Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Paper - Analisa Website Dinomarket.com

7.799 visualizaciones

Publicado el

Paper - Analisa Website Dinomarket.com

Publicado en: Internet

Paper - Analisa Website Dinomarket.com

  1. 1. ANALISIS WEB E-COMMERCE PADA SITUS DINOMARKET.COM TUGAS SEMINAR Oleh Muchamad Taufiq ( TI ) 11412004 STMIK Widuri Jakarta 2014
  2. 2. Kata Pengantar Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat, rahmat, dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas seminar dengan judul “Analisis Web E-Commerce pada situs Dinomarket.com” Pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan, dukungan, dan masukan kepada orang-orang yang telah banyak membantu dalam penulisan tugas seminar ini, yaitu: 1. Bapak Johannes Fernandes Andry, selaku dosen mata kuliah Seminar. 2. Orang tua, saudara, dan teman-teman yang dengan sabar mendampingi dan memberikan dukungan moral maupun materil yang tiada henti guna menambah motivasi serta semangat kepada penulis. 3. Semua pihak yang telah turut membantu baik secara moral maupun materil yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu, atas jasa dan bantuannya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas seminar ini tepat pada waktunya. Penulis menyadari bahwa tidak ada segala sesuatu yang sempurna di dunia ini. Penulis sebagai manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itu, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila terjadi kesalahan (baik secara langsung atau tidak langsung) secara lisan ataupun tulisan pada proses penyusunan dan penulisan tugas seminar ini dari awal hingga selesai. Saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan penulis ke depannya. Akhir kata, penulis berharap semoga tugas seminar ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan sumbangan untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Jakarta, 8 April 2014 Penulis
  3. 3. BAB 1 Pendahuluan 1.1. Latar Belakang Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada saat ini terutama dalam bidang Informatika baik berupa Hardware maupun Software turut menunjang dan membantu dalam pengolahan dan pemberian informasi yang cepat, tepat dan akurat bagi pengguna informasi. Komputer pada awalnya hanya dapat berfungsi sebagai alat untuk menghitung. Kini komputer sudah dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antar pengguna ditempat lain dan berbagai keperluan yang merupakan suatu media yang dapat membantu segala kegiatan manusia. Semakin banyak pengguna informasi yang menggunakan komputer menimbulkan keinginan untuk dapat saling berhubungan antar satu komputer dengan komputer lain, dalam hal ini berinteraksi dan bertukar informasi. Dapat dibayangkan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan sebuah informasi apabila seseorang harus ketempat sumber informasi yang dibutuhkan, tentu saja hal itu akan membutuhkan lebih banyak biaya dan tenaga. Atas dasar itulah para pengguna informasi mulai membuat suatu jaringan komputer tanpa batas, yang pada intinya berfungsi sebagai tempat untuk mencari, mendapatkan dan mengolah informasi serta memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi dengan cepat, yaitu dengan menggunakan teknologi Internet. Internet dengan berbagai kapabilitas dan aneka layanan segera menjangkau segala pelosok dunia dalam waktu relatif singkat. Dengan adanya fasilitas internet dalam suatu jaringan komputer terbentuklah sebuah situs internet atau halaman web sebagai media transaksi jual beli produk, untuk kepentingan bisnis, ajang promosi, pengumuman, jadwal event-event, bahkan ajang pencarian jodoh dan undangan pernikahan sudah melirik situs sebagai media penyampaian informasi secara on-line tanpa harus beranjak dari tempat duduk anda.
  4. 4. Oleh karena itu, sebagai jalan untuk menyebarkan, menerima dan meng-update dan mendata sebuah infomasi dibuatlah Website. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan sebuah skill mendesain yang baik, karena sarana sebuah Homepage atau Website yang dinamis dan menarik dapat membuat user atau pengunjung betah berlama-lama didepan komputer menjelajah isi situs tersebut, dan tentunya informasi yang disuguhkan didalam situs tersebut menarik untuk ditampilkan. Untuk itu penulis mencoba untuk menganalisa salah satu laman e-commerce dengan alamat http://www.DINOMARKET.com dengan tagline menarik dan berbeda dari laman e-commerce yang lainnya yakni “Konsep Belanja Online dengan Layanan Kelas Premium – Belanja Online Bebas Resiko, Pesan Pagi Terima Sore!” 1.2. Maksud dan Tujuan Adapun maksud dari penulisan paper ini adalah : 1. Sebagai bahan latihan untuk membuat karya ilmiah dengan baik dan benar 2. Menambah wawasan penulis tentang e-commerce yang saat ini sedang berkembang luas. 3. Membentuk pola pikir penulis untuk menjadi pribadi yang memiliki wawasan pengetahuan yang kongkrit Sedangkan tujuan dari penulisan paper ini adalah sebagai tugas untuk matakuliah Seminar jurusan SI/TI pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Widuri. 1.3. Metode Penelitian Dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, antara lain: a. Metode Observasi (Pengamatan) Observasi dilakukan dengan cara pengamatan langsung melalui laman yang dianalisa yaitu dinomarket.com dan juga laman pendukung seperti laman penyedia jasa review dan website rank seperti trustedcompany.com ataupun alexa.com.
  5. 5. b. Metode Kepustakaan (Dokumentasi) Data diperoleh melalui buku-buku dan literatur yang relevan sebagai bahan referensi pendukung dan juga didapat dari website ataupun blog pribadi dari sumber yang tidak diragukan dalam segi keilmuannya. c. Metode Analisis Metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). 1.4. Ruang Lingkup Dalam penulisan paper ini agar dapat dilaksanakan dengan hasil maksimal dan ruang lingkup tidak terlalu luas, maka akan diberikan batasan-batasan yang sekiranya diperlukan. Adapun pembahasan pada Analisa website Dinomarket.Com meliputi profil perusahaan, produk yang ditawarkan, market, manfaat, pesaing bisnis, aspek muatan informasi situs, terutama keefektifannya dalam mendukung tujuan bisnis situs, aspek navigasi situs, aspek tampilan situs dan juga aspek waktu download.
  6. 6. BAB 2 Teori Dasar 2.1. Data Menurut Atzeni (2003, p2), Data adalah informasi mentah terekam yang dapat menyediakan informasi lainnya. Data informasi mentah dapat tidak berarti jika tidak digabungkan dengan data yang lain. Menurut Hoffer, Prescott dan Topi (2009, p46), Data adalah sebuah fakta yang menjelaskan objek atau kejadian yang dapat disimpan pada media komputer. Contohnya adalah sebuah data sales person yang berisi nama pelanggan, alamat, dan telepon dikualifikasikan sebagai suatu struktur data. Menurut definisi di atas bisa disimpulkan bahwa, data merupakan informasi mentah yang berupa fakta yang harus digabungkan dengan informasi lainnya dan telah disimpan pada komputer sehingga informasi tersebut menjadi berarti. 2.2. Basis Data Menurut Connolly dan Begg (2010, p65), Basis data adalah sekumpulan data yang saling terhubung secara logical dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi pada suatu organisasi. Basis data merupakan koleksi data yang menjelaskan aktifitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi (Ramakrishnan, 2003, p4). Basis data adalah kumpulan data persistent yang digunakan pada sistem aplikasi pada beberapa organisasi. (Date, 2004, p10). Sehingga bisa disimpulkan bahwa basis data adalah sekumpulan data yang berelasai satu sama lain dan digunakan pada sistem aplikasi untuk memenuhi kebutuhan suatu organisasi.
