Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.
PARAGRAF
Pengertian Paragraf
Paragraf adalah bagian dalam suatu karangan yang
mengandung satu gagasan pokok atau pikiran u...
Paragraf adalah bagian suatu karangan yang
mengandung satu kalimat utama dan beberapa kalimat
penjelas.
Pengertian paragra...
Pikiran utama adalah pikiran atau gagasan yang terdapat
dalam sebuah paragraf. Pikiran utama terdapat dalam
kalimat utama ...
Kalimat penjelas adalah kalimat yang memperjelas
kalimat utama.
Kalimat penjelas dalam paragraf deduktif selalu berada
set...
Selokan ini sangat kotor. Sampah sampah berserakan
di sana sini. Nyamuk senang bersarang dan bertelur di
sini karena airny...
Kalimat utamanya adalah :
Dengan demikian nyamuk tidak akan bersarang dan
bertelur di tempat ini.
Selokan ini sangat kotor...
Pikiran utamanya adalah :
Selokan sangat kotor.
Pikiran Penjelasnya adalah :
1.Sampah berserakan
2.Nyamuk senang bersarang...
Contoh paragraf deduktif :
Pemuda warga desa Tenteram memutuskan
melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib.
Sebelu...
Kalimat utamanya adalah
1. Pemuda warga desa Tenteram memutuskan
melaksanakan jam belajar masyarakat dengan
tertib.
Pemuda...
Kalimat Penjelasnya adalah
Pemuda warga desa Tenteram memutuskan
melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib.
Sebelu...
1. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan
di luar rumah, dan hanya duduk duduk di pinggir
jalan pada saat jam jam ...
1. Pemuda desa Tenteram memutuskan
melaksanakan jam belajar
2. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang hanya
duduk duduk di p...
Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan
kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan
kemudian diakhiri dengan ...
1. generalisasi
adalah suatu pola pengembangan paragraf yang
bertolak dari sejumlah fakta khusus yang memiliki
kemiripan m...
2. Analogi
merupakan pola penyusunan paragraf berupa
perbandingan dari dua hal yang mempunyai sifat
sama.
Pengembangan par...
3. Hubungan Kausal
Hubungan kausal adalah pola penyusunan paragraf
dengan menggunakan beberapa fakta yang
mempunyai pola h...
Contoh Paragraf Induktif :
Banyak pedagang kaki lima yang entah bagaimana
awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya
denga...
Materi paragraf
Materi paragraf
Materi paragraf
Próxima SlideShare
Cargando en…5
×

Materi paragraf

9.392 visualizaciones

Publicado el

Bagi kalian yang sedang belajar tentang paragraf, saya ingin berbagi pengetahuan tentang paragraf. Bagaimana mencari pikiran utama dan pikiran penjelas dalam paragraf deduktif.

