Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Penanganan Limbah Padat IV

  • Sé el primero en comentar

  • Sé el primero en recomendar esto

Penanganan Limbah Padat IV

  1. 1. Standar Kompetensi :Memahami Polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkunganKompetensi Dasar :2.4 Mendeskripsikan cara-cara menangani limbahIndikator :1.Menyebutkan proses pengolahan limbah padat metode Insinerasi2.Menjelaskan proses pengolahan limbah padat dengan metode InsinerasiTujuan Pembelajaran : Setelah mendengarkan penjelasan dari guru Siswa mampu menyebutkan penanganan limbah padat metode insinerasi dengan baik dan benar serta siswa memiliki rasa peduli terhadap lingkungan dan diharapkan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru Siswa mampu menjelaskan pengolahan limbah padat dengan metode insinerasi dengan baik dan benar serta siswa memiliki rasa peduli terhadap lingkungan dan diharapkan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. 2. Untuk mempelajari Modul ini, hal-hal yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut : 1.Baca dan pahami dengan benar tujuan yang terdapat dalam Modul ini, perhatikan materi pokok dan uraian materinya. 2.Bila dalam mempelajari Modul ini mengalami kesulitan diskusikan dengan teman-teman yang lain, bila belum terpecahkan kamu bias menanyakan pada gurumu di kelas. 3.Kerjakan soal evaluasi dengan cermat. Jika Anda menemui kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi, kembalilah mempelajari materi yang terkait. 4.Periksalah hasil penyelesaian tugas tersebut melalui kunci yang tersedia. Bila semua kegiatan dalam Modul dapat diselesaikan dengan baik. Kamu berhak mengikuti tugas akhir Modul yang diselenggarakan gurumu.5.Uraian kegiatan ini harus Kamu taati, agar Kamu lebih cepat berhasil mempelajari modul ini.6. Kirim Jawaban evaluasi ke sarayusika4@gmail.com
  3. 3.  Sampah, seringkali dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu, baik pandangan hingga kesehatan. Ada berbagai macam sampah yang antara lain berupa limbah padat maupun limbah cair. Apa yang dapat kita lakukan? Pertanyaan sederhana, namun memiliki jawaban yang sangat rumit, karena memiliki konsekuensi untuk merubah gaya hidup. Dari pola hidup boros sampah, menjadi gaya hidup ramah lingkungan. Untuk itu, langkah awal adalah mengenali berbagai jenis sampah di lingkungan kita. Kemudian mengklasifikasinya, mana yang masih bisa dipakai mana yang sudah habis pakai dan mana yang masih bisa diolah/didaur ulang. Secara sederhana sampah dalam rumah dapat kita bagi menjadi 3 kategori, yakni : 1.Sampah beracun, seperti batere bekas, bola lampu bekas dan barang-barang yang mengandung zat kimi 2. Sampah padat yang tidak dapat diurai, seperti plastik, botol, kaleng, dsb 3. Barang-barang yang masih dapat diurai oleh tanah seperti sisa sayuran, daun-daun, dsb. Berbagai jenis limbah padat dapat mengalami proses daur ulang menjadi produk baru. Proses daur ulang sangat berguna untuk mengurangi timbunan sampah karena bahan buangan diolah menjadi bahan yang dapat diguankan kembali. Contoh beberpa jenis limbah padat yang dapat didaur ulang adalah kertas, kaca,logam,plastik dan karet.
  4. 4. Kelemahan Bahan-bahan yang dapat didaur ulang dapat dijadikan produk baru yang jenisnya sama atau produk jenis lain. Contohnya kertas biasa didaur ulang menjadi kertas kembali, dll Meskipun daur ulang dangat bermanaat untuk menangani limbah padat, solusi ini masih memiliki kelemahan. Seperti halnya proses produksi lain. Proses daur ulang masih menyisakan polutan sebagai hasil sampingan/sisa proses daur ulang tersebut. Ditambah lagi untuk jenis bahan tertentu proses daur ulang akan memakan biaya dibandngkan produksi dengan bahan mentah.Kendala utama dalam proses daur ulang adalah sulitnya memisahkan bahan-bahan yang akan didaur ulang dari sampah lain. Hal ini terjadi terutama di negara yang pembuangan sampahnya masih bercampur seperti indonesia. Pada sebagian besar negara maju, penduduknya telah menerapkan pemisahan jenis sampah yang akan dibuang. Sampah sisa makanan yang mudah busuk, plastik, kertas dan logam, masing-masing disediakan tempat pembuangan yang terpisah, sehingga memudahkan proses daur ulang. Namun ada juga produk-produk tertentu yang memiliki kandungan berbagai bahan berbeda sehingga hampir tidak mungkin dipisahkan untuk didaur ulang. Misalnya, kemasan produk makanan yang tersusun atas lapisan kertas, plastik, dan alumunium, bahan yang tercampur seperti itu tidak dapat didaur ulang.
