Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Hadiah pahala al qur’an

1.191 visualizaciones

Publicado el

Mayoritas ulama salaf dan Imam madzhab yang tiga (Abu Hanifah, Malik dan Ahmad bin Hanbal), berpendapat bahwa pahala bacaan al-Qur’an bisa sampai kepada mayit.

Publicado en: Educación
  • Sé el primero en comentar

  • Sé el primero en recomendar esto

Hadiah pahala al qur’an

  1. 1. HADIAH PAHALA AL-QUR’AN KEPADA MAYIT MUHAMMAD IDRUS RAMLI
  2. 2. IMAM AL-SYAFI’I Pahala bacaan al- Qur’an, tidak dapat (tidak sampai) dihadiahkan kepada mayit.
  3. 3. MAYORITAS ULAMA Mayoritas ulama salaf dan Imam madzhab yang tiga (Abu Hanifah, Malik dan Ahmad bin Hanbal), berpendapat bahwa pahala bacaan al- Qur’an bisa sampai kepada mayit.
  4. 4. MAYORITAS ULAMA Apabila pahala doa, sedekah, puasa, haji dan memerdekakan budak, bisa dihadiahkan dan sampai kepada mayit, kenapa pahala bacaan al- Qur’an tidak?
  5. 5. MAYORITAS ULAMA Dalil penguat sampainya hadiah pahala bacaan al- Qur’an kepada mayit
  6. 6. MAYORITAS ULAMA Dalil penguat sampainya hadiah pahala bacaan al- Qur’an kepada mayit
  7. 7. MAYORITAS ULAMA Hadits-hadits dan kisah di atas, keskipun lemah, akan tetapi substansi keseluruhannya menunjukkan bahwa pengiriman hadiah pahala bacaan al-Qur’an kepada mayit itu memiliki sumber. Di samping itu, kaum Muslimin di setiap kota ters berkumpul dan membacakan al-Qur’an bagi keluarga mereka yang meninggal tanpa ada ulama yang menolaknya, sehingga hal tersebut menjadi ijma’
  8. 8. PENDIRI WAHABI Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab an-Najdi, pendiri Wahabi, cenderung berpendapat sampainya kiriman hadiah pahala bacaan al- Qur’an kepada mayit dan menganjurkan membaca al- Qur’an di kuburan.
  9. 9. IMAM AL-SYAFI’I DAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KUBURAN  Sebagian kelompok sering memanipulasi dan melakukan distorsi terhadap pandangan Imam al-Syafi’i, tentang tidak sampainya hadiah pahala bacaan al-Qur’an kepada mayit, lalu disimpulkan bahwa:  Imam al-Syafi’i mengharamkan membaca al-Qur’an di kuburan.  Tentu saja, kesimpulan ini salah.
  10. 10. IMAM AL-SYAFI’I Imam al-Syafi’i ditanya tentang hukum membaca al-Qur’an di kuburan: “Tidak apa-apa”.
  11. 11. MADZHAB SYAFI’I DAN HANBALI DAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KUBURAN Ulama Syafi’iyah dan selain mereka menganjurkan membaca al-Qur’an di kuburan, kalau perlu dikhatamkan. Imam Ahmad juga membolehkan.

×