Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

KTI Perkembangan Smartphone di Jember

486 visualizaciones

Publicado el

DOC ini dibuat oleh Riksa Rizki Zetta Adeli dan tim.
Di dalamnya, terdapat hasil dan pembahasan survey perkembangan smartphone di Jember. Semoga dapat bermanfaat.

http://facebook.com/rrza28
http://twiter.com/risarizi
http://noonecanfly.blogspot.com

Publicado en: Datos y análisis
  • Inicia sesión para ver los comentarios

  • Sé el primero en recomendar esto

KTI Perkembangan Smartphone di Jember

  1. 1. PERKEMBANGAN SMARTPHONE DI KABUPATEN JEMBER Adrian Afnandika– I Nyoman Adi – RiksaRizki – TasliyaDiba
  2. 2. LATAR BELAKANG Dewasa ini, berbagai perusahaan berbasis teknologi terus mengembangkan inovasinya melalui berbagai produk smartphone yang beredar luas di mancanegara, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, smartphone juga telah merajai keberadaan pasar gadget di hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Jember yang sejatinya bukan termasuk kota besar di Indonesia. Pada tahun 2013 ini, berbagai kalangan di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Jember sudah mulai menggunakan berbagai jenis smartphone dari sistem operasi, antara lain Symbian OS, RIM Blackberry, Android, iOS, maupun Windows Mobile yang diproduksi oleh berbagai merek handphone seperti Blackberry, Cross, Samsung, Sony Xperia, Apple, dan lain-lain. Tidak jarang kami melihat murid sekolah dasar, orang tua, orang berpenghasilan tinggi maupun berpenghasilan seadanya, telah menjadi pengguna smartphone. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna smartphone memang tidak memiliki batasan usia. Dengan rentang harga yang berbeda dari masing-masing smartphone, ternyata kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah pun masih sanggup untuk membeli produk gadget ini.
  3. 3. RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana perkembangan smartphone di Jember? 2. Apa penyebab berkembangnya smartphone di Jember? 3. Bagaimana keadaan pasar gadget di Jember? 4. Apa dampak perkembangan smartphone dalam bidang teknologi?
  4. 4. TUJUAN 1. Mengetahui perkembangan smartphone di Jember. 2. Mengetahui penyebab berkembangnya smartphone di Jember 3. Mengetahui keadaan pasar gadget di Jember. 4. Mengetahui dampak perkembangan smartphone dalam bidang teknologi.
  5. 5. DASAR TEORI A. Perkembangan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Perkembangan” adalah perihal berkembang. Selanjutnya, kata “berkembang” berarti mekar terbuka atau membentang; menjadi besar, luas, dan banyak, serta menjadi bertambah sempurna. Menurut McLeod, Perkembangan (development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan ke arah yang lebih maju. Pertumbuhan sendiri (growth) berarti tahapan peningkatan sesuatu dalam hal jumlah, ukuran, dan arti pentingnya. Pertumbuhan juga dapat berarti sebuah tahapan perkembangan.
  6. 6. DASAR TEORI B. Smartphone 1. Definisi Telepon cerdas (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, beberapa dengan fungsi yang menyerupai komputer.
  7. 7. PERKEMBANGAN SMARTPHONE DI KABUPATEN JEMBER Meningkatnya kualitas dan kuantitas teknologi dalam produk telepon genggam berkemampuan tinggi yang tersebar luas di wilayah Kabupaten Jember.
  8. 8.  Sistem Operasi Smartphone  Perangkat Keras Smartphone
  9. 9. PERSENTASE PENGGUNA SMARTPHONE
