Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

WYDB 1 Pelayanan, Profil, Keterbebanan

1.267 visualizaciones

Publicado el

Pandangan Alkitab tentang Pelayanan
Menemukan Profil Pelayanan (Servants's Profile)
Profil K1: Keterbebanan (Heart's Passion)

Publicado en: Meditación
  • Inicia sesión para ver los comentarios

WYDB 1 Pelayanan, Profil, Keterbebanan

  1. 1. . . . . . . . . . Hubungkanlah semua titik dg 5 garis lurus yang tak terputus! Temukan berapa pola yang bisa dibuat.
  2. 2. . . . . . . . . . Hubungkanlah semua titik dg 4 garis lurus yang tak terputus!
  3. 3. . . . . . . . . . Hubungkanlah semua titik dg 4 garis lurus yang tak terputus!
  4. 4. . . . . . . . . .
  5. 5. . . . . . . . . . Cek asumsi kita tentang pelayanan
  6. 6. • pendeta, pastor, penginjil • seorang yang bekerja penuh waktu di gereja atau lembaga pelayanan • seorang yang penghasilan diperoleh dari pelayanannya • seorang lulusan sekolah teologi Gambaran apa yang biasanya terlintas dalam pikiran kita jika membayangkan tentang seorang “hamba Tuhan”?
  7. 7. Peran & tugas “hamba Tuhan”? Bertanggung jawab atas jalannya seluruh fungsi pelayanan Peran & tugas “jemaat awam”? Mendukung hamba Tuhan dalam keuangan dan beberapa bagian kecil Peran & tugas seminari? Mempersiapkan seseorang untuk menjalankan seluruh fungsi pelayanan
  8. 8. “Jemaat awam” yang baik: • Datang ke kebaktian dan acara- acara gereja lainnya secara teratur • Secara sukarela memberikan persembahan pada gereja • Mendukung program-program yang dijalankan pemimpin gereja • Menaati Hukum ke-11: “Jangan berbuat ulah!”
  9. 9. Apakah pandangan populer tentang pekerja pelayanan sesuai Alkitab? Siapakah seorang hamba Tuhan menurut Alkitab? Apa yang diharapkan oleh Tuhan dari “jemaat awam”?
  10. 10. Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang- Nya yang ajaib.
  11. 11. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.
  12. 12. Kita telah diciptakan dan diciptakan-ulang dengan tujuan-tujuan yang ada dalam pikiran Tuhan. Memuliakan Allah mencakup usaha untuk menemukan visi-Nya tentang apa yang bisa dan seharusnya terjadi dalam hidup kita.
  13. 13. Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerah- kan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus.
  14. 14. ... karunia yang telah diperoleh TIAP-TIAP orang ...
  15. 15. Dan Ialah yang memberikan baik rasul- rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita- pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus.
  16. 16. Semua orang percaya adalah imam. Implikasinya ialah bahwa semua orang percaya harus melakukan pelayanan, tidak hanya para rasul atau para pemimpin utama. PB menyatakan bahwa sebagian orang Kristen dipanggil untuk melayani jemaat Kristus di dunia, namun semua dipanggil untuk melayani Kristus di dunia.
  17. 17. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, ... Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; ... Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka.
  18. 18. “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”
  19. 19. Berapa banyak hamba-hamba yang menganggur di kerajaan Allah? Hasil Survey Gallup (US):  10% anggota gereja yang aktif melayani secara pribadi  50% anggota gereja yang tidak tertarik untuk melayani  40% anggota gereja yang tertarik untuk melayani, tetapi tidak pernah diminta atau tidak tahu bagaimana
  20. 20. Sambil menunjuk peta Tiongkok: “Di sana ada raksasa yang sedang tidur. Jika bangun, dia tidak akan dapat dihentikan.”
  21. 21. “Gereja Tuhan adalah raksasa yang sedang tidur. Jika bangun, dia tidak akan dapat dihentikan.”
  22. 22. Gambaran apa yang seharusnya terlintas dalam pikiran tentang seorang hamba Tuhan? • Orang-orang percaya yang melayani jemaat Kristus: pendeta, pastor, penginjil, dll. • Orang-orang percaya yang melayani Kristus di dunia: pengusaha, ilmuwan, politikus, dll. • Saudara sendiri!
  23. 23. Peran & tugas pendeta? Memperlengkapi seluruh umat untuk melayani Peran & tugas jemaat? Melakukan pekerjaan pelayanan di dunia dan membangun tubuh Kristus Peran & tugas seminari? Mempersiapkan seseorang untuk menjadi pemerlengkap seluruh umat menjadi hamba Tuhan