  7. 7. 2.3. DBMS Menurut Connolly dan Begg (2010, p66), Database Management System (DBMS) adalah sebuah piranti lunak yang memungkinkan user mendefinisikan, membuat, memelihara, dan mengontrol akses ke dalam database. Menurut Connolly dan Begg (2010, p92), DBMS memiliki beberapa fasilitas, yaitu : 1. Data Definition Language (DDL) Data Definition Language (DDL) meupakan sebuah bahasa yang memungkinkan bagi user mendeskripsikan atau memberikan nama pada suatu database, table, atribut dan hubungan yang diperlukan pada suatu aplikasi. Penggunaan DDL menjamin segala hal yang menyangkut integritas data dan juga kendala keamanan. DDL tidak dapt digunakan untuk memanipulasi data yang ada pada database. Suatu DDL memberikan fasilitas kepada user untuk dapat menspesifikan tipe, struktur serta batasan aturan mengenai data yang akan disimpan ke dalam basis data tersebut. 2. Data Manipulation Language (DML) Data Manipulation Language (DML) adalah suatu bahasa yang menyediakan kumpulan operasi yang diinginkan untuk mendukung operasi manipulasi data terutama pada data yang diperoleh dalam database. Fasilitas yang memperbolehkan user untuk melakukan insert, update, delete dan mengirim atau mengambil data dari database. 3. Fasilitas yang menyediakan akses kontrol ke database : • Sistem keamanan untuk mencegah user yang tidak mempunyai hak akses agar tidak dapat mengakses database. • Sistem integritas untuk memelihara konsistensi data yang telah disimpan. • Sistem kontrol yang memperbolehkan sharing akses ke dalam database. • Sistem kontrol perbaikan, mengembalikan basis data kepada keadaan sebelumnya yang konsisten saat terjadi kegagalan pada piranti lunak dan piranti keras.
  8. 8. • Katalog yang bisa diakses oleh user yang memuat deskripsi data dari suatu database. Adapun Keuntungan dari DBMS adalah : 1. Control of data redundancy Pendekatan basis data mencoba menghapus pengulangan data dengan menggabungkan file-file yang sama sehingga salinan data yang sama tidak tersimpan. 2. Data consistency Basis data membantu menghilangkan atau mengatur redudansi. Hal ini akan mengurangi terjadinya data yang tidak konsisten. 3. More information from the same amount of data Dengan integritas data operasional, hal ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan tambahan informasi dari data yang sama. 4. Sharing of data Basis data dimiliki oleh seluruh organisasi dan dapat dibagikan kepada semua user yang memiliki hak akses. Dengan demikian, banyak user dapat membagi banyak data. 5. Improved data integrity Integritas basis data menunjuk pada keabsahan dan konsisten dari data yang disimpan. 6. Improved security Keamanan basis data adalah pelindung basis data dari user yang tidak memiliki hak akses. Tanpa keamanan yang tepat, integritasi hanya akan membuat data menjadi lebih mudah diserang. 7. Enforcement of standards Integritasi memperbolehkan Database administrator untuk menentukan dan menyelenggarakan standar yang diperlukan. 8. Economy of scale Dengan menggabungkan data operasional suatu perusahaan ke dalam satu basis data, dan membuat sebuah kumpulan aplikasi yang bekerja pada satu sumber data, akan dapat menghemat pengeluaran satu perusahaan
  9. 9. 9. Balance of conficting requirements Setiap user atau departemen memiliki kebutuhan akan data yang berbeda karena basis data berada di bawah control Database Administrator (DBA). Maka DBA dapat membuat keputusan tentang perancangan dan operasional dari satu basis data. 10. Improved data accessibility and responsiveness Sebagai hasil dari integrasi, data yang melewati batas departemen dapat diakses oleh end-user. Hal ini akan menghasilkan sebuah sistem dengan fungsionalitas yang tinggi. 11. Increase Productivity DBMS menyediakan sebuah lingkungan fourth-generation environment yang terdiri dari tools yang menyederhanakan pengembangan aplikasi basis data. Hal inilah yang dapat meningkatkan produktivitas programmer dan juga mengurangi waktu pengembangan. 12. Improved maintenance through data independence DBMS memisahkan deskripsi mengenai data dengan aplikasi. Hal ini akan membuat aplikasi bebas untuk berubah dalam description. Hal inilah yang disebut dengan data independence. 13. Increase concurrency DBMS akan mengatur akses basis data secara bersamaan dan memastikan agar tidak terjadi kehilangan informasi atau integritas. 14. Improver backup and recovery service DBMS menyediakan fasilitas yang dapat mengurangi proses yang akan mengalami kegagalan. Kerugian DBMS, yaitu : 1. Complexity Dalam membuat DBMS haruslah sangat berhati-hati karena sangat kompleks. Kesalahan dalam mengerti sistem akan menghasilkan rancangan yang buruk dan akhirnya akan berdampak buruk bagi organisasi. 2. Size
  10. 10. Kompleksitas dari suatu DBMS membuat ukuran sangat besar dan memerlukan tempat yang besar di memori untuk dapat bekerja secara efisien. 3. Cost of DBMS Biaya DBMS bervariasi secara significant sesuai dengan lingkungan dan tingkat kompleksitas suatu database. Bukan hanya itu, ada biaya perawatan per tahun untuk menjaga isi dari database. 4. Additional Hardware Costs Untuk menyimpan DBMS dan database diperlukan tempat penyimpanan sehingga membuat ada tambahan biaya untuk itu. 5. Cost of Conversion Biaya ini digunakan untuk pelatihan karyawan untuk menggunakan sistem yang baru, dan kemungkinan biaya untuk mempekerjakan karyawan spesialis yang membantu dalam mengkonversi dan menjalankan sistem. 6. Perfomance DBMS ditulis menjadi lebih umum untuk mendukung banyak aplikasi. Akibatnya beberapa aplikasi tidak dapat berjalan dengan kecepatan yang semestinya. 7. Higher Impact of a failure Sumber data yang tersentralisasi meningkatkan kerentanan terhadap sistem. Sejak semua user dan aplikasi bergantung pada ketersediaan dalam DBMS, kegagalan dari beberapa komponen dapat mengakibatkan operasi berhenti. Dari penjelasan diatas mengenai DBMS, maka bisa disimpulkan bahwa DBMS merupakan sebuah piranti lunak yang memungkinkan user mendefinisikan, membuat, memelihara, dan mengontrol akses ke dalam database. DBMS juga memiliki beberapa fasilitas yang telah disebutkan diatas dan memiliki keuntungan yang lebih banyak dibanding dengan kerugiannya. 2.4. Perangkat Lunak Menurut Pressman (2005, p34-p37), piranti lunak didefinisikan sebagai berikut: 1. Program komputer yang bertujuan untuk menjalankan suatu fungsi yang diinginkan saat eksekusi. 2. Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi.
