Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.
TEKS EDITORIAL
Sumber :
Buku Bahasa Indonesia Platinum kelas
XII
Kelompok 4
Xii ipa 9
Kelompok 4
Elni Depira
Ribhy
Ramelan
Rachbini
Syifa
Sahaliya
Talitha
Zhafirah
1. PENGERTIAN
TEKS EDITORIAL
2. FUNGSI TEKS
EDITORIAL
3. STRUKTUR
TEKS EDITORIAL
4. KAIDAH & CIRI
KEBAHASAAN
TEKS EDITORIA...
1. PENGERTIAN TEKSEDITORIAL
Editorial atau tajuk rencana
merupakan karangan argumentatif yang
ditulis oleh redaktur media ...
2. FUNGSI TEKS
EDITORIAL
1. Menunjukan
solidaritas
kepada
masyarakat.
2. Menjelaskan kepada
masyarakat mengenai
peristiwa ...
3. STRUKTUR TEKS
EDITORIAL
1. Pembuka/
Teras/Lead
2. Pengembang/
Tubuh Berita/Body
3. Penutup/
kaki berita/Leg
1. Pembuka/
Teras/
Lead
Jenis-Jenis Teras Berita :
1. Who lead (Teras Berita Siapa)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Kejaksaan Negeri Blora, Jawa ...
5. Why lead (Teras Berita Mengapa)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Gara-gara kebakaran di Depo Plumpang, pasokan
pertamax...
9. Question lead
(Teras Berita Pertanyaan)
Kamis, 8 Mei 2008 (Kompas)
Mengapa tidak ke lantai bawah lebih dulu?
“Inilah ko...
11. Narative Lead
(Teras Berita Bercerita)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Keberadaan mangrove di pesisir utara
Gresik sa...
13. associated press lead (Teras AP )
Hari Minggu, 21 Desember 2014, Tunisia
menyelenggarakan pemilihan presiden secara
be...
15. epigram lead
(Teras Epigram)
Teras ini merupakan teras
berita yang memakai
ungkapan berupa kata
bersajak atau kata yan...
17. parody lead (Teras Menyindir )
Sinisme terhadap jumpalitan politik elite yang
sering digambarkan dengan kalimat “Negar...
2.Pengembang/
TubuhBerita/
Body
Pengembang/Tubuh
Berita merupakan
bagian pengembang
dari teras.
Fungsi Tubuh Berita :
sebagai penjelas pokok
berita.
Dalam...
3. Penutup/
Kaki Berita/leg
Penutup/Kaki Berita merupakan
akhir teks berita yang berisi
penutup berita berupa
simpulan dan...
Selainstruktur di atas, tekseditorial juga memilikistruktur
berikut :
1. Lead (kepala berita)
2. Opini oposisi penulis
3. ...
4. KAIDAH & CIRI KEBAHASAAN TEKS
EDITORIAL
1. Berisi opini tentang isu yang
sedang hangat dibicarakan.
• - mungkin..
• - s...
Berpolitik bagi perempuan bukan hanya pilihan,
namun harus didorong dan didukung sepenuh hati
lewat kebijakan strategis. S...
4. Menggunakan
kalimat yang
efektif.
Efektif :
Singkat, padat,
jelas, dan dapat
dipahami.
Penyebab kalimat
tidak efektif :...
5. Pemakaian
istilah tertentu
sesuai dengan
permasalahan
yang diangkat.
Macam – Macam kata serapan dalam
Bahasa Indonesia
...