  5. 5.  3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle sampai sekarang masih menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah dengan berbagai permasalahannya. Penerapan sistem 3R atau reuse, reduce, dan recycle menjadi salah satu solusi pengelolaan sampah di samping mengolah sampah menjadi kompos atau meanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (PLTSa; Pembangkit Listrik Tenaga Sampah). Justru pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reuse Reduce Recycle) dapat dilaksanakan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. 3R terdiri atas reuse, reduce, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Melakukan 3R (Reuse Reduce Recycle) Setiap Hari. Mengelola sampah dengan sistem 3R (Reuse Reduce Recycle) dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja (setiap hari), di mana saja, dan tanpa biaya. Yang dibutuhkan hanya sedikit waktu dan kepedulian kita. Berikut adalah kegiatan 3R (Reuse Reduce Recycle) yang dapat dilakukan di rumah, sekolah, kantor, ataupun di tempat-tempat umum lainnya.
  6. 6. 1. Pilihlah wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Misalnya, pergunakan serbet dari kain dari pada menggunakan tissu, menggunakan baterai yang dapat di charge kembali.2. Gunakan kembali wadah atau kemasan yang telah kosong untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya. Misalnya botol bekas minuman digunakan kembali menjadi tempat minyak goreng.3. Gunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.4. Gunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.5. Gunakan email (surat elektronik) untuk berkirim surat.6. Jual atau berikan sampah yang terpilah kepada pihak yang memerlukan
  7. 7. 1. Pilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.2. Hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.3. Gunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali).4. Maksimumkan penggunaan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.5. Kurangi penggunaan bahan sekali pakai.6. Gunakan kedua sisi kertas untuk penulisan dan fotokopi.7. Hindari membeli dan memakai barang-barang yang kurang perlu.
  8. 8. 1. Pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.2. Olah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.3. Lakukan pengolahan sampah organic menjadi kompos.4. Lakukan pengolahan sampah non organic menjadi barang yang bermanfaat.
  9. 9. Gambar. Pemisahan dalam pembuangan sampah untuk mempermudah proses daur ulang
  10. 10.  Berbagai jenis limbah padat dapat mengalami proses daur ulang menjadi produk baru. Proses daur ulang sangat berguna untuk mengurangi timbunan sampah karena bahan buangan diolah menjadi bahan yang dapat diguankan kembali. Contoh beberpa jenis limbah padat yang dapat didaur ulang adalah kertas, kaca,logam,plastik dan karet. memiliki kelemahan. Seperti halnya proses produksi lain. Proses daur ulang masih menyisakan polutan sebagai hasil sampingan/sisa proses daur ulang tersebut. Ditambha lagi untuk jenis bahan tertentu proses daur ulang akan memakan biaya dibandngkan produksi dengan bahan mentah.
  11. 11.  http://www.p- wec.com/content/id/go_green/kreasi-mendaur- ulang-sampah.pdf http://recyclecreative.blogspot.com/2011/08/3r- reuse-reduce-dan-recycle-sebagai.html http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9418598 http://akuinginhijau.files.wordpress.com/2008/08/ pembuatan_kertas_daur_ulang.pdf

×