  11. 11. 3. Dokumen yang menggambarkan bagaimana suatu program bekerja dan kegunaaan dari program tersebut. Piranti lunak berfungsi untuk mentransformasikan informasi – informasi penting termasuk data-data personal seperti transaksi, permainan dan sebagai alat bantu untuk manusia dalam pekerjaannya yang menggunakan komputer. Ada beberapa karakteristik dari piranti lunak yang harus dimengerti, yaitu: 1. Piranti lunak adalah sesuatu yang dikembangkan bukan diproduksi dalam bentuk klasik. 2. Piranti lunak bukanlah sesuatu yang dapat habis dalam jangka waktu tertentu. 3. Pengembangan piranti lunak dilakukan secara custom. 2.5. Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Pressman (2005, p53), rekayasa piranti lunak adalah penggunaan prinsip-prinsip pengembangan yang tepat untuk menghasilkan piranti lunak yang dapat diandalkan, dapat bekerja dengan baik pada mesin nyata dan juga ekonomis. Rekayasa piranti lunak dikategorikan atas tiga fase, yaitu : 1. Fase Pendefinisian • Apa informasi yang harus diproses? • Fungsi dan kinerja apa dikehendaki? • Perilaku sistem apa yang diharapkan? • Antarmuka apa yang akan dibentuk? • Batasan perancangan apa yang ada? • Kriteria validasi apa yang diperlukan untuk mendefinisikan kesuksesan suatu sistem? 2. Fase Pengembangan • Bagaimana data distrukturkan? • Bagaimana mengimplementasikan satu fungsi di dalam satu arsitektur piranti lunak? • Bagaimana mengimplementasikan satu prosedur detail? • Bagaimana mengkarakteristikan antarmuka? • Bagaimana mentranslasikan perancangan ke dalam suatu bahasa pemrograman dan bagaimana suatu pengujian akan dilakukan?
  12. 12. 3. Fase dukungan • Koreksi • Adaptasi • Peningkatan • Pencegahan 2.6. Interaksi Manusia dan Komputer Menurut Shneiderman (2010, p58-p59) tujuan penting bagi desainer adalah antarmuka yang konsisten. Bagaimanapun definisi dari konsistensi sendiri susah dipahami dan memiliki banyak tingkatan yang terkadang saling bertabrakan. Pendapat untuk konsistensi adalah bahwa perintah atau serangkaian tindakan harus terurut dapat diprediksi dan dapat dideskripsikan oleh beberapa aturan sehingga mudah untuk dipelajari dan dikuasai. Menurut Shneiderman (2010, p74-p75), Ada delapan hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain yang dinamakan dengan 8 aturan emas. Delapan aturan emas sebagai berikut : 1. Konsisten Tindakan konsisten diperlukan dalam situasi yang serupa. Hal ini biasa digunakan dalam pembuatan prompt, menu dan help screens. Begitu juga dalam pembuatan command user. 2. Menyediakan sebuah fungsionalitas yang bersifat universal Ketika pertama kali menggunakan sistem, pengguna yang masih baru dan masih tidak familiar dapat dibantu melalui sebuah prosedur yang bersifat dasar sehingga dapat dengan lebih mudah dimengerti. Seiring meningkatnya frekuensi penggunaan, pengguna juga ingin mengurangi jumlah interaksi dan meningkatkan kecepatan dari interaksi tersebut. Tombol fungsi, singkatan, perintah tersembunyi dan fasilitas makro sangat membantu expert users. 3. Memberikan umpan balik yang informatif Untuk setiap tindakan dari operator, harus ada sistem umpan balik. Untuk tindakan-tindakan sering dan kecil, tanggapan dapat bersifat sederhana sedangkan untuk tindakan jarang dan utama, respon harus bersifat lebih detail.
  13. 13. 4. Merancang dialog untuk menghasilkan penutupan Urutan-urutan dari tindakan yang ada harus diatur menjadi bagian awal, tengah dan akhir. Umpan balik informatif pada sekumpulan tindakan-tindakan yang ada memberikan kepuasan penyelesaian, rasa lega, tanda untuk menghentikan suatu rencana serta pilihan dari pikiran mereka dan indikasi bahwa caranya jelas yaitu untuk mempersiapkan sekelompok tindakan- tindakan yang ada berikutnya. 5. Memberikan penanganan kesalahan yang sederhana Desain yang dibuat harus berasal dari sistem yang ada agar pengguna tidak berbuat kesalahan yang serius. Jika ada kesalahan yang dibuat oleh user maka sistem harus dapat mendeteksi kesalahan tersebut dan melakukan sebuah mekanisme yang mudah dipahami sebagai penanganan kesalahan. 6. Memperbolehkan user untuk kembali ke tindakan yang sebelumnya Fitur ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan, karena user tahu bahwa kesalahan dapat dibatalkan. Sehingga mendorong pengguna dalam menjelajah pilihan-pilihan tindakan yang tidak biasanya dilakukan. Bentuk dari pengembalian tindakan dapat berupa satu tindakan, entri data atau sekelompok lengkap dari tindakan-tindakan yang ada. 7. Mendukung tempat pengendali internal Pengguna juga ingin mengontrol sistem dan berharap sistem tersebut akan merespon tindakan yang dilakukan pengguna daripada pengguna hanya merasa seperti seseorang yang dikontrol oleh sistem. 8. Mengurangi beban ingatan jangka pendek Keterbatasan ingatan manusia dalam mengolah informasi dalam jangka waktu pendek memerlukan sesuatu yang bisa membantu. Halaman ganda diperketat, diberikan cukup waktu untuk dapat berlatih mengenai kode, mnemonic dan urutan tindakan. Menurut Shneiderman (2010, p32), terdapat lima faktor manusia terukur yang dapat dijadikan sebagai pusat evaluasi, yaitu :
  14. 14. 1. Waktu belajar, berapa lama waktu yang diperlukan user untuk mempelajari cara yang relevan untuk melakukan suatu tugas? 2. Kecepatan kinerja, berapa waktu yang diperlukan user untuk mengerjakan suatu tugas? 3. Tingkat kesalahan user, berapa banyak kesalahan dan jenis kesalahan apakah yang bisa terjadi saat user mengerjakan tugas tersebut? 4. Daya ingat, bagaimana user melakukan manajemen pengetahuan setelah beberapa waktu? 5. Kepuasan yang subjektif, seberapa banyak user menyukai penggunaan bermacam aspek dalam antarmuka? Jawaban dapat dipastikan melalui wawancara atau melakukan survey, termasuk skala kepuasan dan tempat untuk komentar bebas dari user. 2.7. Internet Menurut Rainer, Turban, dan Potter (2007, p138), Internet merupakan global WAN yang mengkoneksikan hampir satu juta jaringan organisasi komputer di lebih dari dua ratus Negara di semua benua, termasuk Antartica. Internet adalah rancangan jaringan untuk memberikan sebuah informasi internal dari sebuah organisasi. Sedangkan menurut Aji Supriyanto (2005,p336), internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protokol yang sama untuk berbagi informasi secara bersama. 2.8. World Wide Web World Wide Web (WWW) adalah kumpulan dari sejumlah dokumen hypertext yang saling berkaitan dan ditempatkan pada server khusus, yang disebut dengan Web Server atau server Http di seluruh dunia (Hoffer, Prescott dan Topi, 2009, p470). World Wide Web (WWW) merupakan salah satu sumber daya intenet yang berkembang dengan pesat. Informasi web didistribusikan melalui pendekatan hypertext, yang memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen yang lain. Dengan adanya pendekatan hypertext ini, seseorang dapat memperoleh informasi dengan meloncat dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen-dokumen yang diakses pun dapat tersebar diberbagai mesin dan di berbagai Negara (Kadir, 2003, p4).