Publicado en: Educación
  • Inicia sesión para ver los comentarios

Materi paragraf

  1. 1. PARAGRAF Pengertian Paragraf Paragraf adalah bagian dalam suatu karangan yang mengandung satu gagasan pokok atau pikiran utama dan beberapa gagasan atau pikiran penjelas. Paragraf merupakan himpunan dari kalimat kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan.
  2. 2. Paragraf adalah bagian suatu karangan yang mengandung satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Pengertian paragraf deduktif Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat kalimat penjelas.
  3. 3. Pikiran utama adalah pikiran atau gagasan yang terdapat dalam sebuah paragraf. Pikiran utama terdapat dalam kalimat utama atau kalimat topik. Kalimat utama adalah kalimat yang memuat pikiran utama. Dalam pragraf deduktif, kalimat utama selalu di awal paragraf.
  4. 4. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memperjelas kalimat utama. Kalimat penjelas dalam paragraf deduktif selalu berada setelah kalimat utama Di dalam kalimat penjelas terdapat pikiran penjelas Pikiran penjelas adalah pikiran yang memperjelas pikiran utama Pikiran penjelas adalah pikiran yang memperjelas pikiran utama
  5. 5. Selokan ini sangat kotor. Sampah sampah berserakan di sana sini. Nyamuk senang bersarang dan bertelur di sini karena airnya menggenang. Oleh sebab itu kita harus membersihkan selokan ini supaya air lancar mengalir. Dengan demikian nyamuk tidak akan bersarang dan bertelur di tempat ini. Contoh sebuah paragraf deduktif
  6. 6. Kalimat utamanya adalah : Dengan demikian nyamuk tidak akan bersarang dan bertelur di tempat ini. Selokan ini sangat kotor. Kalimat penjelasnya adalah : Sampah sampah berserakan di sana sini. Nyamuk senang bersarang dan bertelur di sini karena airnya menggenang. Oleh sebab itu kita harus membersihkan selokan ini supaya air lancar mengalir.
  7. 7. Pikiran utamanya adalah : Selokan sangat kotor. Pikiran Penjelasnya adalah : 1.Sampah berserakan 2.Nyamuk senang bersarang 3.Kita harus membersihkan selokan 4.Nyamuk tidak bersarang dan bertelur
  8. 8. Contoh paragraf deduktif : Pemuda warga desa Tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan di luar rumah, dan hanya duduk duduk di pinggir jalan pada saat jam jam belajar. Para pemuda mulai mendatangi orang tua dan memberi pengertian pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Apabila warga menemukan anak-anak mereka sedang kumpul - kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan dan diajak untuk belajar bersama. Jam belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00.
  9. 9. Kalimat utamanya adalah 1. Pemuda warga desa Tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Pemuda warga desa Tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan di luar rumah, dan hanya duduk duduk di pinggir jalan pada saat jam jam belajar. Para pemuda mulai mendatangi orang tua dan memberi pengertian pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Apabila warga menemukan anak-anak mereka sedang kumpul - kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan dan diajak untuk belajar bersama. Jam belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00.
  10. 10. Kalimat Penjelasnya adalah Pemuda warga desa Tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan di luar rumah, dan hanya duduk duduk di pinggir jalan pada saat jam jam belajar. Para pemuda mulai mendatangi orang tua dan memberi pengertian pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Apabila warga menemukan anak-anak mereka sedang kumpul - kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan dan diajak untuk belajar bersama. Jam belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00.
  11. 11. 1. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan di luar rumah, dan hanya duduk duduk di pinggir jalan pada saat jam jam belajar. 2. Para pemuda mulai mendatangi orang tua dan memberi pengertian pentingnya belajar bagi anak anak mereka. 3. Apabila warga menemukan anak-anak mereka sedang kumpul - kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan dan diajak untuk belajar bersama. 4. Jam belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00. Kalimat Penjelasnya adalah
  12. 12. 1. Pemuda desa Tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar 2. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang hanya duduk duduk di pinggir jalan jam belajar. 3. Para pemuda memberi pengertian kepada orang tua tentang pentingnya belajar bagi anak. 4. Warga akan memperingatkan anaknya untuk belajar bersama. 5. Jam belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00. Pokok- pokok paragrafnya adalah
  13. 13. Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat utama. Paragraf Induktif sendiri dibagi menjadi 3 yaitu :
  14. 14. 1. generalisasi adalah suatu pola pengembangan paragraf yang bertolak dari sejumlah fakta khusus yang memiliki kemiripan menuju sebuah kesimpulan. Kesimpulan generalisasi didahului dengan penalaran generalisasi. Penalaran generalisasi pun dapat digunakan untuk mengembangkan paragraf. caranya penulis lebih dulu menyajikan sejumlah peristiwa khusus dalam bentuk kalimat.Kemudian pada bagian akhir paragraf itu diakhiri dengan kalimat yang berisi generalisasi dari peristiwa khusus yang telah disebutkan pada bagian awal. Kalimat terakhir biasanya berisi gagasan utama paragraf.
  15. 15. 2. Analogi merupakan pola penyusunan paragraf berupa perbandingan dari dua hal yang mempunyai sifat sama. Pengembangan paragraf secara analogi ini didasarkan adanya anggapan bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi maka akan ada persamaan pula dalam hal yang lain.
  16. 16. 3. Hubungan Kausal Hubungan kausal adalah pola penyusunan paragraf dengan menggunakan beberapa fakta yang mempunyai pola hubungan sebab-akibat.
  17. 17. Contoh Paragraf Induktif : Banyak pedagang kaki lima yang entah bagaimana awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya dengan menjual jenis barang tertentu di sebuah trotoar tertentu. Selanjutnya, tampillah trotoar tersebut sebagai etalase khusus. Bahkan, banyak barang khas trotoar terkenal di Jakarta yang tidak bisa dijumpai di toko-toko resmi. Dari suasana tersebut ternyata banyak trotoar yang akhirnya menjadi terkenal karena penampilanya yang khas.

×