Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Ppt imunisasi

22.004 visualizaciones

Publicado el

Publicado en: Arte y fotografía
  • Sé el primero en comentar

Ppt imunisasi

  1. 1. • Imunisasi adalah usaha untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit infeksi pada bayi, anak dan juga orang dewasa (Indiarti 2008). IMUNISASI Imunisasi adalah suatu cara untuk memberikan kekebalan kepada seseorang secara aktif terhadap penyakit menular (Mansjoer 2000). Imunisasi adalah pemberian vaksin untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu (Theophilus, 2007)
  2. 2. Harus menjadi perhatian, kewajiban orang tua untuk memberi kesempatan kepada anaknya mendapat imunisasi lengkap, , sehingga sasaran Pemerintah agar setiap anak mendapat imunisasi dasar terhadap 6 penyakit utama dapat tercapai.
  3. 3. Pemberian imunisasi pada anak biasanya dikerjakan dengan cara : • imunisasi aktif imunisasi aktif akan memberi kekebalan yang lebih lama. • Imunisasi pasif diberikan hanya dalam keadaan yang sangat mendesak, yaitu bila diduga tubuh akan belum mempunyai kekebalan ketika terinfeksi oleh kuman penyakit yang ganas.
  4. 4. Pemberian imunisasi pada anak biasanya dikerjakan dengan cara : imunisasi aktif : imunisasi aktif akan memberi kekebalan yang lebih lama. Imunisasi pasif: diberikan hanya dalam keadaan yang sangat mendesak, yaitu bila diduga tubuh akan belum mempunyai kekebalan ketika terinfeksi oleh kuman penyakit yang ganas.
  5. 5. Imunisasi ada syarat yang harus diperhatikan yaitu: Diberikan pada bayi atau anak yang sehat, vaksin yang diberikan harus baik, disimpan di lemari es dan belum lewat masa berlakunya, pemberian imunisasi dengan teknik yang tepat, mengetahui jadwal imunisasi dengan melihat umur dan jenis imunisasi yang telah diterima
  6. 6. • Imunisasi Rutin Kegiatan imunisasi rutin adalah kegiatan yang secara rutin dan terus menerus harus dilaksanakan pada periode tertentu yang telah ditetapkan Program Imunisasi
  7. 7. Imunisasi tambahan Yaitu kegiatan imunisasi yang dilakukan atas dasar ditemukannya masalah dari hasil pemantauan atau evaluasi. Kegiatan ini sifatnya tidak rutin, membutuhkan biaya khusus kegiatan dilaksanakan dalam periode tertentu.
  8. 8. Kegiatan kegiatan Imunisasi tambahan untuk penyakit tertentu dalam wilayah yang luas dan waktu yang tertentu Sub PIN Merupakan suatu upaya untuk memutuskan rantai penularan polio bila ditemukan satu kasus diwilayah. PIN : Merupakan suatu upaya yang dilaksanakan serentak secara nasional untuk mempercepat siklus kehidupan virus polio
  9. 9. • Catch Up Campaign Campak Merupakan suatu upaya untuk memutuskan transimi penularan virus campak pada anak sekolah dan balita.
  10. 10. • Status Imun Penjamu • Genetik • Kualitas vaksin Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemberian imunisasi adalah:
  11. 11. Hal-hal Yang Perlu Diingat • Demam yang tidak terlalu tinggi bukan penghalang bagi anak untuk mendapatkan imunisasi. • Diare ringan bukan merupakan halangan untuk mendapatkan imunisasi. • Imunisasi ulangan ( DPT4, DT5, TT, POLIO5, POLIO6, CAMPAK2 dll)
  12. 12. Hal-hal Yang Perlu Diingat Demam : Atasi segera dengan memberikan kepada anak obat turun panas. Ruam Kulit: Ruam disekitar penyuntikan membengkak dan merah. Hepatitis : Ini dapat terjadi bila jarum yang digunakan tidak steril atau telah digunakan berkali kali.
  13. 13. Terimakasih

×