Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.
PRINSIP
PRINSIP
UMUM
BELAJAR
Menurut Witheringson (1952 h.165)
“ belajar merupakan sebuah proses
dalam kepribadan yang
dimanifestasikan sebagai pola- p...
prinsip- prinsip umum
belajar :
a. perhatian dan motivasi
b.keaktifan
c. keterlibatan langsung /
berpengalaman,
LANJUTAN…
d. pengulangan,
e.tantangan,
f. balikan dan penguatan,
g. perbedaan individual
A. Perhatian dan Motivasi
Untuk membuat siswa nyaman
dalam menangkap pelajaran, guru
harus memberikan perhatian
kepada sis...
LANJUTAN….
Disamping perhatian, motivasi juga mempunyai
peranan penting dalam kegiatan belajar
mengajar. Motivasi adalah t...
B. Keaktifan
Thomdike mengemukakan keaktifan siswa
dalam belajar dengan hukum “low of
exercise”-nya yang menyatakan bahwa
...
C. Kerterlibatan Langsung
Belajar haruslah dilakukan sendiri oleh siswa atau
peserta didik, belajar juga harus mengalami, ...
E. Tantangan
Dalam belajar dapat terjadi hambatanhambatan. Proses kegiatan belajar
tidak selalu lancar, adakalanya terjadi...
G. Balikan dan Penguatan
Siswa selalu membutuhkan suatu
kepastian sari kegiatan yang
dilakukannya. Hal itu timbul karena
k...
H. Perbedaan Individual
Setiap siswa merupakan seorang individu
adalah individual yang unik. Perbedaan pada
setiap individ...
Implikasi prinsip- prinsip umum
belajar bagi siswa ;
1. Perhatian dan Motivasi
Siswa dituntut untuk
memberikan perhatian t...
2. Keaktifan
Penerapan prinsip terhadap siswa adalah berwujud
peilaku siswa yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besa...
4. Pengulangan
Implikasi adanya prinsip pengulangan bagi siswa adalah
kesadaran siswa untuk bersedia mengerjakan latihan- ...
6. Balikan dan Penguatan
Bentuk- bentuk perilaku ang merupakan implikasi dari
balikan dan penguatan yaitu saat siswa seger...
Implikasi Prinsip- Prinsip Belajar bagi Guru
Guru adalah orang kedua dalam proses belajar tetapi hal tersebut
juga tidak d...
2. Keaktifan
Untuk dapat menimbulkan keaktifan belajar pada diri siswa,
maka guru dapat melaksanakan sebagi berikut;
a. Me...
4. Pengulangan

Perilaku guru yang merupakan impliksi prinsip
pengulangan antara lain;
a. Merancang pelaksanaan pengulanga...
5. Tantangan
Implikasi dari prinsip tantangan diantaranya;
a. Memberikan tugas pada siswa memecahkan masalah yang
membutuh...
7. Perbedaan Individual
Implikasi prinsip perbedaan individu bagi seorang guru adalah sebagi

berikut;
Menentukan penggun...
power point prinsip-prinsip belajar (nucha ahyar )
power point prinsip-prinsip belajar (nucha ahyar )
Próxima SlideShare
Cargando en…5
×

power point prinsip-prinsip belajar (nucha ahyar )

7.075 visualizaciones

Publicado el

  • I have done a couple of papers through ⇒⇒⇒WRITE-MY-PAPER.net ⇐⇐⇐ they have always been great! They are always in touch with you to let you know the status of paper and always meet the deadline!
       Responder 
    ¿Estás seguro?    No
    Tu mensaje aparecerá aquí
  • Sex in your area is here: ❶❶❶ http://bit.ly/39pMlLF ❶❶❶
       Responder 
    ¿Estás seguro?    No
    Tu mensaje aparecerá aquí
  • Dating for everyone is here: ❶❶❶ http://bit.ly/39pMlLF ❶❶❶
       Responder 
    ¿Estás seguro?    No
    Tu mensaje aparecerá aquí

power point prinsip-prinsip belajar (nucha ahyar )

