Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.
Di Susun Oleh:
Agung Apriyadi
A12.2010.04127
 data barang, data pelanggan, data
mekanik, transaksi work order dan transaksi
penjualan belum tervalidasi dengan baik.
...
 Bagaimana merancang suatu sistem informasi
servis kendaraan pada bengkel alvin jaya
motor kabupaten pemalang agar
memuda...
Dalam hal ini, penulis ingin menyampaikan
batasan masalah, yaitu :
Penulis hanya membatasi dalam perancangan
model dari si...
Narasi Sistem Yang Berjalan
• Pelanggan datang ke bengkel untuk meminta jasa servis kendaraan kemudian
menuju ke bagian Ad...
Contex Diagram Sistem Informasi Servis Kendaraan
DFD Level 0
DFD Level 1 Proses 1
DFD Level 1 Proses 2
ERD
(Entity Relationship Diagram)
Kesimpulan
Penggunaan sistem secara terkomputerisasi
meminimalkan kesalahan baik dalam proses
pendataan maupun proses tran...
Sekian Dan Terima Kasihh ^_^
Presentasi kerja praktek
Presentasi kerja praktek
Presentasi kerja praktek
Próxima SlideShare
Cargando en…5
×

Presentasi kerja praktek

6.156 visualizaciones

Publicado el

sistem informasi servis kendaraan

Publicado en: Educación
  • Sé el primero en comentar

Presentasi kerja praktek

  1. 1. Di Susun Oleh: Agung Apriyadi A12.2010.04127
  2. 2.  data barang, data pelanggan, data mekanik, transaksi work order dan transaksi penjualan belum tervalidasi dengan baik.  Belum adanya pengkodean barang yang membedakan barang yang satu dengan lainnya.  Terjadi kehilangan informasi yang lampau misalnya pada jumlah pelanggan.  Tidak dapat menampilkan stok barang yang ada.  Keamanan data user karena program yang digunakan menggunakan user log in.
  3. 3.  Bagaimana merancang suatu sistem informasi servis kendaraan pada bengkel alvin jaya motor kabupaten pemalang agar memudahkan dalam pengolahan datanya dan menghasilkan suatu informasi yang berkualitas dan berguna bagi semua pihak yang membutuhkan.
  4. 4. Dalam hal ini, penulis ingin menyampaikan batasan masalah, yaitu : Penulis hanya membatasi dalam perancangan model dari sistem informasi yang akan dikembangkan meliputi pendataan barang, pendataan pelanggan, mekanik, work order, dan transaksi penjualan yang hanya dilakukan secara tunai, serta laporan barang, pelanggan, mekanik, work order dan penjualan. Program aplikasi komputer yang penulis susun dibuat dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0.
  5. 5. Narasi Sistem Yang Berjalan • Pelanggan datang ke bengkel untuk meminta jasa servis kendaraan kemudian menuju ke bagian Administrasi. • Pelanggan memberikan STNK dan KTP kepada bagian Administrasi. Kemudian bagian Administrasi mencatat identitas kendaraan dan data pelanggan kedalam formulir kartu servis. • Bagian Administrasi membuat formulir Work Order (WO) yang berisi data pelanggan dan kendaraanya, permintaan pelanggan, keluhan serta uraian pekerjaan yang akan dikerjakan oleh Mekanik dan ongkos pekerjaan yang harus di bayar. • Formulir WO diserahkan kepada bagian Mekanik kemudian Mekanik megerjakan kendaraan sesuai dengan perintah yang tercantum pada WO. Mekanik menyerahkan WO yang tervalidasi kepada bagian Administrasi untuk langkah perhitungan biaya. • Setelah WO berada di bagian Administrasi dan selesai dilakukan perhitungan biaya, kemudian langkah selanjutnya bagian Administrasi mencetak Nota penjualan dan servis sebanyak 2 rangkap, rangkap pertama diberikan kepada pelanggan sebagai tanda pembayaran dan rangkap kedua diarsipkan dan di akhir bulan akan dibuat laporan penjualan dan servis yang akan diberikan kepada Kepala Bengkel.
  6. 6. Contex Diagram Sistem Informasi Servis Kendaraan
  7. 7. DFD Level 0
  8. 8. DFD Level 1 Proses 1
  9. 9. DFD Level 1 Proses 2
  10. 10. ERD (Entity Relationship Diagram)
  11. 11. Kesimpulan Penggunaan sistem secara terkomputerisasi meminimalkan kesalahan baik dalam proses pendataan maupun proses transaksi serta penyimpanan data dalam kapasitas besar (harddisk) dibandingkan dengan sistem manajemen berkas yang lebih banyak membutuhkan tempat, serta keamanan data karena terdapat user log in sistem sehingga memudahkan pihak perusahaan dalam melakukan pengawasan, dalam penyajian laporan- laporan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan, laporan dapat disajikan dengan lebih cepat, tepat, dan lebih akurat.
  12. 12. Sekian Dan Terima Kasihh ^_^

×