5. TIPE EDITORIAL
Memaparkan
atau
menginterpre
tasikan
(explain)
Mengkritik
(kritis)
Mengajak
(persuasi)
Pujian
THANK YOU
Próxima SlideShare
Cargando en…5
×

"Teks Editorial" Bahasa Indonesia kelas XII

Tugas Kelompok
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas XII IPA 9
SMA NEGERI 1 SUMEDANG

  • Inicia sesión para ver los comentarios

"Teks Editorial" Bahasa Indonesia kelas XII

  1. 1. TEKS EDITORIAL Sumber : Buku Bahasa Indonesia Platinum kelas XII Kelompok 4 Xii ipa 9
  2. 2. Kelompok 4 Elni Depira Ribhy Ramelan Rachbini Syifa Sahaliya Talitha Zhafirah
  3. 3. 1. PENGERTIAN TEKS EDITORIAL 2. FUNGSI TEKS EDITORIAL 3. STRUKTUR TEKS EDITORIAL 4. KAIDAH & CIRI KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL 5. TIPE EDITORIAL PETA KONSEP
  4. 4. 1. PENGERTIAN TEKSEDITORIAL Editorial atau tajuk rencana merupakan karangan argumentatif yang ditulis oleh redaktur media massa tentang hal-hal yang bersifat faktual dan aktual. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa yang dimaksud editorial adalah artikel dalam surat kabar atau majalah yang mengungkapkan pendirian editor atau pemimpin surat kabar (majalah) tersebut mengenai beberapa pokok masalah.
  5. 5. 2. FUNGSI TEKS EDITORIAL 1. Menunjukan solidaritas kepada masyarakat. 2. Menjelaskan kepada masyarakat mengenai peristiwa tertentu agar berita tersebut tidak sekedar menjadi isu, tetapi menjadi laporan peristiwa yang mempunyai bukti dan data yang akurat.
  6. 6. 3. STRUKTUR TEKS EDITORIAL 1. Pembuka/ Teras/Lead 2. Pengembang/ Tubuh Berita/Body 3. Penutup/ kaki berita/Leg
  7. 7. 1. Pembuka/ Teras/ Lead
  8. 8. Jenis-Jenis Teras Berita : 1. Who lead (Teras Berita Siapa) Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas) Kejaksaan Negeri Blora, Jawa Tengah, menangani kampanye terselubung PKS Kabupaten Blora yang dilimpahkan Kepolisian Resor Blora Jumav pekan lalu. Terkait itu, kejaksaan menyiapkan dua jaksa khusus tindak pidana pemilu, Suryadi dan Tri Joko, yang akan menjadi jaksa penuntut umum di persidangan. Tersangka kasus itu adalah Sujad, Ketua Bakti Sosial Pengobatan Gratis PKS di Dukuh Kembang dan Nggoboyo, Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo. 2. What lead (Teras Berita Apa) Senin, 19 Januari 2009 (Kompas) MPAS Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana menargetkan pembangunan fisik Waduk Jatibarang dapat selesai pada pertengahan tahun 2013. Dengan selesainya pembangunan Waduk seluas 2 21,65 hektar ini, diharapkan dapat mengatasi masalah banjir"di Kota Semarang. 3. When lead (Teras Berita Kapan) Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas) Sejak dibentuk pada tahun 2006, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melikuidasi sebanyak 15 bank perkreditan rakyat (BPR) di Indonesia. Sebagian besar atau sembilan BPR yang dilikuidasi itu berada di Jawa Barat. 4. Where lead (Teras Berita Di mana) Rabu, 21 Januari 2009 (Kompas) Kabupaten Lamongan memiliki 462 desa di 27 kecamatan. Dari jumlah tersebut 11 desa belum memiliki kepala desa definitif karena masa jabatan kades berakhir. tetapi belum menggelar pemilihan kepala desa. Selain itu, kades di 8 desa akan berakhir masa jabatannya pada pertengahan tahun 2009.
