Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Laporan Prakerin Ressa Nurapiah (Power Point)

1.840 visualizaciones

Publicado el

Tugas Produktif

  • Inicia sesión para ver los comentarios

Laporan Prakerin Ressa Nurapiah (Power Point)

  1. 1. ASSALAMU’ALAIKUM. WR. WB.
  2. 2. PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KARAWANG SEKRETARIAT DAERAH JL. JENDRAL A.YANI NO. 1 KARAWANG - JAWA BARAT PERIODE 25 JULI 2016 SD 25 OKTOBER 2016 NAMA : RESSA NURAPIAH NIS : 15160610 KELAS : XI TKJ 2 TEKNIK KOMPUTER dan JARINGAN SMKN 1 RENGASDENGKLOK
  3. 3. LATAR BELAKANG PRAKERIN Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait. Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri. Prakerin memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari.
  4. 4. TUJUAN PRAKERIN • Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah; • Membentuk pola pikir yang membangun bagi siswa-siswi Prakerin; • Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya; • Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa-siswi Prakerin; • Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi Prakerin sesuai bidang masing-masing; • Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari; • Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.
  5. 5. PROFIL INSTANSI Sekertariat Daerah Kabupaten Karawang dibentuk berdasarkan peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2008 yang ditetapkan pada Tanggal 25 Agustus 2008 serta petunjuk pelaksanaan nya diatur melalui peraturan Bupati Karawang Nomor 42 Tahun 2014 tentang Rincian Tugas, fungsi dan Tata Kerja Sekertariat Daerah Kabupaten Karawang. Sekertaris Daerah mempunyai tugas poko dan fungsi yang di tuangkan dalam susunan organisasi agar mampu menjamin terlaksana nya tugas poko dan fungsi secara efektif dan efesian. Susunan organisasi Sekertariat Daerah berserta uraian tata kerja yang komprehensif menggambar wewenang dan tanggung jawab setiap unsur organisasi mekanisme kondisi internal organisasi guna memjamin kesepahaman kesatuan arah dan keterpaduan dalam pencapaian tujuan organisasi.
  6. 6. STRUKTUR BAGIAN ADMINISTRASI SETDA KABUPATEN KARAWANG
  7. 7. VISI & MISI VISI SETDA KABUPATEN KARAWANG “ TERWUJUDNYA SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN KARAWANG YANG PROFESIONAL DALAM UPAYA MENDUKUNG VISI KABUPATEN KARAWANG MELALUI PENGANGKATAN KINERJA” TIGA VILAR VISI : 1. PROFESIONAL 2. MENDUKUNG VISI KABUPATEN KARAWANG 3. PENINGKATAN KINERJA MISI SETDA KABUPATEN KARAWANG 1. MENINGKATKAN KUALITAS PERUMUSAN KEBIJAKAN DIBIDANG PEMERINTAHAN. 2. MENINGKATKAN KUALITAS PERUMUSAN KE BIJAKAN DIBIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT, PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DAN PENGENDALIAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DAERAH. 3. MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DIBIDANG PENATA USAHAAN KEPEGAWAIAN DAN PERLENGKAPAN.
  8. 8. URAIAN TUGAS JABATAN BAGIAN ADMINISTRASI KEUANGAN 1. Sub. Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Administrasi dalam pengelolaan kegiatan administrasi keuangan meliputi penyusunan anggaran, perbendaharaan, verifikasi dan pembukuan. a. Penyelenggaraan tugas pokok Sub.Bagian Keuangan mempunyai fungsi • penyiapan bahan petunjuk teknis pengelolaan kegiatan administrasi keuangan meliputi : penyusunan anggaran, perbendaharaan, verifikasi dan pembukuan; • pelaksanaan kegiatan penganggaran; • pelaksanaan kegiatan perbendaharaan dan belanja pegawai; • pelaksanaan kegiatan verifikasi dan pembukuan; • pembinaan administrasi keuangan di lingkungan Sekretariat Daerah. b. Untuk menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud ayat (1) dan (2), Sub. Bagian Keuangan mempunyai rincian tugas : • Menyiapkan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis operasional yang berhubungan dengan urusan keuangan sebagai pedoman pelaksanaan tugas; • Menyusun rencana dan program kerja tahunan yang akan dilaksanakan oleh Sub Bagian Keuangan; • Mengumpulkan, mengolah dan pengevaluasi data yang berhubungan dengan pengelolaan kegiatan keuangan di lingkup Sekretariat Daerah; • Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkungan Sekretariat Daerah; • Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) serta Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA); • Menginventarisasi analisa permasalahan dan memberikan rekomendasi/ solusi yang berhubungan dengan kegiatan Sub. Bagian Keuangan.
  9. 9. JADWAL KEGIATAN PRAKERIN HARI MASUK KELUAR SENIN 07.30 15.00 SELASA 07.30 15.00 RABU 07.30 15.00 KAMIS 07.30 15.00 JUM’AT 07.30 15.00 SABTU LIBUR LIBUR
  10. 10. KEGIATAN PRAKERIN • Membuat Billing Pajak / E-billing • Input data RKA, dan DPA • Mengantar Surat Ke Setiap Bagian Setda • Mengantar Kartu Disposisi • Menulis SPM • Fotocopy • Merekap Data Anggaran 2017
  11. 11. SUKA DAN DUKA PRAKERIN • Suka 1. Bisa merasakan arti kerja yang sesungguhnya 2. Bisa mengetahui tentang pekerjaan PNS 3. Bisa mengenal orang-orang yang bekerja di pemda 4. Sharing dengan Pegawai-Pegawainya 5. Makan bersama pegawai- pegawainya 6. Mendapatkan uang jajan dari • Duka 1. Di omelin karena salah fotocopy 2. Sedang mengantar surat, lalu nyasar karena tidak tau tempat
  12. 12. KESIMPULAN Banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan. Salah satu nya yaitu pengalaman dalam bekerja. Di era globalisasi ini, persaingan dalam mencari pekerjaan sudah semakin sengit, sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan semakin kecil. Oleh karena itu, agar tidak tertinggal kita harus meningkatkan kualitas dan kemampuan kita, sehingga terwujudnya hal tersebut, hal yang paling mendasar yang harus kita tanamkan dari sekarang adalah harus lebih rajin dalam segala hal adalah kunci utamanya. Begitu juga dengan program PRAKERIN ini, sebagai program untuk mengasah dan evaluasi sampai sejauh mana kemampuan kita.
  13. 13. MOTIVASI ``Jangan pernah menyerah sebelum melakukan semaksimal mungkin.``
  14. 14. TERIMA KASIH WASSALAMU’ALAIKUM. WR. WB

×