Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Pelajaran sekolah sabat ke 13 triwulan ii 2018

Pelajaran sekolah sabat ke 13 triwulan ii 2018

  • Sé el primero en comentar

Pelajaran sekolah sabat ke 13 triwulan ii 2018

  1. 1. Pelajaran 13 untuk 30 Juni 2018 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org Wahyu 15:3 “Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan- Mu, ya Raja segala bangsa.”
  2. 2. A. Kedatangan kali ke-2 dalam Perjanjian Lama  Suatu Hari Penghakiman  Apa yang tinggal di sini? B. Kedatangan kali ke-2 dalam Perjanjian Baru  Kedatangan kali ke-2 hari ini  Bagaimana YESUS akan datang?  Berpakaian kekekalan Doktrin kembalinya Yesus ke Bumi tidak hanya ditulis dalam Perjanjian Baru. Sebagaimana Paulus dan penulis lain dari Perjanjian Baru, para nabi Perjanjian Lama juga mengumumkan bahwa Allah akan mengakhiri sejarah dunia ini. Inilah yang menjadi “Pengharapan kita yang diberkati” pada zaman ini.
  3. 3. SUATU HARI PENGHAKIMAN “di hadapan TUHAN, sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaan-Nya.” (Mazmur 96:13) Kedatangan kali ke-2 juga disebut “HARI TUHAN” dalam Perjanjian Lama (Yehezkiel 30:3). Ada 2 makna berbeda tentang hari tersebut: Hari “hari kemurkaan TUHAN”; suatu hari kehancuran, kesedihan dan kebingungan. Mereka yang belum siap untuk bertemu Tuhan berteriak ketakutan ketika hari itu tiba (Zef. 2:2; Yes. 13:6) Ini adalah hari pembebasan dan penghargaan. Mereka yang namanya tertulis di kitab kehidupan akan dibebaskan dari penderitaan dan akan tetap aman dari “hari kemurkaan TUHAN” (Daniel 12:1; Zef. 2:3)
  4. 4. APA YANG TINGGAL DI SINI? “Maka dengan sekaligus diremukkannyalah juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas itu, dan semuanya menjadi seperti sekam di tempat pengirikan pada musim panas, lalu angin menghembuskannya, sehingga tidak ada bekas-bekasnya yang ditemukan. Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi.” (Daniel 2:35) Apa yang akan tetap ada di dunia ini setelah kedatangan YESUS kali ke-2? Ketika gandum telah dikumpulkan dan diratakan, ia akan ditampi. Gandum akan tetap dalam alat penampi namun sisanya — sekam — akan terbawa angin. Segala sesuatu di dunia ini akan hancur ketika Yesus datangkembali. Kerajaan Allah adalah sesuatu yang baru dan berbeda. Surga tidak ada hubungannya dengan dunia lama kita. Hanya ada 2 pilihan: 1. Hidup selamanya bersama Yesus 2. Binasa selamanya seperti sekam.
  5. 5. KEDATANGAN KALI KE-2 HARI INI “dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus.” (Titus 2:13) Mereka yang percaya bahwa kita adalah hasil dari kebetulan, sedang meramalkan kehancuran diri mereka sendiri. Namun demikian, Alkitab menjelaskan bahwa Allah yang sama yang menciptakan kita dan menebus kita akan datang kembali untuk memulai masa depan yang mulia dan kekal. Pengharapan itu membentuk kehidupan kita hari ini. Paulus merasa damai di penjara meski kematiannya sudah dekat. Dia yakin bahwa “mahkota kebenaran” telah disiapkan baginya (2 Tim. 4:6-8) Ketika kita berpikir tentang masa depan kita yang gemilang, kesulitan hidup ini akan memudar dan kita dapat menghadapinya dengan penuh pengharapan.
  6. 6. BAGAIMANA YESUS AKAN DATANG? “Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.” (Lukas 21:27) Sebagian orang berbicara tentang Kedatangan kali ke-2 rohani atau pengangkatan rahasia. Namun, Alkitab menjelaskan bahwa Kedatangan Yesus kali ke-2 adalah peristiwa fisik, terlihat dan riuh. Matius 24:30 • Semua bangsa di bumi akan menyaksikan kedatangan Anak Manusia. 1 Tes. 4:16 • TUHAN akan datang dengan gegap gempita dan bunyi sangkakala Matius 26:64 • Kita akan menyaksikan YESUS datang di awan-awan Wahyu 1:7 • Setiap mata akan memandang- Nya. 2 Tes. 1:7-10 • Dia akan dimuliakan di antara orang- orang kudus- Nya. Ia akan menyingkirkan orang jahat dari hadirat- Nya.
  7. 7. Mereka yang mati di dalam Kristus akan dibangkitkan dengan tubuh yang kekal Mereka yang masih hidup akan diubahkan Kita akan diangkat bersama untuk bertemu Yesus di angkasa BERPAKAIKAN KEKEKALAN “Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.” (1 Kor. 15:53) Kebangkitan YESUS adalah jaminan kebangkitan kita (1Kor. 15:21-23). Kita akan dibangkitkan pada saat kedatangan-Nya kali ke-2. Berdasarkan 1 Kor. 15:52 dan 1Tes. 4:16-17, tidak semua umat percaya akan mati dan dibangkitkan, namun semua umat percaya akan berpakaikan tubuh yang kekal.
  8. 8. E.G.W. (The Great Controversy, cp. 40, p. 644-645) “Tetapi semuanya bangkit dengan kesegaran dan tenaga kemudaan kekal. Pada mulanya, manusia diciptakan dalam keserupaan dengan Allah, bukan saja dalam tabiat, tetapi juga dalam bentuk dan roman wajah. Dosa merusakkannya dan hampir melenyapkan citra atau gambaran ilahi itu; tetapi Kristus datang untuk mengembalikan apa yang telah hilang. Ia akan mengubahkan tubuh kita yang hina ini dan membentuknya menjadi serupa dengan tubuh-Nya yang mulia. Semua noda cacad telah ditinggalkan di dalam kubur. Orang benar yang masih hidup "diubahkan dalam sekejap mata." Pada waktu Allah bersuara mereka telah dimuliakan, dan dengan bangkitnya orang-orang kudus mereka diangkat untuk menemui Tuhan mereka di awang-awang. Malaikat-malaikat "mengumpulkan orang-orang pilihan dari keempat penjuru mata angin, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain." Anak-anak kecil dibawa oleh malaikat-malaikat suci keharibaan ibu mereka. Teman-teman yang sudah lama dipisahkan oleh kematian dipersatukan, tidak pernah lagi akan berpisah, dan dengan nyanyian kesukaan naik bersama-sama ke dalam kota Allah.”
  9. 9. “Pekabaran ini adalah positif, sederhana, dan sangat penting. Kita harus bertindak sebagai pria dan wanita yang mempercayainya. Menantikan, berjaga, bekerja, berdoa, mengamarkan kepada dunia — ini adalah pekerjaan kita. Saudara-saudaraku, TUHAN sedang berbicara kepada kita. Akankah kita tidak mengindahkan panggilan-Nya? Haruskah kita tidak mempersiapkan pelita kita, atau bertindak seperti orang yang sedang menantikan tuannya yang segera akan kembali?” E.G.W. (God’s Amazing Grace, December 11)

×