  15. 15. 2.9. Web Server Web server adalah pusat penyimpanan informasi yang melayani permintaan klien terhadap halaman web. Apache, IIS (Internet Information Server), dan Xitami merupakan contoh piranti lunak dari web server (Kadir, 2003, p6). Menurut Hoffer, Prescott dan Topi (2009, p479), web server yang digunakan harus dapat menangani banyak pengguna pada suatu waktu. Hal ini dimungkinkan dengan adanya kemampuan multiprocessing, dimana beberapa processor akan bekerja bersama-sama untuk mempercepat pemrosesan. Kegiatan pada web server dibagi menjadi empat langkah dasar : 1. Komputer klien menggunakan web browser untuk berhubungan dengan web server dan meminta sebuah halaman web. 2. Selama menerima permintaan, web server menempatkan file atau program yang sesuai di dalam file sistem. 3. Setelah mengalokasikan file, web server mengambil file dari file sistem. 4. Web server kemudian mengirim file tersebut ke web browser. File hasil permintaan diterima web browser dan di render pada komputer klien. 2.10. Web Database Web database merupakan aplikasi penggunaan web sebagai platform yang menghubungkan pengguna dengan antarmuka satu atau lebih basis data. Keuntungan dari penggunaan web database (Connolly dan Begg, 2010, p1036- p1038), adalah sebagai berikut : Kesederhanaan (Simplicity) Dalam bentuk asli, HTML sebagai markup language sangat mudah untuk dipelajari oleh developer maupun pengguna akhir. Tidak bergantung pada platform (Platform independence) Salah satu alasan di buatnya aplikasi basis data berbasis web adalah karena pada umumnya web-client (browser) tidak tergantung pada platform sehingga jika suatu aplikasi akan di jalankan pada sistem operasi yang berbeda tidak memerlukan modifikasi. Grafis antarmuka pengguna (Graphical User Interface / GUI)
  16. 16. Menyederhanakan dan meningkatkan pengaksessan basis data, tetapi GUI (Graphical User Interface) memerlukan program tambahan yang akan menyebabkan ketergantungan pada platform. Web browser menyediakan GUI yang mudah digunakan untuk mengakses informasi. Memiliki GUI yang baik akan mengurangi biaya pelatihan untuk pengguna akhir. Standarisasi (Standardization) HTML standar secara de facto dimana seluruh web browser berada, memungkinkan sebuah dokumen HTML pada satu mesin dibaca oleh pengguna pada mesin lainnya di bagian belahan dunia yang lain melalui koneksi di internet dan web browser. Dukungan lintas platform (Cross-platform Support) Web browser ada secara virtual untuk setiap tipe dari platform komputer memungkinkan pengguna pada sebagian besar jenis komputer mengakses basis data dari manapun diseluruh bagian dunia. Memungkinkan akses jaringan yang transparan (Transparent Network Access) Akses jaringan terlihat transparan bagi pengguna, kecuali untuk spesifikasi URL, ditangani sepenuhnya oleh web browser dan web server. Dukungan built-in untuk jaringan akan menyederhanakan akses basis data dan mengeliminasi kebutuhan perangkat lunak jaringan dan kompleksitas dari platform yang berbeda untuk saling berkomunikasi. Penyebaran bisa diukur (Scalable Deployment) Solusi berbasis web mampu membuat arsitektur three-tier yang menyediakan dasar untuk scalability. Dengan menyimpan aplikasi di server terpisah, maka web mengeliminasi waktu dan biaya yang berhubungan dengan aplikasi penyebaran. Hal ini akan menyederhanakan penanganan upgrade dan administrasi pengaturan dari banyak platform yang melalui banyak kantor. Inovasi (Innovation) Web memungkinkan organisasi untuk menyediakan jasa baru dan mencapai konsumen baru melalui aplikasi yang dapat diakses secara global.
  17. 17. Kelemahan web database (Connolly dan Begg, 2010, p1038-p1040), sebagai berikut : Kehandalan (Reliability) Ketika sebuah perintah diberikan melalui internet, tidak dapat dipastikan perintah tersebut pasti akan dikirim. Keamanan (Security) Autentifikasi pengguna dan transmisi data sangat kritis karena banyak pengguna yang tidak dikenal bisa mengakses data. Biaya (Cost) Biaya perawatan bisa menjadi semakin mahal dengan seiring meningkatnya permintaan dari pengguna. Skalabilitas (Scalability) Aplikasi web bisa menghadapi load data yang sangat banyak yang datang secara tidak terduga, hal ini memerlukan pembangunan performa yang kuat dari arsitektur server yang sangat sulit diukur. Fungsi terbatas dari HTML (Limited Functionality of HTML) Beberapa aplikasi basis data interaktif ada yang tidak konversi secara mudah ke aplikasi berbasis web selama masih menyediakan kemudahan yang sama bagi pengguna. Statelessness Statelessness dari lingkungan web membuat pengaturan dari koneksi basis data dan transaksi pengguna menjadi sulit dan membutuhkan aplikasi untuk merawat informasi tambahan. Bandwidth Kegiatan di dalam internet memerlukan bandwidth bahkan untuk tugas yang sangat sederhana sekalipun sehingga masalah bandwidth menjadi penting. Kinerja (Performance) Banyak bagian dari web database yang kompleks berpusat pada interpretasi bahasa yang akhirnya membuatnya lebih lambat daripada basis data tradisional.
