Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Sumber Informasi dan Peluang Pemasaran

Sumber Informasi dan Peluang Pemasaran

  • Inicia sesión para ver los comentarios

Sumber Informasi dan Peluang Pemasaran

  1. 1. OLEH : ANDRE KUSSUMA A SUMBER INFORMASI DAN PELUANG PEMASARAN
  2. 2. Komponen Sistem Informasi Pemasaran Pemasar bertanggung jawab untuk mengidentifikasikan perubahan yang terjadi di pasar. Pemasar harus mempunyai informasi tentang pola konsumsi masyarakat. Perusahaan memahami kebutuhan manajernya dan mengembangkan Sistem Informasi Pemasaran.
  3. 3. Sistem informasi pemasaran : orang, peralatan, prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi, mendistribusikan informasi yang sesuai kebutuhan, tepat waktu dan akurat kepada manajer pemasaran. Sistem Informasi Pemasaran dikembangkan dari: catatan internal perusahaan, kegiatan inteljen pemasaran dan riset pemasaran
  4. 4. Pencatatan Internal dan Inteljen Pemasaran Manajer Pemasaran menganalisis laporan internal mengenai pesanan, penjualan, harga, biaya, level persedian, piutang, hutang dsb untuk menemukan peluang dan masalah yang penting. Siklus Pesanan Sampai Pembayaran. Perwakilan penjualan, pedagang perantara dan pelanggan mengirimkan surat pesanan ke perusahaan, dept. penjualan akan memenuhi pesanan tersebut. Semakin cepat pesanan dipenuhi semakin baik.
  5. 5. Sistem Informasi Penjualan Laporan penjualan terkini sangat penting bagi bag. Pemasaran. Data penjualan diinterpretasi agar jangan sampai memperoleh sinyal penjualan yang salah. Basic Data, Gudang Data & Penggalian Data Perusahaan mengorganisasi informasi dalam basic data yaitu : Data Pelanggan, Data Produk, Data tenaga penjual
  6. 6. Contoh : Basic Data Pelanggan berisikan nama, alamat, transaksi masa lalu, demografiknya, psikografik (kegiatan, minat, opini). Manfaat : pengiriman surat penawaran lebih efisien. Data disimpan dalam Gudang Data dan dianalisis maka perusahaan akan memperoleh informasi segemen pelanggan yang belum tergarap, tren pelanggan terkini, kinerja tenaga penjualan dsbnya.
  7. 7. Sistem Inteljen Pemasaran Seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi harian mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran. Sumber : Buku, Surat Kabar, Pelanggan, Pemasok, Distributor, Manajer perusahaan lain. Perusahaan juga dapat melakukan : Melatih dan mendorong tenaga penjual untuk menemukan dan melaporkan sejumlah perkembangan baru.
  8. 8. Memotivasi para distributor, pengecer, supaya menyampaikan informasi inteljen penting. Membuka jaringan secara eksternal (membeli produk pesaing, mengikuti pameran dsb). Membentuk Panel Penasehat Pelanggan. Memanfaatkan sumber data Pemerintah. Membeli informasi dari pihak luar. Menggunakan sistem feedback online.
  9. 9. Menganalisis Lingkungan Makro Kebutuhan dan Tren Perusahaan yang bermental wirausaha berusaha menciptakan pemenuhan kebutuhan yang belum terpenuhi. Misalnya : Fedex diciptakan untuk pengiriman surat yang tiba pada hari berikutnya. Perlu dibedakan antara Fad, Tren dan Megatren, Fad kesukaan masyarakat berlangsung singkat, besifat tidak terduga, pendek dan tidak penting secara sosial, ekonomi dan politik. Tren adalah arah atau urutan peristiwa khusus yang memiliki beberapa momentum dan mampu bertahan lama. Contoh : prosentase orang yang menghargai kesehatan dan kesegaran fisik semakin meningkat.
  10. 10. Megatren : perubahan besar dibidang sosial, ekonomi, politik, teknologi yang lambat terbentuknya dan pada saat terjadi perubahan itu akan mempengaruhi kita untuk waktu lama. Contoh : Generasi Ledakan Bayi yang menua, Pencapaian pendidikan yang lebih tinggi bagi wanita. Sebuah produk baru akan mudah berhasil jika sejalan dengan tren yang kuat
  11. 11. Lingkungan Demografi Tren demografik sangat bagus untuk jangka pendek dan menengah. Kekuatan demografik utama yang di panatau pemasar adalah populasi. Karena orang membentuk pasar. Pertumbuhan Populasi Dunia Populasi dunia menunjukkan ledakan pertumbuhan. Pada tahun 2000 populasi dunia sebesar 6,1 milyar jiwa dan akan melebihi 7,9 milyar pada tahun 2025.
