Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Manajemen dalam suatu industri

201 visualizaciones

Publicado el

Pengorganisasian dari suatu komunitas tersebut diperlukan sistem manajemen. Di mana sistem tersebut harus dapat menyatukan elemen-elemennya agar dapat berjalan dengan baik.

Publicado en: Ingeniería
  • Sé el primero en comentar

  • Sé el primero en recomendar esto

Manajemen dalam suatu industri

  1. 1. Nama : Ibnu Khoirul Fajar NRP : 2112100508 Manajemen Dalam Suatu Industri Dalam suatu industri khususnya industri besar merupakan suatu komunitas yang perlu diatur kinerjanya agar dapat berjalan dengan baik sehingga sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Contoh suatu industri kimia dengan skala besar, banyaknya peralatan dengan ukuran yang besar, dengan demikian tentunya diperlukan operator yang mengoperasikan peralatan-peralatan tersebut, oleh karenanya diperlukan adanya pengorganisasian yang baik dalam sistem tersebut. Manajemen Berdasarkan Sumber Daya Manusia Pengorganisasian dari suatu komunitas tersebut diperlukan sistem manajemen. Di mana sistem tersebut harus dapat menyatukan elemen-elemennya agar dapat berjalan dengan baik. Secara garis besar terdapat enam elemen sistem yang perlu diatur yaitu: 1. Manusia 2. Material 3. Metode 4. Mesin 5. Market 6. Lingkungan Keenam elemen sistem tersebut (M5L) yang saling mendukung agar dapat tercapai tujuan dari organisasi tersebut, sebagaimana yang dapat digambar dalam bentuk diagram tulang ikan (fish-bone) . Sistem manajemen yang baik sebagaimana yang digambarkan pada gambar di bawah, harus dapat menyatukan sekumpulan karyawan (manusia) yang bekerja secara kontinu pada suatu industri, yang dapat mengubah material agar dapat mempunyai nilai lebih, dengan menggunakan peralatan (mesin) dengan metode tertentu, di mana jumlah dari produksi material tersebut tergantung dari kebutuhan konsumen atau pasar (market) dan juga harus memperhatikan faktor lingkungan baik secara mikro maupun makro.
  2. 2. Nama : Ibnu Khoirul Fajar NRP : 2112100508 Di antara elemen-elemen dalam sistem tersebut, yang mempunyai peran yang cukup besar adalah manusianya, di mana dalam era sekarang ini, manusia merupakan salah satu bagian dari sumber daya, yang selanjutnya disebut dengan sumber daya manusia (sdm). Kolektivitas manusia dalam suatu organisasi mempunyai kemampuan (skill), pengetahuan (knowledge), pengalaman (experience) yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut, organisasi dalam suatu industri (perusahaan)dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: manajemen puncak, manajemen menengah dan manajemen pelaksana.  Manajemen puncak Dalam sistem organisasi, manajemen puncak merupakan manajemen tertinggi, di mana orang-orang yang duduk pada posisi ini mempunyai tugas yang cukup berat karena harus memutuskan hal-hal penting dan mengatur yang menyangkut kelangsungan hidup dan keberhasilan dari organisasi atau perusahaan tersebut. Orang yang duduk pada manajemen puncak ini biasanya disebut dengan direktur dan juga pemilik modal dalam perusahaan, atau yang tergabung dalam bentuk dewan (dewan direksi, dewan komisaris). Dewan Direksi dapat terdiri dari Direktur Utama,Direktur Keuangan dan Umum serta Direktur Produksi dan Teknik.  Manajemen menengah Manajemen ini terdiri dari pimpinan-pimpinan pabrik (dalam suatu industri, misalnya industri petrokimia, industri pupuk dapat terdiri lebih dari satu pabrik), atau kepala-kepala divisi. Tugas dari bagian ini adalah mengembangkan dan menjalankan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh manajemen puncak.  Manajemen pelaksana Pada tingkat ini, terdiri dari personil yang melaksanakan tugas yang telah dikembangkan oleh manajemen menengah dan bertanggung jawab kepadanya.
  3. 3. Nama : Ibnu Khoirul Fajar NRP : 2112100508 Berdasarkan keterangan tersebut, maka semakin tinggi tingkat manajemennya akan diduduki oleh semakin sedikit jumlah personilnya, sebaliknya demikian pula sebaliknya tingkat manajemen pelaksana terdiri dari jumlah personil yang cukup banyak, hal ini digambarkan dalam bentuk piramida dengan kerucut di atas, sebagaimana gambar di bawah ini. Sebaliknya, untuk tugas dan tanggung jawab, semakin tinggi tingkat manajemen, maka dia mempunyai tugas dan tanggung jawab yang lebih tinggi, hal ini digambarkan dalam bentuk piramida terbalik dengan kerucut di bawah.

×