Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Pemilahan dan Pemanfaatan Sampah di Lingkungan Rumah

14.464 visualizaciones

Publicado el

Let's try to make the earth save with green activities!

Publicado en: Medio ambiente
  • Inicia sesión para ver los comentarios

Pemilahan dan Pemanfaatan Sampah di Lingkungan Rumah

  1. 1. PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH Oleh : Ainul Mardhiah, S.Pd
  2. 2. APAITU SAMPAH?
  3. 3. 1. Sampah Organik (Sampah Basah)
  4. 4. 2. Sampah Anorganik (Sampah Kering)
  5. 5. Taukah anda berapa banyak sampah yang kita hasilkan setiap hari?  Setiap orang menghasilkan sampah 700-800 gram 1 hari dan 1000-1400 kilogram/ 1,4 ton dalam 1 tahun. dan 1 hari sampai 160 ton (Banda Aceh)
  6. 6. Akibatnya?  Banjir  Bahan makanan mahal  Ikan dan hewan laut mati  Udara tidak segar  Mengurangi kenyamanan dan keindahan  Mendatangkan penyakit
  7. 7. Pengendalian Sampah 1. Pemilahan Sampah
  8. 8. 2. Membuat Kompos  Mengolah sampah organik menjadi pupuk yang dapat digunakan untuk tanaman  hampir 70% sampah yang kita hasilkan adalah sampah organik  Sangat Mudah dilakukan di rumah dan bernilai ekonomis
  9. 9. Cara Membuat KOMPOS:  Sediakan wadah (tempat pembuatan kompos)  Masukkan sampah basah  Tambahkan serbuk kayu atau daun-daun kering (1:1)  Tambahkan MOL + air untuk mempercepat pembusukan sampah  Aduk sampai rata  Taruh tempat kompos di tempat yang lembab  Siap dipanen (2-5 bulan)
  10. 10. Cara Membuat MOL  Sediakan buah-buah yang hampir busuk  Buah dikupas kulitnya  Biji buah dibuang  Buah dihancurkan  Masukkan air cucian beras (buah beras 2:1)  Masukkan gula merah 2-3 sendok makan  Campurkan dan masukkan ke dalam dirijen 3 hari sekali dibuka tutup dirijen. Dikocok larutan MOLnya 10 hari siap dipanen Larutan MOL dapat digunakan juga untuk menyiram/pupuk tanaman
  11. 11. 3. BIOPORI
  12. 12. 4. 7R untuk Lingkungan Sehat dan Nyaman   1. REDUCE Mengurangi (Reduce), adalah semua bentuk kegiatan atau perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Contoh : Jika berbelanja ke pasar, bawalah tas dari rumah
  13. 13. 2. REUSE  Memanfaatkan ulang (reuse), yaitu menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan, untuk tujuan yang sama atau berbeda dari tujuan asalnya. Misalnya, kaleng bekas minuman digunakan sebagai tempat pensil, kotak sepatu digunakan untuk membungkus kado
  14. 14. 3. RECYCLE Mengolah kembali (recycle), yaitu kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut. Kertas daur ulang dan kompos merupakan contoh hasil kegiatan recycle.
  15. 15. 4. REPLACE Menggantikan dengan bahan yang bisa dipakai ulang (replace), adalah upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah, terutama sampah yang mempunyai sifat sukar diolah dan berbahaya. Contohnya adalah mengganti kebiasaan memakai kantong plastic dengan kertas atau daun.
  16. 16. 5. REPLANT Replant atau penamanan kembali adalah kegiatan melakukan penanaman kembali. Contohnya yaitu dengan melakukan kegiatan kreatif seperti membuat pupuk kompos dan berkebun di pekarangan rumah. Dengan menanam beberapa pohon, lingkungan akan menjadi indah dan asri, membantu penurunan suhu pada tingkat lingkungan mikro (atau sekitar rumah sendiri), dan mengurangi kontribusi atas pemanasan global.
  17. 17. 6. REFILL Refill artinya mengisi kembali wadah-wadah produk yang dipakai. Misalnya membeli minyak goreng, sabun, susu, atau yang lain yang ada wadahnya.
  18. 18. 7. REPAIR Repair artinya melakukan pemeliharaan atau perawatan agar tidak menambah produksi limbah. Contohnya menggunakan peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastic atau pecah belah dengan hati-hati sehingga tidak cepat rusak.

×