  9. 9. 5. Why lead (Teras Berita Mengapa) Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas) Gara-gara kebakaran di Depo Plumpang, pasokan pertamax plus dan pertamax di Bandung kritis. 6. How Lead (Teras Berita Bagaimana) Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas) Untuk mencegah kematian akibat minuman keras oplosan. Masyarakat perlu mendapat bimbingan dan penyadaran tentang memilih makanan dan minuman sehat. 7. contrast Lead (Teras Berita Kontras) Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas) Satu lagi korban kekerasan insan pendidik di Indonesia terjadi. Daun telinga sebelah kiri Mohammad Rofi Iswandi (9), siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Sukokerto 1, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, hampir putus akibat dijewer gurunya, Gozali. 8.Cuotation lead (Teras Berita Kutipan) Senin, 21 Juli 2008 (Kompas) Ayunda punya obsesi memiliki sebuah bale bengong (gazebo khas Bali) untuk bersantai di sore hari. Namun, halaman rumahnya sangat terbatas, tak cukup untuk meletakkan sebuah gazebo yang kecil sekalipun. Rasanya bukan hanya Ayunda ycng memiliki obsesi seperti itu. Memiliki sebuah bale bengong memang menyenangkan, karena bisa digunakan untuk menyantap makanan ataupun untuk sekedar duduk-duduk berkumpul bersama keluarga. Namun, lagi- lagi, keterbatasan lahan menjadi batu sandungan untuk membuat sebuah bale bengong di rumah.
  10. 10. 9. Question lead (Teras Berita Pertanyaan) Kamis, 8 Mei 2008 (Kompas) Mengapa tidak ke lantai bawah lebih dulu? “Inilah konsep dasar rumah panggung. Di sini, kami melakukan kegiatan utama di lantai atas,” jawab Santo—panggilan akrab Santoso W. Reksoprodjo. Konsep bertinggal seperti ini umurnya sudah tua sekali. Dulu, nenek moyang kita membuat struktur yang dinaikkan karena beberapa alasan—seperti menghindari binatang buas dan mencegah kelembaban (terutama pada lingkungan berair). Pada rumah panggung modern milik Santo, arsitek sekaligus pemilik rumah ini, Anda dapat menyaksikan bagaimana konsep rumah panggung tradisional diterjemahkan dalam bangunan modern. 10. Descriptive Lead (Teras Berita Pemaparan) Jumat, 19 Desember 2008 (Kompas) Seusai peluncuran bukunya yang berjudul Indonesia Unggul dan peresmian Toko Buku Gramedia di Grand Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkesempatan mengunjungi Teras Kompas di 3rd floor Grand Indonesia, Di tempat ini, Presiden menyaksikan sendiri terobosan teknologi dalam jiwa jurnalisme Kompas yang terwujudkan dalam portal berita Kompas.com, TV streaming KompasTV, Kompas e-paper dan Pusct Informasi Kompas (PIK). Di sela-sela itu, Presiden juga menerima penjelasan dari CEO Kompas Gramedia Agung Adi Prasetyo yang didampingi oleh Presiden Komisaris Kompas Gramedia Jakob Oetama dan Direktur Eksekutif Kompas.com Taufik H Mihardja
  11. 11. 11. Narative Lead (Teras Berita Bercerita) Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas) Keberadaan mangrove di pesisir utara Gresik saat ini terancam punah. Mangrove tersebut tidak terurus dan tidak lebih dari satu persen dcri panjang pantai Gresik, Jawa Timur.Mangrove sebagai ekosistem hutan pantai ini memiliki fungsi penting sebagai pelindung pantai dari ancaman ombak dan tsunami. Selain fungsi fisik melindungi pantai, mangrove berperan penting sebagai habitat biota bernilai ekonomis, seperti ikan, udang, dan kepiting. 12. Exclamination Lead (Teras Berita Menjerit) Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas) “Tolong, Tolong!” Tiga bocah yang tewas tenggelam saat berenang di bekas galian bebatuan di Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Senin (19/1) malam, akan dimakamkan hari ini.
  12. 12. 13. associated press lead (Teras AP ) Hari Minggu, 21 Desember 2014, Tunisia menyelenggarakan pemilihan presiden secara bebas untuk pertama kali dalam sejarah negeri ini. 14. explosive lead (Teras Mengejutkan ) Teras ini merupakan teras berita yang umumnya digunakan untuk menggambarkan peristiwa-peristiwa mengejutkan atau tidak terduga seperti layaknya bom yang bisa meledak sewaktu-waktu. Susunan bahasa dibuat mencekam.