  18. 18. Perangkat pembangunan yang belum siap (Immaturity of development tools) Pembangunan aplikasi basis data untuk web secara cepat bisa mengidentifikasi ketidakpastian perangkat pembangunan lingkungan yang lebih baik dibutuhkan untuk meringankan beban dari programmer aplikasi. 2.11. Web Browser Web browser merupakan piranti lunak di sisi klien yang digunakan untuk mengakses informasi-informasi yang ada pada web (Kadir, 2003, p6). Contoh web browser adalah, Internet Explorer, Mozilla, Chrome, Opera, dan Safari. 2.12. Pemasaran Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran mulai dengan yang lain. Dalam konteks bisnis yang lebih sempit, pemasaran mencakup menciptakan hubungan pertukaran muatan nilai dengan pelanggan yang menguntungkan. Karena itu, kita mendefinisikan pemasaran sebagai proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya (Kotler dan Armstrong, 2008, p6). 2.13. Pemesanan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga (2002, p478), pemesanan adalah proses, perbuatan, cara memesan atau memesankan. Dalam bisnis atau perdagangan, pemesanan dinyatakan sebagai sesuatu yang terlibat dalam transaksi komersial untuk produk atau jasa tertentu. Dari sudut pandang pembeli disebut order pembelian.dari sudut pandang penjual disebut suatu sales order. 2.14. Penjualan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga (2002, p478), penjual adalah orang yang menjual. Sedangkan penjualan adalah proses, cara, perbuatan menjual, harga barang menurut harga bila barang itu dijual. Penjualan merupakan sebuah kegiatan yang memasarkan barang atau produk untuk memenuhi kebutuhan dari pembeli dan menghasilkan atau mendapatkan laba yang besar dari penjualan barang atau produk.
  19. 19. 2.15. E-commerce Lahirnya web, yang didukung dengan pertumbuhan dan semakin canggihnya database, telah mendorong terbentuknya e-commerce atau electronic commerce, yaitu pembelian dan penjualan jasa dan produk melalui jaringan komputer yang bersifat secara online. E-commerce membentuk kembali keseluruhan industri dan mengubah hal paling mendasar dari sebuah perusahaan (William dan Sawyer, 2007, p436). Terdapat tiga macam sistem e-commerce (William dan Sawyer, 2007, p437- p439), yaitu : 1. Sistem Business to Business Dalam sistem Business to Business (B2B), sebuah perusahaan menjual barang atau jasa ke perusahaan yang lain dengan menggunakan internet atau jaringan khusus, tujuannya untuk memotong biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi. Selain menjual produk dan jasa, bisa menjual iklan, pelatihan pegawai, riset pasat, dukungan teknis, layanan perbankan, dan layanan dukungan bisnis lainnya. Salah satu contoh B2B yang paling terkenal adalah industri penjualan kendaraan bermotor yang dikembangkan oleh tiga besar pembuat kendaraan bermotor di Amerika Serikat yaitu, General Motor, Ford, dan Daimler Chrysler 2. Sistem Business to Customer Dalam sistem Business to Customer (B2C), perusahaan menjual barang atau jasa kepada konsumen, sistem e-commece ini pada dasarnya menggeser karyawan di posisi penyedia dan bahkan toko fisik (“bricks and mortar”). Contoh sistem B2C adalah Amazon.com, Disdus.com, livingsocial.com dan termasuk Dinomarket.com. 3. Sistem Customer to Customer Pada sistem Customer to Customer (C2C), konsumen menjual barang atau jasa secara langsung ke konsumen lain, kerap kali dengan bantuan pihak ketiga, seperti eBay, sebuah perusahaan lelang online. Pihak ketiga ini menjadi perantara atau mediator antara konsumen yang ingin membeli dan
  20. 20. menjual, dan mereka mengambil sebagian keuntungan dari penjual sebagai biaya untuk pemasangan produk. E-commerce pada sistem C2C sangat mengurangi biaya; bass pelanggan pun lebih kecil, namun menguntungkan. Melalui C2C pebisnis kecil dapat menjual barang mereka tanpa harus mempunyai toko yang memerlukan banyak biaya.
  21. 21. BAB 3 Deskripsi Umum 3.1. Profil Perusahaan PT. Dinomarket PT. Dinomarket didirikan pada bulan Juni 2008 oleh Victor Wiguna yang sekarang masih menduduki jabatan sebagai CEO sampai saat ini. PT Dinomarket merupakan salah satu perusahaan PMA yang bergerak dibidang e-Commerce yang menyediakan produk- produk berkualitas, asli dan bergaransi resmi distributor serta mengutamakan pelayanan berkualitas kepada customer. Dengan dukungan dari Tiger Global Management, perusahaan yang berbasis ekuitas swasta dan dana di New York pada tahun 2011 dengan menginvestasikan dana sebesar US$ 6M kini PT. Dinomarket menjadi perusahaan e-commerce pertama di Indonesia dengan pengalaman pelanggan yang sangat baik dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Pada tanggal 2012 bertempat di Pullman Hotels, Central Park meluncurkan “Konsep Belanja Online dengan Layanan Kelas Premium – Belanja Bebas Resiko, Pesan Pagi Terima Sore!”. Perusahaan yang berlokasi di APL Tower Lt.6 kini menjadi perusahaan salah satu perusahaan e-commerce yang terbaik dari sisi pelayanan kepada pelanggan di Indonesia. 3.2. Analisis SWOT Berikut adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threads) dari website Dinomarket.com. Strength (Kekuatan) Website Dinomarket.com menawarkan dua service andalan sesuai dengan tagline mereka yaitu penyediaan produk-produk asli bergaransi dan pengiriman yang cepat, missalnya untuk pembelian tertentu di wilayah Jakarta Dinomarket.com berkomitmen memberikan layanan pesan pagi terima sore, sehingga pelanggan bisa memenuhi rasa penasaran dan keinginan untuk memiliki dan menikmati produk yang dibelinya. Weakness (Kelemahan)
  22. 22. Kelemahan dari website dinomarket.com ini adalah dari sisi rank maupun SEO(Search Engine Optimization). Karena dalam bisnis online, rank di situs pencari sangat dibutuhkan untuk memperluas market mereka. Begitupun dari sisi SEO dari hasil penelusuran penulis pencarian dengan keyword “belanja online” maupun “beli online” situs Dinomarket.com tidak tampak pada halaman-halaman awal. Ini akan menyebabkan calon pembeli akan kesulitan memilih Dinomarket.com pada pilihan awal nya. Opportunity (Peluang) 1. Pengguna Internet di Indonesia semakin bertambah tiap tahun 2. Pengguna e-banking yang semakin banyak di Indonesia 3. Jasa pengiriman barang yang terpercaya seperti TIKI dan JNE 4. Sistem belanja online yang semakin dikenal dan digunakan di Indonesia Threads (Ancaman) 1. Banyaknya kompetitor yang sudah mulai lebih dulu dan terkenal , sehingga sulit bersaing 2. Kepercayaan pembeli untuk belanja online yang menurun karena beberapa toko online melakukan penipuan dan merugikan pembeli. 3.3. Produk Yang Ditawarkan Banyak produk yang ditawarkan di Dinomarket.com ini mulai dari peralatan elektronik sampai dengan peralatan rumah tangga. Berikut merupakan produk-produk yang ditawarkan berdasarkan pilihan kategori nya : 1. Smartphone & Tablet 2. Aksesories Handphone 3. Headphone & Speaker 4. Kamera & Video 5. Komputer & Alat Komputer 6. Peralatan Rumah Tangga 7. Elektronik Rumah Tangga 8. Perlengkapan Kamar Tidur
  23. 23. 9. Peralatan Dapur 10. Mainan & Hobi 11. Kesehatan & Kecantikan 12. Otomotif 13. Fashion
  24. 24. BAB 4 Pembahasan 4.1. Market Dinomarket.com mempunyai market yang cukup luas dari segi produk, ini dibuktikan dengan beragam nya produk yang ditawarkan tidak hanya berupa produk elektronik bahkan sampai peralatan rumah tangga . Gambar 1. Tampilan awal dengan bermacam pilihan produk Sedangkan dari sisi pembeli yang dituju hampir sama seperti umumnya toko e- commerce lainnya yaitu pada masyarakat perkotaan yang cenderung ingin mudah dalam segala hal termasuk dalam hal berbelanja. Untuk itulah belanja online dipilih masyarakat perkotaan untuk mendapatkan yang diinginkannya dengan mudah. 4.2. Manfaat Dari manfaat berbelanja online terutama di Dinomarket.com adalah solusi one- stop-shopping karena berbagai pilihan produk yang banyak dan luas dari elektronik sampai perlengkapan rumah tangga sehingga pembeli tidak perlu repot mencari di situs lain.
