ketiga yang ingin didapat adalah adakah perbedaan kepuasan terhadap menu masakan antara penginap pria dan wanita. – Informasi ini dapat diperoleh dengan dilakukan uji t untuk beda dua rata-rata. Dalam hal ini digunakan pertanyaan nomor 2 dan 5 dari kuesioner.
  9. 9. – Informasi keempat yang ingin didapat adalah adakah perbedaan kepuasan terhadap menu masakan antara penginap berusia di bawah 25 tahun, penginap berusia 25 sampai 45 tahun, dan penginap berusia lebih dari 45 tahun. – Informasi ini dapat diperoleh dengan dilakukan uji ANOVA. Dalam hal ini digunakan data dari pertanyaan nomor 2 dan 6 dari kuesioner.
  10. 10. – Informasi kelima yang ingin didapat adalah apakah penginap yang puas terhadap menu masakan pagi juga memiliki kepuasan yang sama terhadap alunan musik yang dimainkan. – Informasi ini dapat diperoleh dengan dilakukan uji t dengan sampel berpasangan (paired samples t-test). Dalam hal ini digunakan data dari pertanyaan nomor 2 dan 3 dari kuesioner.
  11. 11. – Informasi keenam yang ingin didapat adalah Apakah ada ketergantungan antara kepemilikan kartu keanggotaan dengan jenis kelamin penginap. – Informasi ini dapat diperoleh menggunakan analisis asosiasi dengan uji kai skuer (chi-squared) yang dilambangkan dengan . – Dalam hal ini digunakan data dari pertanyaan nomor 4 dan 5 dari kuesioner.
  12. 12. Penyajian Laporan Riset – Kriteria Laporan Riset • Laporan riset hendaknya ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami pengguna. • Laporan riset hendaknya dibuat dengan tampilan fisik yang menarik yaitu dengan memerhatikan penggunaan jenis kertas yang berkualitas, pencetakan yang jelas, dan penjilidan yang memadai. Informasi-informasi yang penting diusahakan ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, diagram, atau gambar.
  13. 13. Penyajian Laporan Riset – Format Isi Laporan Riset • Halaman judul • Halaman pengesahan • Daftar isi • Daftar gambar, tabel, dan grafik • Ringkasan eksekutif • Latar belakang masalah • Penetapan masalah • Pendekatan terhadap masalah • Desain riset (jenis riset yang digunakan, macam informasi yang diperlukan, proses pengumpulan data (sumber data primer, sumber data sekunder), teknik skala yang dipakai, desain kuesioner (bila menggunakan kuesioner), teknik sampel yang digunakan, kerja lapangan yang telah dilakukan, dan tanggal pelaksanaan. • Analisis data • Hasil riset • Keterbatasan riset • Kesimpulan dan rekomendasi
  14. 14. Daftar Pustaka Istijanto. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran Plus 36 Topik Riset Pemasaran Siap Terap. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
  15. 15. TERIMA KASIH

×