  10. 10. SISTEM OPERASI PADA SMARTPHONE BLACKBER RY ANDROID IOS WINDOWS 7 13 46 7 1
  11. 11. MERK SMARTPHONE BB SAMSUN G IPHON E SONY NOKIA CRROS S IMO SMARTFR EN TRE Q 13 31 7 10 1 2 1 1 1
  12. 12. HARGA SMARTPHONE 1-2 JUTA 2-3 JUTA 3-4 JUTA 4-5 JUTA >5 JUTA 26 28 7 0 6
  13. 13. KEUNGGULAN SMARTPHONE TREN FITUR HARGA LAINNYA 16 31 6 14
  14. 14. FITUR UNGGULAN SMARTPHONE KAMERA SOSMED GAMES LAINNYA 4 32 10 21
  15. 15. JUMLAH PENGGUNA SMARTPHONE DALAM KELUARGA RESPONDEN 1 PENGGUNA 2 PENGGUNA 3 PENGGUNA 4 PENGGUNA ≥5 PENGGUNA 15 19 16 7 10
  16. 16. KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE Beberapa jawaban dari responden : “Fiturnya multifungsi, mengasyikkan.” “Lebih mudah untuk browsing.” “Mudah berhubungan melalui sosial media.” “Aplikasi dan fitur lengkap.” “Dengan smartphone semua terasa lebih mudah.”
  17. 17. UNTUK JAWABAN: TIDAK (BUKAN PENGGUNA) Pada pertanyaan pertama, kami menanyakan tentang mengapa responden tidak menggunakan smartphone. Dari 23 responden yang bukan pengguna smartphone, 14 diantaranya menjawab pilihan a, yaitu karena mahal. Dan sisanya, 9 responden, menjawab pilihan b, yaitu sudah cukup puasa dengan handphone yang digunakan saat ini. Selain itu, kami juga menanyakan apa yang mereka ketahui tentang smartphone, dan terbukti, sekitar 86 % sudah tahu tentang smartphone meskipun mereka tidak menggunakan smartphone. Hal ini membuktikan bahwa, smartphone memang telah marak di zaman ini, hingga hampir semua orang yang bukan pengguna pun sudah mengetahui tentang smartphone.
  18. 18. HASIL ANGKET PENJUAL SMARTPHONE
  19. 19. Menurut para penjual, smartphone mulai menggeser keberadaan handphone pada umumnya sejak: 1. Baru-baru ini 2. Smartphone diluncurkan 3. Munculnya produk Samsung Galaxy 4. Munculnya Blackberry 5. Tahun 2012 Sistem operasi yang paling laku di pasaran adalah android (4 responden) dan Blackberry (1 responden). Harga smartphone yang paling banyak terjual adalah dengan kisaran harga 1-2 juta rupiah (4 responden) dan 2-3 juta rupiah (1 responden). Menurut para penjual, alasan utama pengguna memilih sebuah smartphone adalah karena faktor harga. Kemudian yang kedua adalah fitur yang menarik dari smartphone tersebut. Pembeli smartphone yang paling banyak adalah dari kalangan orang dewasa dan disusul oleh kalangan remaja.
  20. 20. DAMPAK PERKEMBANGAN SMARTPHONE Dalam bidang teknologi, perkembangan smartphone memberikan berbagai dampak yang positif maupun negatif, antara lain: - Semakin mudahnya manusia berkomunikasi - Semakin mudahnya manusia memenuhi kebutuhannya - Meningkatnya persaingan antara berbagai perusahaan pembuat smartphone maupun pengembang aplikasi - Semakin seringnya penggunaan internet
  21. 21. KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan: Keberadaan Smartphone rupanya benar-benar telah menggeser keberadaan handphone pada umumnya. Di Kabupaten Jember pun smartphone telah berkembang pesat. Hal ini dikarenakan fitur yang ditawarkan menarik dan dibutuhkan oleh masyarakat dan rentang harga smartphone pun masih bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat. Saran : Kita sebagai manusia yang berakal harus mampu menyaring datangnya teknologi –teknologi terbaru, karena teknologi-teknologi terbaru itu tidak semuanya baik untuk kita. Sehingga kita harus tetap dapat membedakan mana yang baik dan tidak untuk kita.

×