  12. 12. Pertumbuhan Populasi yang tinggi berimplikasi bisnis, walaupun populasi yang meningkat belum tentu pasarnya meningkat jika tidak diikuti dengan daya beli memadai. Namun bagi pemasar yang cermat akan menemukan banyak peluang besar. Contohnya: perusahaan mainan memasuki pasar china. Bauran Usia Populasi Satu tren global adalah menuanya populasi. Populasi dapat dipecah menjadi enam kelompok: prasekolah, usia sekolah, remaja, dewasa muda, dewasa separuh baya dan manula.
  13. 13. Pemasar menaruh perhatian pada kelompok usia yang paling banyak populasinya. Pasar Etnis dan Pasar Lain Sebuah negara bisa terdiri dari berbagai suku dan ras nya, namun ada juga tidak.
  14. 14. Kelompok Pendidikan Menurut pendidikannya masyarakat dapat dikelompokkan dalam : buta huruf, tidak lulus SMA, lulus SMA, lulus perguruan tinggi. Pola Rumah Tangga Rumah tangga tradisional : Ayah, Ibu, Anak, Kakek, Nenek. Tren baru : lajang yang hidup sendiri, orang tua tunggal, pasangan tanpa anak, orang tua dengan anak yang sudah mandiri. Ini juga menimbulkan peluang bisnis tersendiri. Misalnya: orang lajang memiliki daya beli yang besar untuk merawat dirinya sendiri
  15. 15. Lingkungan Makro Utama Lainnya Lingkungan Ekonomi Distribusi Penghasilan, ada empat jenis struktur industri : perekonomian subsystem, perekonomian pengekspor bahan baku, perekonomian industrialisasi (tumbuh kelas menengah baru), perekonomian industri. Tabungan utang dan ketersediaan kredit, pengeluaran konsumen dipengaruhi oleh tabungan, utang dan ketersediaan kredit. Outsourcing dan Perdagangan Bebas, Outdourcing semakin menjadi kebutuhan bersaing oleh banyak perusahaan. Semakin banyak kawasan yang membuka wilayah perdagangan bebas, membuka peluang pemasaran yamh lebih luas.
  16. 16. Lingkungan Sosial Budaya Pandangan terhadap dirinya, orang memiliki panekanan yang relatif berbeda-beda atas kesengan pribadi. Pandangan terhadap sesamanya,. Masyarakat ingin hidup dalam lingkungan yang manusiawi. Masyarakat merasa nyaman hidup dalam kelompok mereka sendiri. Tren ini mendorong munculnya klub kesehatan, kegiatan keagamaan dsbnya. Pandangan terhadap masyarakat, Pandangan terhadap alam, Nilai budaya dasar. Masyarakat tertentu mempertahankan banyak keyakinan dan nilai dasar yang cenderung mampu bertahan lama.
  17. 17. Lingkungan Alam Kekurangan Bahan Baku, Bahan baku tediri dari : tidak terbatas, terbatas dan dapat diperbaharui, terbatas dan tidak dapat diperbaharui. Saat ini udara dan air semakin menjadi masalah, sedangkan hutang dan bahan pertanian semakin harus digunakan semakin bijak. Selain itu minyak bumi akan menimbulkan masalah besar jika habis. Ini menyebabkan biaya produksi semakin meningkat. Peningkatan biaya energi, salah satu sumber daya terbatas dan tidak dapat diperbaharui yaitu minyak bumi telah menjadi masalah yang serius bagi perekonomian dunia. Muncullah usaha pendayaan energi surya.
  18. 18. Tekanan Anti Polusi, Sejumlah kegiatan industri berdampak buruk untuk alam, semakin tumbuhnya kesadaran akan pelestarian alam dan dampak buruk bahan kimia buatan, menciptakan pasar untuk alat pengendali polusi dan permintaan produk organik. Lingkungan Teknologi Meningkatnya kecepatan perubahan. Tidak terbatasnya peluang inovasi. Lingkungan Politik Hukum Meningkatnya peraturan perundang-undangan yang mengatur bisnis. Pertumbuhan kelompok dengan kepentingan khusus.
  19. 19. Riset Pemasaran Mendefinisikan Masalah, Alternatif Keputusan dan Tujuan Riset. Menyusun Riset Pemasaran Pendekatan Riset : Riset Observasi Riset Kelompok Riset Survey Data Perilaku Riset Eksperimen
  20. 20. Instrumen Riset : Kuesioner
  21. 21. Kuis : Kerjakan soal berikut : 1. Uraikan definisi dari pemasaran dan manajemen pemasaran? 2. Mengapa konsep pemasaran sekarang lebih popular dibanding konsep penjualan? 3. Berikan contoh fad, tren dan megatren. Tugas bersifat individual. Diketik pada kertas A4 spasi 1,5. Dikumpulkan minggu depan.
  22. 22. Sekian dan Terima Kasih

×