  25. 25. Dan juga keraguan tentang asli atau tidak nya produk yang dibeli masih menjadi momok menakutkan bagi pengguna belanja online. Dinomarket.com berkomitmen sesuai dengan tagline mereka bahwa produk nya dipastikan produk asli bukan bajakan atau sejenisnya. Dan komitmen itu dibuktikan dengan terpilihnya Dinomarket.com menjadi partner platform online payment gateway untuk pembelian produk Samsung di Indonesia. Gambar 2. Berita Dinomarket jadi partner resmi platform online payment Selain itu manfaat dari belanja online di Dinomarket.com adalah kemudahan pembayaran yang sangat lengkap bila dibandingkan dengan pesaingnya yang hanya memiliki dukungan dari beberapa bank dan kartu kredit, Dinomarket.com mempunyai fasilitas metode pembayaran sampai dengan 42 metode pembayaran. Berikut adalah metode pembayaran di Dinomarket.com : Bank Transfer (mendukung 7 nasional Bank) COD (Cash On Delivery) eCash (4 eCash) ePay (4 bank) Kartu Kredit berlogi Visa/Master Kartu Kredit Bank Lokal (12 bank) Kartu Kredit dengan fasilitas cicilan (5 bank) Kartu Kredit dengan promo cicilan 0% (12 Bank) Kartu Debit (2 bank)
  26. 26. 4.3. Pesaing Bisnis Untuk pesaing e-commerce dengan sistem B2C (Business to Customer) dan dengan produk yang hampir sama, ada beberapa situs yang sudah lebih dahulu dari Dinomarket.com ini diantaranya adalah lazada.co.id , blibli.com. Dari sisi peringkat di alexa.com yaitu situs penyedia statistik internet untuk global, terlihat Dinomarket.com ini sangat ketinggalan dari para pendahulu nya. Dinomarket.com menempati peringkat 272 di Indonesia dan 16465 di Global, sedangkan pendahulunya seperti blibli.com yang menempati peringkat 197 di Indonesia dan 13023 di Global dan lazada.co.id dengan peringkat 31 di Indonesia dan 2159 di Global. Ini menandakan bahwa kunjungan ke situs Dinomarket.com tidak sebanyak pesaingnya baik lazada.co.id maupun blibli.com. Gambar 3. Peringkat dinomarket.com di alexa generate tanggal 6 April Gambar 4. Peringkat blibli.com di alexa generate tanggal 6 April
  27. 27. Gambar 5. Peringkat lazada.co.id di alexa generate tanggal 6 April Banyaknya kunjungan ke situs terkait juga dengan Search Engine Optimization (SEO) bagaimana perusahaan e-commerce memanfaatkan keyword – keyword yang sering digunakan pembeli untuk mencari di situs pencari seperti google.com maupun bing.com. Menggunakan situs pengecek keyword seperti seocentro.com kita dapat melihat bagaimana dengan menggunakan keyword seperti ‘belanja online’ situs dinomarket.com masih kalah dengan situs lazada.co.id maupun blibli yang berperingkat lebih baik di situs pencari. Gambar 6. Perbandingan keyword ‘belanja online’ di situs ceosentro.com dinomarket.com dan lazada.co.id generate tanggal 6 April 2014 – 17.59 WIB
  28. 28. Gambar 7. Perbandingan keyword ‘belanja online’ di situs ceosentro.com dinomarket.com dan blibli.com generate tanggal 6 April 2014 – 17.59 WIB Penulis juga menganalisa dari statistik reputasi sosial dimana kini media sosial menjadi salah satu ujung tombak dalam e-commerce, sama seperti konsep pemasaran tradisional m2m (mouth to mouth) , setiap orang akan membagikan sesuatu yang menurutnya bagus atau tidak bagus dalam era sekarang sharing di media sosial sudah menjadi hal yang lumrah. Dari hasil statistik reputasi sosial yang diambil dari trustedcompany.com pada tanggal 6 April 2014 dapat terlihat di gambar 8, 9 ,dan 10. Trustedcompany.com sendiri adalah situs penyedia statistik dan review dari pelanggan terhadap penyedia jasa /produk e-commerce. Dapat terlihat Lazada.co.id dan blibli.com masih lebih baik dibandingkan dengan dinomarket.com Gambar 8. Statistik reputasi sosial Dinomarket dari trustedcompany.com
  29. 29. Gambar 9. Statistik reputasi sosial lazada.co.id dari trustedcompany.com Gambar 10. Statistik reputasi sosial blibli.com dari trustedcompany.com Salah satu faktor penyedia jasa/produk e-commerce di pilih adalah tentang kemudahan pembayaran. Metode pembayaran yang ada di dinomarket.com tergolong sangat lengkap dibanding dengan situs saingan nya lazada.co.id maupun blibli.com. Misalkan saja dari Bank transfer Dinomarket mampu menyediakan 7 bank pilihan transfer dibanding dengan lazada.co.id yang hanya 4 bank pilihan dan posisi terakhir blibli.com dengan 2 bank pilihan. Dengan total 42 metode pembayaran dinomarket.com unggul dibandingkan dengan lazada.co.id yang hanya 4 metode dan blibli.com dengan 9 metode. Faktor lain yang tak kalah penting adalah dari sisi kepuasan pelanggan yang telah membeli dari situs-situs e-commerce ini. Dari sisi kepuasan pelanggan terbaik, penulis
  30. 30. menjatuhkan pilihan kepada situs dinomarket.com sebagai yang terbaik diantara lazada.co.id dan blibli.com . Penulis melakukan pengamatan pada suarapembaca.detik.com , sebuah sub-situs dari portal online yang terkenal banyak pengunjung nya di Indonesia dimana sub-situs tersebut tentang surat pembaca yang sebagian besar berisi keluhan dan ditambah dengan menggunakan teknik keyword dan site detil di situs pencari google.com. penulis menemukan banyak keluhan dari situs pesaing dinomarket.com yaitu lazada.co.id maupun blibli.com. Gambar 11. Keluhan pelanggan Dinomarket.com di situs suarapembaca.detik.com Gambar 12. Keluhan pelanggan lazada.co.id di situs suarapembaca.detik.com Gambar 13. Keluhan pelanggan blibli.com di situs suarapembaca.detik.com 4.4. Aspek Muatan Informasi Situs Dalam aspek muatan informasi situs Dinomarket.com sangat jelas dalam menginformasikan konten nya dan info nya juga terkini.
