Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

BE & GG, Ivan Setiawan, Prof. Dr. Hapzi ali, CMA, Good Corporate Governance, Universitas Mercubuana, 2017

This paper explains about Good Corporate Governance and Its approachment. on this paper also tells to the other about good and efficient concept for create a good corporate governance.

  • Sé el primero en comentar

  • Sé el primero en recomendar esto

BE & GG, Ivan Setiawan, Prof. Dr. Hapzi ali, CMA, Good Corporate Governance, Universitas Mercubuana, 2017

  1. 1. Good Corporate Governance merupakan sistem yang mengatur dan mengendalikan perusahaan guna menciptakan nilai tambah (value added) untuk semua stakeholder (Monks & Minow, 2011). Good Corporate Governance ini menekankan terhadap dua hal yakni : 1. Pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar, tepat dan sesuai dengan waktunya. 2. Kewajiban perusahaan untuk pengungkapan (disclosure) secara akurat, tepat waktu, transparan, terhadap semua informasi kinerja perusahaan, kepemilikan dan stakeholder. Dari pertimbangan penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat 4 komponen utama yang diperlukan dalam penerapan good corporate governance, yaitu : 1. Fairness Yaitu keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak - hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang – undang yang berlaku. Dalam melaksanakan kegiatanya, perusahaan harus senantiasa memperhatikan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainya berdasarkan asas kesetaraan dan kewajaran. 2. Transparency Yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai perusahan. Perusahaan harus menyediakan informasi yang material dan relevan dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh pemangku kepentingan mengenai struktur dan operasi korporasi. 3. Accountability Yaitu kejelasan fungsi, pelaksanaan, dan tanggung jawab organ sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif. Perusahaan harus dapat mempertanggung jawabkan kinerjanya secara transparan dan wajar. kesetaraan dan kewajaran. 4. Responsibility Yaitu kesesuaian di dalam pengelolahan perusahaan terhadap peraturan perundang - undangan yang berlaku dan prinsip - prinsip korporasi. Tanggung jawab perusahaan tidak hanya
  2. 2. diberikan kepada pemegang saham juga kepada stakeholdertetapi juga kepada pihak – pihak yang berkepntingan lainnya. Keempat komponen tersebut sangat penting dalam mewujudkan Good Corporate Governance karena terbukti dapat meningkatkan kualitas laporan perusahaan dan juga dapat menjadi penghambat aktivitas rekayasa kinerja yang mengakibatkan laporan perusahaan tidak menggambarkan nilai fundamental perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan di Indonesia banyak yang bermasalah dan bahkan tidak mampu lagi meneruskan kegiatan usahanya akibat menjalankan praktek good corporate governance yang buruk. Ini menimbulkan krisis ekonomi di Indonesia yang juga nantinya akan mempengaruhi perekonomian di AS dan dunia. Penerapan GCG di era yang modern ini diharuskan melihat terminology dari konsep manajemen modern itu sendiri. Pengertian modern menunjukan adanya penggantian atas suatu yang sebelumnya merupakan cara mengerjakan sesuatu yang telah disepakati bersama. Oleh karena itu dalam manajemen di era yang modern diperlukan adanya sebuah pendekatan, yaitu pendekatan sistem guna mewujudkan kesuksesan penerapan GCG di perusahaan - perusahaan Indonesia. Pendekatan sistem itu sendiri memandang organisasi/perusahaan sebagai suatu kesatuan sistem yang terdiri dari bagian yang saling berkaitan, sehingga member kemungkinan pimpinan melihat organisasi secara keseluruhan dan sebagai bagian dari lingkungan eksternal yang lebih luas (Serdarmayanti, 2012). DAFTAR PUSTAKA Monks, R. A. G., & Minow, N. (2011). Corporate Governance (5th Edition). Wiley. Sedarmayanti, (2012). Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) dan Good Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan Yang Baik). Bagian Ketiga: Mandar Maju

    Sé el primero en comentar

    Inicia sesión para ver los comentarios

This paper explains about Good Corporate Governance and Its approachment. on this paper also tells to the other about good and efficient concept for create a good corporate governance.

Vistas

Total de vistas

127

En Slideshare

0

De embebidos

0

Número de embebidos

1

Acciones

Descargas

2

Compartidos

0

Comentarios

0

Me gusta

0

×