  1. 1. PRINSIP PRINSIP UMUM BELAJAR
  2. 2. Menurut Witheringson (1952 h.165) “ belajar merupakan sebuah proses dalam kepribadan yang dimanifestasikan sebagai pola- pola responsyang baru yang berbentuk keterampian sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”
  3. 3. prinsip- prinsip umum belajar : a. perhatian dan motivasi b.keaktifan c. keterlibatan langsung / berpengalaman,
  4. 4. LANJUTAN… d. pengulangan, e.tantangan, f. balikan dan penguatan, g. perbedaan individual
  5. 5. A. Perhatian dan Motivasi Untuk membuat siswa nyaman dalam menangkap pelajaran, guru harus memberikan perhatian kepada siswa. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul dalam diri siswa apabila bahan pelajaran yang mereka menyukainya.
  6. 6. LANJUTAN…. Disamping perhatian, motivasi juga mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Motivasi adalah tenaga yang menggerakan dan mengarahkan aktivitas seseorang. Motivasi juga merupakan tujuan dan sebagai alat dalam pembelajaran.
  7. 7. B. Keaktifan Thomdike mengemukakan keaktifan siswa dalam belajar dengan hukum “low of exercise”-nya yang menyatakan bahwa belajar memerlukan adanya latihan- latihan. Mc Keachie berkenaan dengan prinsip keaktifan mengemukakan bahwa individu merupakan “ manusia belajar yang aktif selalu ingin tahu, social”
  8. 8. C. Kerterlibatan Langsung Belajar haruslah dilakukan sendiri oleh siswa atau peserta didik, belajar juga harus mengalami, dan belajar tidak bsa dilimpahkan kepada orang lain. D. Pengulangan Prinsip belajar yang menekankan perlunya pengulangan. Menurut teori ini belajar adalah melatih daya- daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamat, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, berpikir, dan sebagainya.
  9. 9. E. Tantangan Dalam belajar dapat terjadi hambatanhambatan. Proses kegiatan belajar tidak selalu lancar, adakalanya terjadi kelambatan atau perhentian. Kelambatan atau perhentian ini dapat terjadi karena belum adanya penyesuaian individu dengan tugasnya, adanya hambatan dari lingkungan, ketidak cocokan potensi yang dimiliki individu, kurangnya motivasi adanya kekelahan atau kejenuhan belajar.
  10. 10. G. Balikan dan Penguatan Siswa selalu membutuhkan suatu kepastian sari kegiatan yang dilakukannya. Hal itu timbul karena kesadran akan kebutuhan untuk memperoleh imbal balik sekaligus alasanpenguatan bagi setiap kegiatan yang dilakukan
  11. 11. H. Perbedaan Individual Setiap siswa merupakan seorang individu adalah individual yang unik. Perbedaan pada setiap individu mempengruhi pada cara mereka belajar dan hasil belajar mereka. Dan untuk mengajarkan kepada siswa yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dapat digunakan metode belajar mengajar yang bervariasi.
  12. 12. Implikasi prinsip- prinsip umum belajar bagi siswa ; 1. Perhatian dan Motivasi Siswa dituntut untuk memberikan perhatian terhadap rangsangan yang mengarah pada tujuan belajar dan pembelajaran. Ex : mendengarkan ceramah guru kemudian para siswa diminta untuk mengulas kembali apa yang telah diceramahkan oleh gurunya tersebut.
  13. 13. 2. Keaktifan Penerapan prinsip terhadap siswa adalah berwujud peilaku siswa yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap suatu materi. Ex : Dengan membuat kliping, membuat karya tulis, membuat penelitian tentang apa yang ingin mereka ketahui. 3. Keterlibatan langsung / Pengalaman Hal apapun yang dipelajari oleh siswa, siswa harus mempelajarinya sendiri. Ex : Siswa ikut dalam pembuatan lapangan voli, siswa melakukan reaksi kimia pada saat pelajaran IPA, siswa membacakan pusi didepan kelas, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  14. 14. 4. Pengulangan Implikasi adanya prinsip pengulangan bagi siswa adalah kesadaran siswa untuk bersedia mengerjakan latihan- latihan yang berulang dalam satu macam permasalahan dalam belajar. Ex : Menghafal juz ama, menghafal nama latin dari tumbuhan mengerjakan latihan soal. 5. Tantangan Prinsip bealajar ini sesuai dengan pernyataan bahwa apabila siswa diberikan tanggung jawab untuk mempelajari sendiri, maka ia lebih termotivasi untuk belajar, ia akan belajar dan mengingat secara lebih baik. Ex : Melakaukan eksperimen, melakukan tugas mandiri, atau mencari tahu untuk memecahkan suatu masalah.
