Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Ips kelas xi kk

260 visualizaciones

Publicado el

  • Inicia sesión para ver los comentarios

  • Sé el primero en recomendar esto

Ips kelas xi kk

  1. 1. KEANEKARAGAMAN KELOMPOK SOSIAL DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL DISUSUN OLEH AYU NUR ISNAINI FELIYANA ISTIQOMAH LULUIL JAMILAH NUR INAYAH WIDYA AYU SAPUTRI SMK NEGERI 3 BANJARBARU TAHUN AJARAN 2015/2016
  2. 2. 1. Solidaritas mekanik dan organik Menurut Durkheim solidaritas adalah kebersamaan. a. Solidaritas mekanik adalah solidaritas yang belum mengenal pembagian kerja, yang diutamakan adalah persamaan perilaku dan sikap.
  3. 3. b. Solidaritas organik adalah solidaritas yang sudah mengenal pembagian kerja, sifatnya mengikat sehingga saling ketergantungan hukum yang bukan hukum pidana melainkan hukum perdata, bersifat restutif. Contoh: organisasi kemasyarakatan.
  4. 4. • Menurut Durkheim,kesadaran kolektif yang mendasari ini di abaikan oleh seorang ahli teori seperti Spencer,yaitu melihat dasar fundamental dari keteraturan sosial dalam hubungan yang bersifat kontraktual. Kesadaran kolektif, meliputi cara berpikir dan berperasaan, memberikan peluang terbuka bagi besarnya perbedaan individual yang semakin bertambah.
  5. 5. B. Gemeinschaft dan Gesselchaft 1. Gemeinscahaft Menurut Tonnies adalah kelompok yang bersama yang intim, pribadi, eksklusif, serta keterkaitan yang dibawa sejak lahir. 2. Gesselchaft Menurut Tonnies adalah kelompok yang merupakan kehidupan publik yang sebagai sekumpulan orang yang secara kebetulan hadir bersama, tetapi masing-masing tetap mandiri dan
  6. 6. C. Kelompok primer dan kelompok sekunder 1. Kelompok Primer Kelompok sosial pertama, tempat individu saling mengenal, berintaksi sosial, dan bekerjasama cukup erat. Contoh: Keluarga Sifat dalam kelompok primer bercorak kekeluargaan dan lebih berdasarkan simpati.
  7. 7. 2. Kelompok Sekunder Kelompok sosial kedua, tempat individu-individu berhubungan sosial, yang anggotanya cukup banyak, sehingga merasa kurang saling mengenal, interaksi sosial kurang intensif, hubungan kerjasamanya kurang erat, dan sifatnya tidak langgeng. Contoh: Organisasi ParPol. Berdasarkan derajat interaksinya, ada dua macam sosial yaitu: a. In-group: Kelompok sosial yang oleh individu- individunya mengidentifikasikan dirinya dengan kelompoknya. b. Out-group: Kelompok sosial yang oleh individu- individu diartikan sebagai musuh kelompoknya atau lawan in-group.

×