  13. 13. 15. epigram lead (Teras Epigram) Teras ini merupakan teras berita yang memakai ungkapan berupa kata bersajak atau kata yang sangat puitis. 16. Summary lead (Teras Ringkasan ) Dalam pertemuan APEC di Beijing, Joko Widodo bertanya kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping, apa tiga factor kesukesan Tiongkok? Jawabannya : parpol yang bersatu, visi jangka panjang, dan infastruktur.
  14. 14. 17. parody lead (Teras Menyindir ) Sinisme terhadap jumpalitan politik elite yang sering digambarkan dengan kalimat “Negara kok dienggo dolanan”, menemukan pembenaran lewat cermin kemelut penyelenggaraan Negara dan pemerintahan, hari-hari ini. Berbagai maneuver politik, unjuk kepentingan penguasaan sumber daya kekuasaan, saling menelikung antarelite, juga rekayasa-rekayasa hukum, kental di tengah friksi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisisan Republik Indonesia.
  15. 15. 2.Pengembang/ TubuhBerita/ Body
  16. 16. Pengembang/Tubuh Berita merupakan bagian pengembang dari teras. Fungsi Tubuh Berita : sebagai penjelas pokok berita. Dalam editorial, Tubuh Berita berisi opini redaktur peristiwa. Dalama Tubuh Berita memuat penjelasan dari sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang yang diangkat, contoh-contoh yang mendukung pandangan, alasan terhadap opini.
  17. 17. 3. Penutup/ Kaki Berita/leg Penutup/Kaki Berita merupakan akhir teks berita yang berisi penutup berita berupa simpulan dan solusi masalah.
  18. 18. Selainstruktur di atas, tekseditorial juga memilikistruktur berikut : 1. Lead (kepala berita) 2. Opini oposisi penulis 3. Sanggahan keyakinan pihak oposisi secara langsung 4. Alasan/analogi asli lainnya 5. Simpulan yang tegas
  19. 19. 4. KAIDAH & CIRI KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL 1. Berisi opini tentang isu yang sedang hangat dibicarakan. • - mungkin.. • - sebaiknya.. • - diperkirakan.. Contoh kata-kata yang menjadi ciri penanda opini : 2. Dilengkapi fakta untuk memperkuat argumentasi.
  20. 20. Berpolitik bagi perempuan bukan hanya pilihan, namun harus didorong dan didukung sepenuh hati lewat kebijakan strategis. Seharusnya, uang bagi perempuan harus diperlebar, tidak sekadar 30 persen, namun harus sejajar dengan laki-laki, begitu pula dalam Pilkada Jateng. (sumber: Suara Merdeka, 24 Februari 2015) 3. Menggunakan bahasa yang memengaruhi pembaca.
  21. 21. 4. Menggunakan kalimat yang efektif. Efektif : Singkat, padat, jelas, dan dapat dipahami. Penyebab kalimat tidak efektif : • Berlebihan atau tumpang tindih • Tidak memiliki subyek • Rancu • Adanya kata depan yang tidak perlu • Salah nalar • Kesalahan bentuk kata • Pengaruh bahasa asing dan bahasa daerah
  22. 22. 5. Pemakaian istilah tertentu sesuai dengan permasalahan yang diangkat. Macam – Macam kata serapan dalam Bahasa Indonesia 1. Cara adopsi Contoh : plaza, mall 2. Cara adaptasi Contoh : Kualitas, maksimal 3. Cara penerjemahan Contoh : uji coba, rintisan proyek 4. Cara kreasi Contoh : ulang alik, suku cadang
  23. 23. 5. TIPE EDITORIAL Memaparkan atau menginterpre tasikan (explain) Mengkritik (kritis) Mengajak (persuasi) Pujian
  24. 24. THANK YOU

×