  31. 31. Untuk kategori produk , ketika dipilih ada review singkat sehingga pembeli tidak perlu membuka halaman detil per-produk jika hanya ingin membandingkan secara cepat. Gambar 14. Review informasi semua produk Sedangkan untuk produk detail informasi yang ditampilkan juga sudah informatif, ada detil informasi tentang produk tersebut, informasi harga beserta metode pembayaran yang disupport untuk produk tersebut dan juga gambar produk dari berbagai sisi maupun video.
  32. 32. Gambar 15. Review informasi detil produk Untuk konten NewsUpdate juga cukup terkini terlihat dari berita terkini nya yang di update terakhir pada 4 april 2014.
  33. 33. Gambar 16. Tampilan News Corner yang uptodate Sedangkan untuk konten utama lainnya seperti FAQ (Frequently Asked Question) terlihat kurang informatif terutama bagi pembeli yang jarang berbelanja online, ini dapat terlihat dengan hanya menampilkan informasi berupa text tidak disertai gambar. Gambar 17. Tampilan Cara membuat pesanan 4.5. Aspek Navigasi Situs Untuk aspek navigasi di Dinomarket.com juga tampak baik dan teratur. Pada halaman home langsung dihadapkan pada pilihan kategori produk yang ditawarkan pada sebelah kiri situs. Sedangkan di tengah situs halaman home terdapat slideshow gambar promo disertai link , dan disisi kanan ada informasi mengenai keunggulan yang dimiliki dan lain nya.
  34. 34. Gambar 18. Navigasi pada kategori. Untuk fitur navigasi pada situs ini semua berjalan baik, semua link berfungsi ditambah lagi ada nya informasi keberadaan link tersebut saat kita memilih produk detil. Begitupun juga dengan halaman-halaman yang dituju pada link informasi bagian bawah semua dalam kondisi sesuai dengan kaitan info nya. Misalkan link ‘Tentang Dinomarket.Com’ maka di halaman tersebut hanya berisi halaman tentang PT. Dinomarket. Gambar 19. Link informasi Untuk fitur navigasi lainnya yaitu fitur searching atau pencarian, dari hasil pengamatan di dinomarket.com fitur pencarian nya sudah sangat baik. Ini terlihat dari
  35. 35. jika kita mengetikkan clue kata di navigasi pencarian langsung menampilkan kata-kata lain yang berkaitan sesuai dengan clue kata yang diberikan. Misalkan memasukkan clue kata ‘jabr’ maka akan langsung muncul kata-kata yang berkaitan, seperti ‘jabra headset’ , ‘jabra bluetooth’ dan lainnya. Gambar 20. Navigasi pencarian Untuk navigasi yang tak kalah penting adalah navigasi support. Untuk navigasi support bisa dengan Live Chat Support atau langsung telp ke Contact Centre dinomarket.com. Untuk live chat support ketika kita memilih menu tersebut langsung di pop up sebuah jendela baru lagi di halaman yang sama dan langsung bisa textingdan menanyakan tentang produk atau pelayanan dengan customer service yang ada saat itu. Gambar 21. Navigasi live chat support
  36. 36. 4.6. Aspek Tampilan Situs Untuk tampilan halaman awal Dinomarket.com mempunyai komposisi wakna yang baik , tidak terlalu mencolok dimata. Tampilan nya halaman awal dengan front banner berwarna biru dengan dasar putih. Terlihat box dengan dasar gradient abu-abu dan putih tiap konten fitur dibatasi dengan white space , sehingga terlihat jelas beda tiap konten Untuk pilihan menu kategori terlihat perbedaan antar kategori dibatasi dengan sebuah garis. Tapi terlihat kategori nya masih kurang rapih dan kategori tidak alphabetical . Gambar 22. Tampilan awal situs dinomarket.com
  37. 37. Untuk tampilan kategori produk , tampilan nya terkesan datar, karena box konten dengan warna dasar hampir sama sehingga tidak terlihat beda antar konten maupun warna dasar. Untuk pilihan urutan baru ada mengurutkan harga berdasarkan range harga, belum ada pilihan untuk urutan harga berdasarkan harga terkecil maupun terbesar. Gambar 23. Tampilan kategori produk berdasarkan merk Untuk tampilan tiap fitur konten dan footer terlihat jelas . Untuk fitur konten tampilkan dengan box gradient putih – abu-abu dengan pemisahan white space dan tiap produk. Sedangkan untuk footer
  38. 38. diisi dengan navigasi yang berisi tentang dinomarket.com termasuk cara berbelanja, daftar, login dan lainnya. Gambar 24. Tampilan fitur konten Gambar 25. Tampilan konten footer
  39. 39. Selanjutnya ada tampilan login dan registrasi, Untuk login terlihat jelas ada pada menu atas halaman depan. Dan langsung pop up jendela baru untuk login nya. Sedangkan untuk registrasi juga ditemukan di bagian bawah halaman. Untuk proses registrasi nya sendiri sudah cukup baik, diantara nya sudah ada fasilitas search username sehingga bisa meminimalisir kesamaan username, begitupun juga ada kesalahan saat penulisan email, bila penulisan email tanpa @ akan langsung muncul popup ada kesalahan dalam penulisan email dan hasil registrasi harus di konfirmasi kembali dengan memasukkan kode yang sudah dikirim lewat sms(short message services) ataupun lewat email. Gambar 26. Tampilan login
  40. 40. Gambar 27. Form registrasi Gambar 28. Tampilan error pada saat salah memasukkan format email Gambar 28. Tampilan konfirmasi dari hasil registrasi dinomarket.com Untuk tampilan setelah login , tampilan nya berubah dengan tampilan awal ada profil login dimana kita bisa mengubah alamt pengiriman , password dan sebagainya. Ada fitur navigasi yang tidak ada sebelumnya ketika tidak masuk sebagai user
  41. 41. Gambar 28. Tampilan setelah login username Berikutnya adalah tampilan ketika mau pilih barang, ada tampilan out-of-stock dan barang tidak dapat di masukkan dalam keranjang belanja. Sehingga memudahkan pembeli untuk membeli produk yang ready stock. Gambar 29. Tampilan memilih barang
  42. 42. Selanjutnya adalah tampilan ketika mau berbelanja sudah ada keranjang belanja bila pembeli telah selesai memilih dan melanjutkan ke pembayaran. Gambar.30. Tampilan keranjang belanja Tampilan awal untuk pembayaran adalah login email, pada halaman tersebut akan mengkonfirmasi apakah email login sudah sesuai atau jika belum memiliki user akan diarahkan untuk register username. Gambar.31. Tampilan awal saat melanjutkan pembayaran
  43. 43. Tampilan berikut nya adalah pengiriman , pada tampilan ini , tidak ditampilkan secara langsung alamat yang sudah kita inputkan sebelumnya, sehingga kita harus menginput ulang alamat untuk pengiriman. Gambar.32. Tampilan kedua berupa shipping address Setelah itu ada halaman ‘order summary’ , dihalaman tersebut ada ringkasan order beserta harga yang harus dibayarkan, ringkasan alamat, dan inputan tambahan jika produk tersebut kita mau tambahkan aksesoris berupa coklat atau lainnya.
