Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Pelajaran Sekolah Sabat ke-1 Triwulan 3 2016

Pelajaran Sekolah Sabat ke-1 Triwulan 3 2016

  • Inicia sesión para ver los comentarios

Pelajaran Sekolah Sabat ke-1 Triwulan 3 2016

  1. 1. Pelajaran 1 untuk 02 Juli 2016 Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
  2. 2. GAMBAR ALLAH “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” (Kejadian 1:27) Manusia tidak diciptakan setara dengan ALLAH, melainkan “menurut gambar-Nya.” Manusia memantulkan gambar Sang Pencipta dalam setiap aspek. GAMBAR Rohani Intelektual Fisik Ulangan 6:5 Hati Jiwa Kekuatan 1 Tesalonika 5:23 Roh Jiwa Tubuh ALLAH Adalah Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Manusia diciptakan‘Ish (pria) dan ‘Ishsah (wanita), dan mereka juga adalah satu: Adam (Kejadian 5:2; 2:23-24).
  3. 3. KEJATUHAN DAN DAMPAKNYA “Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama- sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.” (Kejadian 3:6) Tindakan pelanggaran Adam dan hawa terhadap perintah ALLAH memiliki dampak yang segera, yaitu: 3:7. Mereka kini menyadari bahwa mereka telanjang dan mencoba memperbaiki masalah mereka tanpa meminta pertolongan ALLAH 3:8-10. Mereka bersembunyi karena mereka takut bertemu dengan ALLAH, Pencipta mereka. 3:12-13. Mereka kini saling menyalahkan dan secara tidak langsung menyalahkan ALLAH. 3:16. Wanita akan sakit ketika bersalin. Ada perubahan- perubahan dalam hubungan antara pria dan wanita 3:17-19. Alam berubah. Para pria akan akan bekerja dengan berpeluh. Manusia akan mengalami kematian.
  4. 4. PERSETERUAN DAN PENDAMAIAN “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” (Kejadian 3:15) “Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.” (Ibrani 2:17) Dosa menciptakan perseteruan antara ALLAH dengan manusia. Namunpun demikian, ALLAH mengalihkan perseteruan itu terhadap Setan dan Ia menyediakan sebuah jalan kepada keselamatan bagi umat manusia: Pendamaian. YESUS mendamaikan dan menebus dosa setiap umat manusia. Itulah rencana ALLAH untuk memulihkan apa yang telah dihancurkan oleh dosa. YESUS menderita hukuman atas tuntutan dosa. Persyaratan hukumpun terpenuhi. Dosa kita diampuni melalui pengakuan dan pertobatan. “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” (1 Yohanes 1:9)
  5. 5. “Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan.” (Kolose 1:15) “KRISTUS Adalah Gambar ALLAH Yang tidak kelihatan, karena mereka adalah sama dalam tabiat, sifat dan kesempurnaan. […] Adam dan Hawa pada awalnya diciptakan dalam gambar tersebut, dan tujuan rencana keselamatan adalah memulihkannya pada diri umat manusia.” (SDA Bible Commentary). “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”(2 Korintus 3:18) KRISTUS harus “dibentuk” dalam diri kita untuk memulihkan gambar ALLAH tersebut (Galatians 4:19). Pemulihan itu akan sempurna pada saat kedatangan-Nya kali ke-2, tetapi kita dapat diubahkan sedikit demi sedikit kepada gambar-Ny sejak saat ini. PEMULIHAN DI DALAM YESUS
  6. 6. E.G.W. (The Ministry of Healing, cp. 43, pg. 504)
  7. 7. “yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.” (1 Petrus 1:2) Terhadap hak istimewa yang ALLAH tawarkan itu, yang manakah tanggungjawab yang dapat kita emban? Sama halnya dengan teman-teman orang yang lumpuh yang diturunkan melalui atap tersebut (Markus 2:1-12), Gereja ALLAH dipanggil untuk bermitra dengan KRISTUS dalam menggerakkan orang-orang agar dapat dipulihkan dalam Gambar ALLAH secara fisik, mental dan rohani. Secara singkat, misi gereja ALLAH adalah agar orang-orang “mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan” (Yohanes 10:10). PERAN GEREJA DALAM RENCANA PEMULIHAN BAGI UMAT MANUSIA
  8. 8. E.G.W. (This Day With God, February 12)

×