  15. 15. 6. Balikan dan Penguatan Bentuk- bentuk perilaku ang merupakan implikasi dari balikan dan penguatan yaitu saat siswa segera mencocokan jawaban kunci jawaban, dan menrima kenyataan terhadap skor atau nilai yang mereka dapatkan, atau menerima teguran dari orangtua atu dari guru karena hasilnya yang jelek. 7. Perbedaan Individual Kesadaran siswa akan perbedaan dirinya degan oranglain, akan membantu siswa menentukan cara belajr mereka sendiri dan sasaran yang ingin mereka capai. Implikasi adanya prinsip perbedaan individual adalah menentukan tempat duduk di kelas, menyusun jadwal belajar.
  16. 16. Implikasi Prinsip- Prinsip Belajar bagi Guru Guru adalah orang kedua dalam proses belajar tetapi hal tersebut juga tidak dapat terlepas dari prinsip- prinsip belajar. Implikasi prinsipprinsip belajar bagi guru terwujud dalam perilaku psikis dan fisik 1. Perhatian Dan Motivasi Implikasi prinsip perhatian bagi guru tertampak pada perilaku sebagi berikut;  Guru menggunakan metode yang bervariasi Guru menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton. Sedangkan implikasi prinsip motivasi bagi guru tertampak pada perilaku- perilaku yang diantaranya; Memilih bahan ajar yang sesuai minat siswa. Menggunakan metode dan teknik mengajar yang disukai siswa.
  17. 17. 2. Keaktifan Untuk dapat menimbulkan keaktifan belajar pada diri siswa, maka guru dapat melaksanakan sebagi berikut; a. Menggunakan multimetode dan multimedia, b. Memberikan tugas secara kelompok maupun secara individu c. Mengadakan Tanya jawab dan diskusi. 3. Keterlibatan langsung/ berpengalaman Guru harus menyadari bahwa dalam keaktifan membutuhkan keterlibatan langsung siswa, tanpa melimpahkannya terhadap orang lain. Berikut implikasi prinsip keterlibatan langsung/ berpengalaman adalah sebagai berikut; a. Mementingkan eksperimen langsung oleh siswa daripada demonstrasi. b. Menggunakan media yang langsung digunaan oleh siswa.
  18. 18. 4. Pengulangan Perilaku guru yang merupakan impliksi prinsip pengulangan antara lain; a. Merancang pelaksanaan pengulangan. b. Mengembangkan/ merumuskan soal- soal latihan. c. Membuat kegiatan pengulangan yang bervariasi.
  19. 19. 5. Tantangan Implikasi dari prinsip tantangan diantaranya; a. Memberikan tugas pada siswa memecahkan masalah yang membutuhkan informasi dari orang lain diluar sekolah sebagai informasi. b. Menugaskan kepada siswa untuk menyimpulkan isi pelajaran yang sudah selesai disajikan 6. Balikan dan Penguatan Implikasi dari prinsip balikan dan penguatan bagi pendidik atau seorang guru adalah; a. Memberitahukan jawaban yang benar dari pertanyaan yang diberikan pada siswa yang sudah dijawab baik benar maupun salah. b. Memberikan lembar jawaban siswa yang telah dikoresi oleh guru, disertai nilai dan catatan unutk pembelajaran.
  20. 20. 7. Perbedaan Individual Implikasi prinsip perbedaan individu bagi seorang guru adalah sebagi berikut; Menentukan penggunaan berbagai metode yang diharapkan mampu memenuhi apa yang dibutuhkan oleh siswa sesuai dengan karakteristik masing- masing siswa. Mengenali karakteristik siswa dengan mengadakan layanan BK dalam kelas. Memenfaatkan media dalam pembelajaran yang mencakup semua karakter siswa. Menggunakan metode yang bervariasi agar bisa mencakup semua karaakter siswa.

×