  24. 24. Jemaat yang baik: • Orang yang mengenal Kristus dan membuat Kristus dikenal • Orang yang bertumbuh dewasa dan menolong orang lain bertumbuh • Orang yang mengenali panggilan pelayanan khasnya, dan melakukan pelayanan dalam kebersamaan yang saling melengkapi
  25. 25. Jika reformasi pertama telah mengembalikan Firman Allah kepada umat Allah, kita sekarang memerlukan reformasi kedua untuk mengembalikan pekerjaan Allah kepada umat Allah.
  26. 26. Panggilan merupakan undangan pribadi Tuhan bagi seseorang untuk bekerja sesuai agenda-Nya, menggunakan talenta yang telah diberikan-Nya, dengan cara-cara yang memiliki kepentingan kekal. Pertanyaannya bukan, “Apakah saya dipanggil?” melainkan, “Apakah panggilan saya dan bagaimana saya memenuhinya?”
  27. 27. Rancangan menyatakan kehendak Perancangnya. Tuhan merancang kita dengan berbagai hal yang spesifik. Karakteristik spesifik tersebut membuat kita sesuai untuk melakukan suatu pelayanan atau pekerjaan tertentu. Jika kita ingin mengetahui kehendak Tuhan bagi pekerjaan/pelayanan kita, salah satu hal utama yang dapat kita lakukan adalah mengenali diri kita.
  28. 28. Tuhan telah menciptakan dan merancang kita dengan suatu maksud tertentu. Perhatian kita akan melekat pada suatu hal lebih dari hal yang lain. Kita telah diberi KETERBEBANAN tertentu. Kita telah diberi KARUNIA ROHANI yang memampukan kita menyelesaikan tugas pelayanan kita. Kita juga memiliki GAYA KEPRIBADIAN tertentu dalam berhubungan dengan orang lain dan dengan dunia sekitar kita.
  29. 29. KEPRIBADIAN bagaimana KEMAMPUAN sebagai apa KETERBEBANAN di mana
  30. 30. piritual Gifts eart’s Passion bilities ersonality Styles xperiences S H A E P
  31. 31. 1. Mengenali DIRI (Rancangan Tuhan) 2. Menyelidiki KEBUTUHAN (Ladang Tuhan) 3. Melakukan PELAYANAN (Pekerjaan Tuhan)
  32. 32. Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya. TBI God is always at work in you to make you willing and able to obey his own purpose. TEV
  33. 33. Satu aspek apakah dari dunia yang telah rusak ini, yang ketika Anda melihatnya, menyentuhnya, atau dekat dengannya, Anda merasa tidak tahan lagi? ... Inilah ‘ketidakpuasan yang kudus’ (holy discontent). Anda mungkin mendengar Allah berkata, “Sekarang kamu tahu apa yang Aku rasakan.” ‘Badai api frustrasi’ itu bukan milik Anda sendiri, namun juga milik-Nya.
  34. 34. Siapakah lima orang yang telah menjadi sumber inspirasi bagi Saudara dalam hal panggilan hidup yang dijalaninya? Mengapa?
  35. 35. Hal-hal apakah yang Saudara kerjakan dengan perasaan penuh arti, semangat, dan kecintaan meskipun tidak ada orang yang mendorong, memeriksa, atau menilai?
  36. 36. Bidang apakah yang akan dikatakan oleh teman- teman dekat Saudara sebagai hal yang sangat menarik dan menggairahkan hati Saudara? Percakapan tentang bidang apa yang dapat membuat Saudara terus bersemangat sampai lupa waktu?
  37. 37. Jika pada akhir kehidupan ini Saudara dapat melihat kembali ke belakang, apa sajakah yang akan membuat hati Saudara penuh sukacita karena telah melakukan sesuatu di dalamnya? Kerusakan apakah yang Saudara rindu perbaiki? Kebaikan apakah yang Saudara rindu perbanyak?
  38. 38. Apakah yang akan Saudara pilih untuk dilakukan dengan segenap hidup Saudara, jika Saudara tahu bahwa hal
  39. 39. Tema merupakan alasan atau gagasan utama yang terus berulang dalam kisah hidup kita. Amatilah kata, frase, atau konsep yang berulang dan perhatikanlah bagaimana hal itu menghubungkan kompleksitas kisah hidup kita menjadi kesatuan yang utuh.
  40. 40. Panggilan hidup kita selalu berkaitan dengan population, place, problems, dan process. Population: Siapa yang akan saya layani? Place: Di mana saya akan melayani mereka? Problems: Di komunitas dan tempat tersebut, bagian mana dari kejatuhan/kerusakan yang akan saya hadapi? Process: Apa sarana yang akan saya gunakan untuk mengatasi masalah tersebut?
  41. 41. POPULATION 10 53 03 PLACE 88 44 97 PROBLEM 76 01 21 PROCESS 54 27 79
  42. 42. Menemukan keterbebanan merupakan proses yang berkelanjutan. Seiring dengan Saudara memikirkan, mendoakan, dan memperoleh lebih banyak pengalaman, keterbebanan Saudara akan semakin jelas.

×