Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.
SERI KEDEWASAAN KRISTEN:
BERGAUL AKRAB DENGAN
FIRMAN TUHAN
Nats: Mazmur 119 :
Mazmur 119 :1-3
 1Berbahagialah orang-orang yang hidupnya
tidak bercela, yang hidup menurut Taurat
TUHAN.
 2 Berbahagial...
Mazmur 119:24-29
 24 Ya, peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku,
menjadi penasihat-penasihatku.
 25 ¶ Jiwaku melek...
Mazmur 119:43-47
 43 ¶ Janganlah sekali-kali mencabut firman
kebenaran dari mulutku, sebab aku berharap
kepada hukum-huku...
Mazmur 119:97-101
 97 Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku
merenungkannya sepanjang hari.
 98 ¶ Perintah-Mu membuat aku lebih ...
Mazmur 119:105-108
 105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang
bagi jalanku.
 106 ¶ Aku telah bersumpah dan aku aka...
Mazmur 119:114-117
 114 ¶ Engkaulah persembunyianku dan
perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu.
 115 ¶ Menjauhlah dari...
Pertanyaan klasik:
 Bagaimana iman mengubah karakter?
 Jawabannya Iman yang mengubah karakter
itu harus diwujudkan dalam...
Firman Tuhan dan kita
 Kita bisa belajar dari pemazmur dalam
berhubungan dengan firman Tuhan
 Dalam kotbah di pagi ini k...
1.Bagaimana firman Tuhan
seharusnya diperlakukan?
 Menjelang hari reformasi gereja , 31 oktober
,kita gereja-gereja refor...
2. Apa itu Firman Tuhan ?
 Firman Tuhan adalah penyataan akan pribadi Tuhan Allah ,
kisah Allah yang berkarya didunia cip...
3.Bagaimana Firman Tuhan
mengubah kita?
 Ada banyak orang yang pernah membaca alkitab,
tetapi tidak pernah dilahirbarukan...
Janji Allah di Alkitab Perjanjian
lama untuk mengubahkan hati kita
 Ada sebuah nubuatan dari kitab Yeremia 31 :31-34
 31...
Yesus Kristus sang Firman yang
setia dihukum
 Ketika Yesus Kristus sang Firman itu datang kedunia ini, Dia mendapat
pujia...
Próxima SlideShare
Cargando en…5
×