  44. 44. Gambar.33. Tampilan ketiga berupa order summary Setelah itu ada pilihan pembayaran, ada 42 metode pembayaran bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemudahan dari pembeli. Dan ada keterangan khusus jika produk tidak di support dengan beberapa metode pembaran tertentu.
  45. 45. Gambar.34. Tampilan keempat berupa pilihan pembayaran Kemudian ada konfirmasi berupa email dan sms, pesanan akan dibatalkan jika tidak ada pembayaran dalam jangka waktu 1x12 jam. Dan pembeli juga akan diingingatkan untuk pembayaran melalui sms maupun email dalam 6 jam kedepan setelah melakukan pesanan. Gambar.35. Tampilan kelima berupa summary keseluruhan dari pesanan
  46. 46. Gambar.36. Tampilan email konfirmasi 4.7. Aspek Waktu Download Untuk aspek waktu download dapat di test di website berikut http://tools.pingdom.com/fpt/ , yaitu web untuk mengecek lama loading sebuah website , terlihat untuk dinomarket.com masih kalah dengan pesaingnya baik lazada.co.id maupun blibli.com. Dari hasil web tersebut dinomarket.com dengan page size sebanyak satu MByte di load dengan jangka waktu 19.96 detik. Aspek waktu download yang lama mempengaruhi juga user experience , dengan begitu pengguna yang mempunyai kesulitan koneksi akan merasa kurang nyaman bila harus membuka halaman dari dinomarket.com Gambar.37. hasil uji coba load page untuk dinomarket.com
  47. 47. Gambar.38. hasil uji coba load page untuk lazada.co.id Gambar.39. hasil uji coba load page untuk blibli.com
  48. 48. BAB 5 Kesimpulan dan Saran 5.1. Kesimpulan Setelah membuat analisa untuk web dinomarket.com didapat kesimpulan sebagai berikut : Dinomarket.com adalah salah satu e-commerce berjenis B2C(Business to Customer) dan menjadi alternatif pilihan situs e-commerce yang telah lebih dahulu ada seperti lazada.co.id dan blibli.com Dinomarket.com hadir sebagai one stop shopping, dengan market ke masyarakat perkotaan yang cenderung simple life yaitu kehidupan yang serba cepat dan mudah salah satunya adalah dengan berbelanja online. Dari segi peringkat ketenaran sampai saat ini penulis tulis, dinomarket.com masih belum bisa menyaingi kepoluperan situs e-commerce yang telah lebih dahulu ada seperti lazada.co.id dan blibli.com Berdasarkan perbandingan antara situs e-commerce, dinomarket lebih unggul dalam hal pelayanan dan kemudahan dalam melakukan pembayaran. Sedangkan dari statistik reputasi media sosial , peringkat maupun pencarian di search engine, dinomarket.com masih kalah dari pesaingnya yakni lazada.co.id dan blibli.com Dari aspek konten dinomarket.com cukup up-to-date baik dari sisi news corner atau berita umum yang terkait produk dan juga dari konten produk yang termasuk produk terkini Untuk aspek navigasi , semua navigasi baik itu berupa link maupun navigasi menu berjalan baik Sedangkan untuk tampilan situs secara komposisi warna dan kenyamanan mata, dinomarket.com cukup 'soft' untuk menampilkan situs nya. Dan konsisten dalam meletakkan white space untuk memisahkan antar konten Kemudian untuk aspek waktu download , dinomarket.com cukup lambat dan ini akan menggangu kenyamanan pengguna yang sedang mencari-cari produk.
  49. 49. 5.2. Saran Dari kesimpulan diatas dapat ditarik saran sebagai berikut : Dari segi peringkat terlihat dinomarket.com tertinggal dari pesaing nya. Sebaiknya dinomarket.com memanage kembali peringkat nya yakni dengan penggunaan keyword- keyword unggul di search engine. Semakin bagus peringkat di search engine akan semakin banyak pengunjung untuk belanja. Dari sisi konten lebih dirapikan lagi , sehingga pengunjung website akan mudah untuk memilih produk yang akan dibeli. Dari sisi pelayanan dipertahankan dan ditingkatkan kembali sehingga menjadi modal awal yang baik . Untuk aspek waktu download yang tergolong lambat , disarankan dinomarket.com menaikkan kapasitas hosting speed nyaatau dengan mengganti hosting dengan yang lebih baik lagi.
  50. 50. Daftar Pustaka Supriyanto, A. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek. Connoly, T., & Begg, C (2005). Database Systems : A Practical Approach to Design,Implementation and Management (4th ed.). New Jersey: Pearson Education Suyanto, Asep Herman (2007). Web Design : Theory and Practices. Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta. Juwita, F.R. , Riyanti,N.C. (2013). Skripsi - ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA PT. GARUDA NUSANTARA SAKTI . Jakarta : Universitas Binus Satrija, I., Winata, P., Glenesen, T. E.. (2013). Skripsi - ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE PADA PT. INTEGRATED SYNERGY SYSTEMS. Jakarta : Universitas Binus Nielson, J (2013). Introduction to Usability http://www.nngroup.com/articles/usability-101- introduction-to-usability/. Diakses pada 7 April 2014

×