Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Pemberdayaan ppt

8.928 visualizaciones

Publicado el

kebidanan kesehatan masyarakat

Publicado en: Educación

Pemberdayaan ppt

  1. 1. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENDUKUNG UPAYA-UPAYA KESEHATAN IBU DAN ANAK
  2. 2. Kelompok 2 1. Rahayu Pratiwi (1302200004) 2. Eva Kurniawati (1302200010) 3. Hanifah Hilmy (1302200016) 4. Arini Id Argesy (1302200017) 5. Indah Fathmawati (1302200018) 6. Enggal Putri N (1302200022) 7. Ima Rahmawati (1302200027) 8. Rani Kartika (1302200030) 9. Yunita Heryanti (1302200035) 10.Dewi Ihvi Mahmudah (1302200038)
  3. 3. Pengertian Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan masyarakat (kemandirian masyarakat) adalah kegiatan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Sasaran adalah pelaku pemberdayaan masyarakat. Menurut depkes RI (2007), pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan adalah upaya menumbuhkan kesadaran, kemauan, kemampuan untuk hidup sehat, di sertai dengan pengembangan iklim yang mendukung. Upaya tersebut dilakukan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat sesuai dengan keadaan, masalah, dan potensi setempat.
  4. 4. Tujuan Pemberdayaan Masyarakat Tujuan umum : Peningkatan kemandirian masyarakat dan keluarga dalam bidang kesehatan membuat masyarakat dapat member andil dalam meningkatkan derajat kesehatanya Tujuan Khusus: 1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam bidang kesehatan 2. Meningkatnya kemampuan masyarakat dalam pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatanya sendiri 3. Masyarakat mampu mengenali, memelihara, melindungi, dan meningkatkan kualitas kesehatanya, termasuk jika sakit, dapat memperoleh pelayanan kesehatan tanpamengalami kesulitan dalam pembiayaanya.
  5. 5. Ruang Lingkup Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan masyarakat yang berpusat pada manusia(people centered development) melandasi pengelolaan sumber daya lokal yang merupakan mekanisme perencanaan yang menekankan pada teknologi pembelajaran sosial dan strategi perumusan program. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan masayarakat dalam mengaktualisasi dirinya.
  6. 6. Sasaran dan pelaku pemberdayaan masyarakat Sasaran pemberdayaan masyarakat ditujukan kepada 1. Perorangan 2. Keluarga 3. masyarakat umum
  7. 7. Prinsip Pemberdayaan Masyarakat 1. Menumbuh kembangkan potensi masyarakat 2. Menumbuhkan dan atau mengembangkan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan. 3. Mengembangkan semangat kegiatan kegotong-royongan dalam pembangunan kesehatan. 4. Bekerja bersama dengan masyarakat 5. Penyerahan pengambilan keputusan kepada masyarakat. 6. Menggalang kemitraan dengan LSM dan organisasi kemasyarakatan yang ada di masyarakat. 7. Promosi, pendidikan, dan pelatihan dengan sebanyak mungkin menggunakan dan memanfaatkan potensi setempat. 8. Upaya dilakukan secara kemitraan dengan berbagai pihak. 9. Desentralisi (sesuai dengan keadaan dan budaya setempat).
  8. 8. Ciri-Ciri Pemberdayaan Masyarakat Apabila di dalam suatu masyarakat memiliki : 1. Tokoh-tokoh masyarakat 2. Organisasi kemasyarakatan 3. Dana masyarakat 4. Sarana dan material 5. Pengetahuan masyarakat 6. Teknologi 7. Pengambilan keputusan
  9. 9. Bentuk Pemberdayaan Masyarakat 1. Pemberdayaan pimpinan masyarakat 2. Pengembangan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat 3. Pemberdayaan pendanaan masyarakat 4. Pemberdayaan sarana masyarakat 5. Peningkatan pengetahuan masyarakat 6. Pengembangan teknologi tepat guna 7. Peningkatan manajemen atau proses pengambilan keputusan
  10. 10. Strategi Pemberdayaan Masyarakat • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan • Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah • Mengembangkan berbagai cara untuk menggali dan memanfaat kan sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat untuk pembangunan kesehatan • Mengambangkan berbagai bentuk kegiatan pembangunan kesehatan yang sesuai dengan kultur budaya masyarakat setempat • Mengembangkan manajemen sumberdaya yang dimiliki masyarakat secara terbuka (transparan)
  11. 11. Langkah-langkah Pemberdayaan Masyarakat • Mengidentifikasi masalah, penyebab masalah, dan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah. • Mendiagnosis masalah dan merumuskan alternative pemecahan masalah dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki • Menetapkan alternatif pemecahan masalah yang layak, merencanakan, dan melaksanakanya. • Memantau, mengevaluasi, dan membina kelestarian upaya-upaya yang telah dilakukan.
  12. 12. Untuk melaksanakan fasilitasi atau pendampingan dapat dipergunakan metode Participatory Rural Apprasial (PRA). Dalam menyusun perencanaan dengan PRA , proses yang sering dipergunakan adalah sebagai berikut : 1. Survei Mawas Diri (SMD) 2. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)
  13. 13. Indikator Keberhasilan Pemberdayaan Masyarakat • Indikator input meliputi SDM yang berperan , jumlah dan sumber dana yang digunakan , barang, alat, obat, dan sarana lain yang digunakan. • Indikator proses merupakan jumlah dan jenis kegiatan yang dilakukan • Indikator output meliputi peningkatan jumlah pimpinan, jumlah individu,peningkatkan, dsb

×