Bergaul dengan firman allah

  • Sé el primero en comentar

Bergaul dengan firman allah

  1. 1. SERI KEDEWASAAN KRISTEN: BERGAUL AKRAB DENGAN FIRMAN TUHAN Nats: Mazmur 119 :
  2. 2. Mazmur 119 :1-3  1Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN.  2 Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati,  3 yang juga tidak melakukan kejahatan, tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan-Nya.
  3. 3. Mazmur 119:24-29  24 Ya, peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku, menjadi penasihat-penasihatku.  25 ¶ Jiwaku melekat kepada debu, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu.  26 ¶ Jalan-jalan hidupku telah aku ceritakan dan Engkau menjawab aku — ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.  27 Buatlah aku mengerti petunjuk titah-titah-Mu, supaya aku merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib.  28 ¶ Jiwaku menangis karena duka hati, teguhkanlah aku sesuai dengan firman-Mu.  29 Jauhkanlah jalan dusta dari padaku, dan karuniakanlah aku Taurat-Mu.
  4. 4. Mazmur 119:43-47  43 ¶ Janganlah sekali-kali mencabut firman kebenaran dari mulutku, sebab aku berharap kepada hukum-hukum-Mu.  44 Aku hendak berpegang pada Taurat-Mu senantiasa, untuk seterusnya dan selamanya.  45 ¶ Aku hendak hidup dalam kelegaan, sebab aku mencari titah-titah-Mu.  46 Aku hendak berbicara tentang peringatan- peringatan-Mu di hadapan raja-raja, dan aku tidak akan mendapat malu.  47 Aku hendak bergemar dalam perintah- perintah-Mu yang kucintai itu.
  5. 5. Mazmur 119:97-101  97 Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari.  98 ¶ Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku, sebab selama- lamanya itu ada padaku.  99 Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.  100 Aku lebih mengerti dari pada orang-orang tua, sebab aku memegang titah-titah-Mu.  101 ¶ Terhadap segala jalan kejahatan aku menahan kakiku, supaya aku berpegang pada firman-Mu.
  6. 6. Mazmur 119:105-108  105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.  106 ¶ Aku telah bersumpah dan aku akan menepatinya, untuk berpegang pada hukum- hukum-Mu yang adil.  107 ¶ Aku sangat tertindas, ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu.  108 ¶ Kiranya persembahan sukarela yang berupa puji-pujian berkenan kepada-Mu, ya TUHAN, dan ajarkanlah hukum-hukum-Mu kepadaku.
  7. 7. Mazmur 119:114-117  114 ¶ Engkaulah persembunyianku dan perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu.  115 ¶ Menjauhlah dari padaku, hai penjahat- penjahat; aku hendak memegang perintah- perintah Allahku.  116 ¶ Topanglah aku sesuai dengan janji-Mu, supaya aku hidup, dan janganlah membuat aku malu dalam pengharapanku.  117 Sokonglah aku, supaya aku selamat; aku hendak bersukacita dalam ketetapan-ketetapan- Mu senantiasa.
  8. 8. Pertanyaan klasik:  Bagaimana iman mengubah karakter?  Jawabannya Iman yang mengubah karakter itu harus diwujudkan dalam sebuah latihan praktek displin kristen.  Salah satu disiplin yang harus diterapkan adalah : bergaul akrab dengan firman Tuhan.
  9. 9. Firman Tuhan dan kita  Kita bisa belajar dari pemazmur dalam berhubungan dengan firman Tuhan  Dalam kotbah di pagi ini kita akan belajar 3 haldari pemazmur :  1. bagaimana firman Tuhan seharusnya diperlakukan ?  2.Apa itu firman Tuhan?  3. Bagaimana firman Tuhan merubah hidup kita?
  10. 10. 1.Bagaimana firman Tuhan seharusnya diperlakukan?  Menjelang hari reformasi gereja , 31 oktober ,kita gereja-gereja reformed diingatkan akan prinsip : sola scriptura.  ..juga dari pemazmur kita bisa melihat bahwa firman Tuhan itu bukan saja dibaca atau dipelajari tapi..  1. Dihormati /berotoritas (band. Mazmur 119:2,43)  2. Dicintai (band.Mzm 119:47)  3. Dijadikan sumber penghiburan dan kekuatan dan pengenalan akan Allah ( Mzm 119:28)
  11. 11. 2. Apa itu Firman Tuhan ?  Firman Tuhan adalah penyataan akan pribadi Tuhan Allah , kisah Allah yang berkarya didunia ciptaannya dan seluruh rencananya .  Apakah firman Tuhan identik dengan Alkitab semata-mata?  Alkitab memuat firman Tuhan, walaupun demikian Alkitab tidak identik dengan firman Tuhan.  Bagi orang Kristen ,Firman Tuhan yang ultimat adalah :Yesus kristus (band.Yoh1 :14-15 ; Ibrani 1:1-2)  Waupun demikian…penemuan akan pribadi Yesus Kristus hanya dapat dialami melalui pergaulan dengan salah satu sumber utama mengenai Yesus yaitu :Alkitab.  Jadi dimana Yesus Kristus (sang Firman) kita jumpai sekarang ? Didalam tubuhnya (yaitu kita sebagai gereja) yang melayani dunia yang mendasarkan persekutuan didalam terang Alkitab.
  12. 12. 3.Bagaimana Firman Tuhan mengubah kita?  Ada banyak orang yang pernah membaca alkitab, tetapi tidak pernah dilahirbarukan, tidak pernah mengecap keselamatan dan pengampunan dosa melalui Yesus Kristus..kenapa?  1. Karena mereka tidak membacanya secara teratur , berurutan,sistematis dan tidak ada yang mengajarkan isi berita alkitab secara tepat kepada mereka ( alih-alih, hanya menjadikan alkitab sebagai buku moral, teologi,dll. Bandingkan Roma 10:14-15)  2.Karena belum mengerti apa yang sudah dilakukan “Sang Firman” untuk mengubah hari manusia.
  13. 13. Janji Allah di Alkitab Perjanjian lama untuk mengubahkan hati kita  Ada sebuah nubuatan dari kitab Yeremia 31 :31-34  31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,  32 bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.  33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat- Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.  34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka.“  Ini adalah sebuah janji dari Allah kepada umatNya (yang keras kepala dan senantiasa memberontak) bahwa suatu kali Firman Tuhan akan ditaati karena Firman Tuhan akan menjadi sesuatu yan gada dihati, sesuatu yang
  14. 14. Yesus Kristus sang Firman yang setia dihukum  Ketika Yesus Kristus sang Firman itu datang kedunia ini, Dia mendapat pujian dan pengagungan dari Allah Bapa ketika dibaptis : “Inilah anakku yang kukasihi kepadanyalah Aku berkenan” Pertanyaannya kenapa Bapa berkenan?Tidak pernah ada oran gyan gdiperlakukan seperti ini sebelumnya oleh Allah  Sederhana., karena Yesus adalah pelaksana kehendak Allah yang sempurna.  Tapi kita tahu sama-sama Bahwa Di kalvari Dia dihukum , disiksa , bahkan mati dalam keadaan ditinggalkan Allah..Kenapa?  Supaya kita umatnya yang tidak taat, yang memberontak dan berdosa seperti kita boleh mendapatkan pengampunan dan perkenanan Bapa. Inilah penggenapan Yeremia 31  Kisah beauty and the beast. Cinderella, dll ..Kenapa laku?(video)  Kita ingin mengalami apa yang dialami oleh tokoh tersebut, dicintai oleh yang “ sempurna “meski kita ini “buruk rupa”.  Injil adalah perwujudan nyata dari semua dongeng ini.. Dia Sudah mencintaimu..  Sadarilah seberapa besar Anda sudah dicintai oleh Allah secara „counter condition”, maka hati Anda akan dipenuhi dengan sukacita untuk mentaati firmannya.

×