Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Pertemuan 8

473 visualizaciones

Publicado el

  • Sé el primero en comentar

  • Sé el primero en recomendar esto

Pertemuan 8

  1. 1. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK) JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS NEGERI MAKASSARPengantar basis data
  2. 2. Arsitektur DBMS Multi User
  3. 3. Teleprocessing Arsitektur tradisional untuk sistem multi user adalah teleprocessing, dimana satukomputer dengan sebuah CPU dan sejumlah terminal seperti pada gambar di bawah ini.
  4. 4. Arsitektur Teleprocessing
  5. 5. Semua pemrosesan dikerjakan dalam batasan fisikkomputer yang sama. Terminal untuk pemakaiberjenis dumb, yang tidak dapat berfungsi sendiridan masing- masing dihubungkan ke komputer pusat.Terminal-terminal tersebut mengirimkan pesanmelalui subsistem pengontrol komunikasi pada sistemoperasi ke program aplikasi, yang bergantianmenggunakan layanan DBMS.
  6. 6. Dengan cara yang sama, pesan dikembalikan keterminal pemakai. Arsitektur ini menempatkan bebanyang besar pada komputer pusat yang tidak hanyamenjalankan program aplikasi tetapi juga harusmenyelesaikan sejumlah pekerjaan pada terminalseperti format data untuk tampilan di monitor.
  7. 7. File-Server
  8. 8. Proses didistribusikan ke dalam jaringan sejenis LAN(Local Area Network). File server mengendalikan fileyang diperlukan oleh aplikasi dan DBMS. Meskipunaplikasi dan DBMS dijalankan pada masing-masingworkstation tetapi tetap meminta file dari file serverjika diperlukan (perhatikan gambar di halamanberikut ini).
  9. 9. Arsitektur File Server
  10. 10. Dengan cara ini, file server berfungsi sebagai sebuah hard disk yangdigunakansecara bersamaan.Kerugian arsitektur file-server adalah :- Terdapat lalulintas jaringan yang besar- Masing-masing workstation membutuhkan copy DBMS- Kontrol terhadap concurrency, recovery dan integrity menjadi lebihkomplekskarena sejumlah DBMS mengakses file secara bersamaan
  11. 11. 

×