Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Instrumen

  • Inicia sesión para ver los comentarios

  • Sé el primero en recomendar esto

Instrumen

  1. 1. INSTRUMEN WAWANCARA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI KABUPATEN TEGAL ROMBEL 6C Bidang Kurikulum a. Kurikulum apakah yang diterapkan di sekolah ini? b. Apakah kekurangan dan kelebihan yang dirasakan sekolah dalam menerapkan kurikulum tersebut? c. Apakah terdapat dampak akibat pelaksanaan kurikulum 2013 di SD regular terhadap sekolah? d. Selain kurikulum nasional yang ditetapkan oleh depdikbud, adakah kurikulum tambahan di sekolah ini? e. Target apa yang ingin dicapai dengan diterapkanya kurikulum tambahan tersebut? f. Tolong jelaskan apakah perbedaan konten kurikulum untuk sd regular dengan kurikulum yang diterapkan di sd ini? g. Apakah terdapat tujuan praktis yang berbeda bagi setiap ketunaan yang telah dirancang dalam kurikulum? h. Adakah kebijakan sekolah untuk melakukan usaha penyempurnaan kurikulum tambahan dalam jangka waktu tertentu? i. Dalam penyelenggaraan SLB, perbaikan yang manakah yang dirasakan paling penting untuk segera dilaksanakan? Bidang Administrasi Sekolah dan Sarpras 1. Administrasi a. Kebijakan apa sajakah yang dibuat oleh kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah? b. Sistem organisasi yang seperti apa yang diterapkan di sekolah ini? c. Bagaimanakah tata cara rekruitmen dan pembinaan pegawai di sekolah ini? d. Bagaimanakah sistem kepegawaian / jenjang kepangkatan di sekolah ini? e. Berapakah jumlah tenaga pendidik dan pegawai lainnya dalam sekolah ini? Jelaskan dengan detail pekerjaannya? f. Setiap satu pendidik bertanggung jawab terhadap berapa siswa?
  2. 2. g. Apakah system ini sudah ideal? h. Adakah hubungan kerjsama yang dijalin oleh pihak sekolah dengan pihak lainnya dalam rangka mengoptimalkan potensi siswa? Hubungan 2. Macam sarana prasarana di sm ini ekolah a. Apakah fasilitas, sarana dan prasarana sudah memadai? b. Bagaimana teknis pengadaan fasilitas ? c. Bagaimana penggunaan fasilitas sekolah yang telah tersedia? d. Bagaimana mengelola fasilitas yang ada di sekolah? e. Bagaimana pemeliharaan dan pengawasan terhadap fasilitas yang tersedia? f. Apa sajakah upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk memlengkapi fasilitas yang belum memadai? g. Bersumber dari manasajakah anggaran dana yang dialokasikan sekolah untuk melengkapi sarana dan prasarana serta hal penting lainnya yang diperlukan sekolah? h. Anggaran yang ada, dialokasikan untuk apasaja? i. Jika boleh ditanyakan,berapa biaya pendidikan yang dibayarkan siswa setiap bulanya? Sarana Prasarana a. Apakah sarana dan prasarana yang ada di sekolah hanya secara uum atau sudah di khususkan untuk masing-masing anak yang berkebutuhan khusus? b. Jenis apasajakah sarana dan prasarana yang disediakan sekolah untuk siswa baik yang tergolong umum maupun khusus? (baik untuk mobilisasi siswa maupun proses pembelajaran) c. Apakah semua siswa dan guru sudah menggunakan sarana prasarana yang telah disediakan oleh sekolah? d. Bagaimana perencanaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam? Apakah hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah atau ada sumber dana lain? (exp: penarikan dari wali murid)
  3. 3. e. Bagaimana mengatasi atau mensiasati keterbatasan sarana prasarana dimiliki? Ekstrakurikuler a. Jenis ekstrakurikuler apa saja yang ada di sekolah? b. Apakah ekstrakurikuler juga disesuaikan dengan keadaan siswa atau hanya secara umum? c. Bagaimana cara pelayanan atau pelaksanaan kegiatan ekstrakurikulernya? d. Siapa yang menjadi instruktur / pendamping kegiatan ekstrakurikuler? Apakah dari tenaga ahli atau dari guru internal? e. Apakah kegiatan ekstrakurikuler efektif pelaksanaannya? f. Kendala apa yang dialami dalam pengadaan kegiatan ekstrakurikuler? g. Apa tips atau kiat agar kegiatan estrakurikuler berjalan dengan baik? h. Bagaiaman tindak lanjut dari kegiatan ekstrakurikuler? Apakah pada sebuah ajang perlombaan? i. Bagaimana prestasi yang dicapai sekolah dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler? j. Motivasi apa yang diberikan pada siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler? GOLONGAN B1 (TUNA RUNGU-WICARA) a. Layanan apa yang diberikan untuk golongan ABK B1? b. Adakah klasifikasi khusus untuk golongan B1? c. Adakah penggolongan tingakatan kelas pada B1? d. Apa sajakah yang dipersiapkan guru sebelum proses pembelajaran? e. Bagaimana system pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas B1? f. Apakah pada kelas B1 diajarkan menulis alphabet atau angka-angka? g. Bagaimana respon siswa ketika sedang proses pembelajaran? h. Apa saja kendala yang sering muncul saat proses pembelajaran berlangsung? i. Bagaimana guru menanggapi kendala-kendala tersebut?
  4. 4. j. Pembelajaran yang berlangsung apakah selalu pada ruang kelas atau justru di lapangan? k. Adakah bahasa isyarat yang digunakan khusus untuk kelas B1? l. Jika ada, bagaimana guru membelajarkan bahasa isyarat tersebut pada siswa? m. Materi apa sajakah yang diberikan pada golongan B1? n. Adakah kompetensi tertentu yang harus dikuasai untuk setiap pembelajaran? o. Bagaimana cara guru menjelaskan materi siswa sehingga siswa menangkap apa yang disampaikan guru? p. Adakah fasilitas khusus yang dipersiapkan untuk golongan B1 dalam menunjang pembelajaran? q. Adakah tugas-tugas tertentu yang diberikan guru kepada siswa? r. Bagaimana guru mengamati perkembangan kemajuan masing-masing siswa? s. Pernahkah siswa merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung? t. Bagaimana hubungan social anak-anak B1 dengan yang lainnya, bisakah mereka berkomunikasi dengan baik? Golongan C (Tuna grahita rendah) 1. Layanan apa yang diberikan pada golongan C? 2. Apa kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran? 3. Perbedaan individu tunagrahita itu bervariasi, bagaimana cara guru agar mampu memberikan materi dengan optimal? 4. Bagaimana cara penggolongan untuk menetapkan siswa yang C dan C1? 5. Apa perbedaan yang mendasar antara anak C dan C1? 6. Bagaimana persiapan guru sebelum proses pembelajaran? 7. Bagaimana pendekatan yang dilakukan guru terhadap anak tuna grahita? 8. Bagaimana sistem evaluasi yang diterapkan?
  5. 5. 9. Bagaimana cara guru agar anak tuna grahita dapat memahami materi pelajaran? 10. Fasilitas atau latihan apa yang diberikan pada anak tuna grahita? Golongan C1 (Tuna grahita sedang) 1. Layanan apa yang diberikan pada golongan C1? Apakah sama dengan yang diberikan pada golongan C? *INSTRUMEN C DAN C1 INTINYA SAMA

×