Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.
Lingkungan Pendidikan
A.Pengertian Pendidikan
Lingkungan adalah segala sesuatu yang mempengaruhi individu.sesuatu yang
mem...
Keluarga dikenal sebagai lingkungan pendidikan yg pertama dan utama.prediket ini
mengindikasikan betapa ensesialnya peran ...
1.masyarakat adalah sebagai penyelenggara pendidikan baik yg dilembagakan maupun yg
tidak dikembangkan.
2.lembaga-lembaga ...
Tugas pp
Próxima SlideShare
Cargando en…5
×

Tugas pp

-

Audiolibros relacionados

Gratis con una prueba de 30 días de Scribd

Ver todo
  • Inicia sesión para ver los comentarios

  • Sé el primero en recomendar esto

Tugas pp

  1. 1. Lingkungan Pendidikan A.Pengertian Pendidikan Lingkungan adalah segala sesuatu yang mempengaruhi individu.sesuatu yang mempengarahui itu mungkin berasal dari dalam diri individu dan mungkin pula berasa daril luar diri individu. Lingkungan bagi seseorang berasal sebagai individu adalah segala sesuatu yang berasal dari dalam dirinya seperti alam fisika dan manusia.individu dapat pula di artikan suatu lembaga pendidikan. Lingkungan dalam bagi sekolah sebagai suatu lembaga adalah segala sesuatu berada dalam kampus sekolah trsbut.lingkungan luar dari sekolah sebagai suatu lembaga adalah keluarga dan masyarakat sekitar. B.Fungsi Pendidikan Fungsi lingkungan tergantung pada jenis lingkungan trsebut.sekolah sebagai suatu pendidikan berfungsi antara lain sebagai berikut: 1.Pusat pendidikan formal. 2.Pusat kebudayaan 3.lembaga sosial Fungsi –fungsi seperti ini merupakan fungsi kedalam (internal),fungsi keluar(eksternal) antara lain berpatisipasi membantu keluarga dan masyarakat dalam hal penyelenggaraan pendidikan informasi dan non formal. Masyarakat sebagai lembaga pendidikan non formal antara lain berfungsi membantu sekolah dan keluarga. C.Jenis-jenis lingkungan A.Keluarga Keluarga merupakan pengelompokan primer yg terdiri dari sejumlah kecil orang yang mempunyai hubungan pertalian darah. keluarga itu dapat berbentuk nukleus family ataupun keluarga yg diperluas yaitu terdiri dari ayah, ibu, anak, paman/tante, kakek/nenek, adik/ipar, pembantu dan lain-lain.
  2. 2. Keluarga dikenal sebagai lingkungan pendidikan yg pertama dan utama.prediket ini mengindikasikan betapa ensesialnya peran dan pengaruh keluarga dalam pembentukkan prilaku dan keperbadian anak .pandangan seperti ini sangat logis dan mudah di pahami karena beberapa alasan: -keluarga merupakan pihak yg paling awal memberikan bnyk perlakuan anak -sebagian besar waktu anak berada pada lingkungan keluarga -karakteristik hubungan orangtua-anak berbeda dari hubungan anak dri pihak-pihak lainya. -interaksi kehidupan orangtua-anak di rumah bersifat asli. B.lingkungan sekolah Lingkungan sekolah merupakan suatu hal yang tidak bisa dipungkiri lagi,karena kemajuan zaman ,perkembangan lingkungan ilmu pengetahuan dan teknologi ,keluarga tidak mungkin dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan aspirasi generasi muda akan pendidikan. Semakin maju suatu mayasrakat ,semakin tinggi pula tuntutan pemenuhan kebutuhan anak akn pendidikan kondisi masyarakat seperti mendorong terjadinnya proses formalisasi lembaga pedidkan yg lazim disebut sistem persekolahan. Tugas sekolah sangat penting dalam menyiapkan anak untuk kehidupan masyarakat. Sekolah bukan semata-mata bukan sebagai konsumen ,tetapi ia juga sebagai produsen dan pemberi jasa yg sangat erat hubungannya dengan pembangunan. demikianlh yg di ha ra pkan mampu melaksanakan fungsi pendidikan secara optimal dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional ,maka pendidikan formal harus berfungsi : -sekolah harus mampu menumbuhkan kembangkan anak sebagai makhluk individu -sekolah melalui teknik pengkajian bidang studi perlu mengembangkan sikap sosial -sekolah harus berfungsi sebagai pembinaan watak anak melalui bidang studi yg relevan -sekolah harus dapat menumbuhkembangkan anak sebgai maklhluk yg relegius -Sekolah berfungsi konservatif ,inovatif, dan selektif -di dalam konteks pembangunan nasional ,pendidikan formal harus menghasilkan tenaga kerja yg berkualitas . C.lingkungan masyarakat Lingkungan masyarakat adalah salah satu lingkungan pendidikan yg besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi seseorang.masyarakat mempunyai peranan yg penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional .kaitannya antara mayarakat dan pendidikan dapat di tinjau dari beberapa segi yakni :
  3. 3. 1.masyarakat adalah sebagai penyelenggara pendidikan baik yg dilembagakan maupun yg tidak dikembangkan. 2.lembaga-lembaga kemayarakatan dan kelompok sosial di masyarakat ,baik langsung maupun tak langsung ikut mempunyai peran dan fungsi edukatif. 3.dalam masyrakat tersedia berbagai sumber belajar baik yg dirancang maupun dimanfaatkan.mem Dari kaitan antra masyarakat dan pendidikan trsebut dapat dilihat peran yg telah disumbangkan dalam rangka tujuan pendidikan nasional yaitu berupa ikut membantu menyelenggarakan pendidikan ,membantu pengadaan biaya,prasrana dan sarana,menyediakan lapangan kerja dan membantu mengembangkan profesi baik langsung maupun tidak langsung.

×