Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Kerajinan Khas Daerah dari Bambu

- Don't copy freely -
- Add the source -
- Sorry it is not perfect -

  • Inicia sesión para ver los comentarios

  • Sé el primero en recomendar esto

Kerajinan Khas Daerah dari Bambu

  1. 1. KELOMPOK XII MIA C: 1. EL MEDINA AULIA P. 08 2. ERNINDA PATRIANI 09 3. IRFAN NURRAHMAT 14 4. QUEEN SAFIRA R. 24 KERAJINAN KHAS DAERAH
  2. 2. RISET PASAR Bambu adalah tumbuhan yang sering ditemui di Indonesia. Dengan strukturnya yang kuat sering digunakan bahan utama untuk membuat kerajinan, salah satunya adalah anyaman bambu.
  3. 3. HASIL RISET Setelah melakukan riset pasar, kelompok kami memutuskan untuk menggunakan home industry yang bernama RINEKA KARYA. Home industry terletak di Desa Sukamaju Kaler Kepulauan Parakan Honje. Pemiliknya bernama Ibu Ani Waria dan Bapak Wandan.
  4. 4. PENGEMBANGAN PRODUK Dulu kerajinan bambu hanya memiliki beberapa varian produk seperti tikar, nampan, dinding rumah, kursi dengan warna bambu natural. Namun saat ini telah banyak produk bambu yang berkembang dengan lebih banyak pilihan. Seperti tas, topi, dompet, kap lampu, dll dengan warna yang beragam.
  5. 5. HASIL RANCANGAN Rencananya kami akan membuat tatakan dari bambu.
  6. 6. BAHAN  Bambu  Tali rotan  Lem  Pewarna  Pernis  Bahan pendukung lain tergantung kebutuhan
  7. 7. PERALATAN  Golok  Gergaji  Pisau raut  Gunting  Mesin jahit  Bor listrik
  8. 8. CARA KERJA  Membuang kulit bambu dengan cara dikerik lalu dipotong dan dijemur kemudian dibelah sehingga menjadi bilahan- bilahan kecil  Apabila telah lentur bagian luar, masing-masing diirat menjadi 4 sampai 6 lembar. 1 lembar diirat menjadi 2 lembar.  Hasil irat diikat lalu dijemur. Setelah kering lalu dibagi 2.  Kemudian setengahnya diwarnai, setengahnya lagi diikat natural. Barulah dianyam menjadi tatakan bambu.
  9. 9. PRODUK Tatakan bambu
  10. 10. PEMASARAN Rencananya produk tatakan bambu akan kami titipkan di pasar, dititipkan di toko kerajinan, di jual sendiri secara online. Kami juga menerima pesanan.
  11. 11. EVALUASI Menurut kami, produk tatakan piring dari anyaman ini sudah baik sebagi inovasi baru dari pemanfaatan bambu. Namun, seharusnya produk anyaman ini tidak hanya berhenti pada tatakan saja supaya bisa bersaing dengan produk – produk yang lain.

×