Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Demokrasi pancasila ppt

18.576 visualizaciones

Publicado el

tentang demokrasi panca sila

Publicado en: Educación
  • Sé el primero en comentar

Demokrasi pancasila ppt

  1. 1. DEMOKRASI PANCA SILA Nama : Dedi firmanto NPM: 134210258 Fakultas pertanian Universitas Islam Riau PEKANBARU, 13 Desember 2013
  2. 2. Demokrasi Demokrasi berarti “pemerintahan rakyat” atau menurut asal kata dari bahas Yunani; demos = rakyat, cratos = kekuasaan/berkuasa, berarti “Rakyat Berkuasa”. Menurut Mac Pherson dalam bukunya “The Real world of Democracy”, bahwa pemerintah rayat adalah suatu pemerintahan rakyat adalah suatu pemerintahan dimana rakyat memegang peranan yang menentukan atau dalam pengertian ini rakyat berfungsi ssbagai subjek yang berperan, bukan sebagai objek.
  3. 3. Demokrasi sesungguhnya adalah: Seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan, tapi juga mencangkup seperangkat praktek dan prosedur yang terbentuk melalui sejarah panjang dan berliku-liku.
  4. 4. Secara umum Demokrasi mengandung nilai-nilai sebagai berikut : Pengakuan bahwa didalam masyarakat terdapat perbedaanperbedaaan pendapat dan kepentingan 2. Bahwa perlu di temukan cara-cara penyelesaian terhadap kepentingan-kepentingan yang saling bertentangan, dengan cara damai. 3. Bahwa perlu ditemukan cara-cara pergantian pimpinan dalam masyarakat tanpa melaluiatai menimbulkan banyak gejolak. 4. bahwa cara-cara penyelesaian tersebut harus dilakukan secara tertib dan adil, bilamana hanya dapat dicapai melalui Hukum 1.
  5. 5. Beberapa soko Guru Demokrasi (Universal) : Kedaulatan rakyat 2. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah. 3. Kekuasaan mayoritas 4. Hak-hak minoritas 5. Jaminan hak-hak asasi manusia 6. Pemilihan yang bebas dan jujur 7. Persamaan didepan hukum 8. proses hukum yang wajar 9. Pembatasan pemerintah secara konstitusional 10. nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerjasama dan mufakat. 1.
  6. 6. DEMOKRASI INDONESIA Demokrsi untuk masyarakat dan bangsa indonesia mempunyai makna “keterpaduan” individu dengan masyarakat secara dinamis sebagai memanusiakan masyarakat dan memasyarakatkn manusia (Humanization of the people and the person). Dengan demikian Demokrasi indonesia mengandung arti disamping nilai umum, dituntut nilai-nilai yang khusus ialah nilai-nilai yang memberikan pedoman tingkah laku manusia indonesia dalam hubunganya dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama Manusia, Tanah air dan Negara kesatuan Republik Indonesia, pemerintah dan Masyarakat, usaha dan krida manusia dalam mengolah lingkungan hidup.
  7. 7. HAKEKAT DEMOKRASI INDONESIA Demokrasi menurut bangsa indonesia adalah kedaulatan adat di tangan rakyat. Pengertian lain dari Demokrasi indonesia adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanan dalam permusyawaratkan/perwakilan, yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan beradab, Persatuan indonesia dan bertujuan untuk mewujudkan Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia
  8. 8. Arti demokrasi indonesia Demokrasi indonesia adalah demokrasi atau kedaulatan rakyat yang didasari dan dijiwai oleh segenap sila Pancasila secara integratif . 2. Demokrasi indoensia adalah demokrasi yang berdasarkan kekeluargaan dan kegotong royongan yang ditujukan kepada kesejahtraan rakyat. 3. Dalam Demokrasi indonesia sistem pengorganisasian negara dilakukan oleh rakyat sendiri atau dengan persetujuan rakyat, dan keluhuran manusia sebagai makhlik Tuhan dalam bidang politik, ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan, diakui, ditata, dan dijamin atas dasar gagasan negara Pancasila 4. Dalam Demokrasi indonesia kebebasan inndividu tidak bersifat mutlak, tetapi harus diselaraskan dengan tanggung jawab sosial. 1.
  9. 9. 5. Dalam Demokrasi indonesia keuniversalan cita-cita demokrasi di padukan dengan cita-cita hidup bangsa indonesia yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan. Dengan demikan dalam sistem dan mekanisme Demokrasi Indoensia tidak akan terjadi “Dominasi Mayoritas” dan “Tirani Minoritas”. Sebab konsep mayoritas dan minoritas tidak selaras dengn semangat kekeluargaan
  10. 10. BEBERAPA ASPEK –ASPEK DEMOKRASI INDONESIA 1. 2. 3. 4. 5. 6. Aspek formal Aspek Mateil Aspek Normatif Aspek Opatatif Aspek Demokrasi Aspek Kejiwaan
  11. 11. POKOK-POKOK DEMOKRASI INDOESIA Demokrasi pancasila adalah suatu demokrasi, sehingga untuk dapat memahami demokrasi pancasila kita harus menelusuri UUD 1945 dengan aspek-aspek Demokrasi (yang pokok) sebagai tolok ukurnya.
  12. 12. Sekian dan terima kasih

×