Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

X.1 chapter 2

X.1 CHAPTER 2

  • Inicia sesión para ver los comentarios

  • Sé el primero en recomendar esto

X.1 chapter 2

  1. 1. Mata Pelajaran KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi Pengajar : Syaputri Artami S.S.Pd.,S.E X.1 CHAPTER 2
  2. 2. PRATIKUM SISTEM OPERASI DISK OPERATING SYSTEM (DOS) DOS (Disk Operating System) adalah suatu program yang berfungsi untuk mengkonfigurasikan suatu komputer agar dapat menjalankan perintah yang diberikan sebagai masukan. Operating system yang lazim dipergunakan adalah MS DOS, karena selain kapasitasnya yang kacil juga perintah-perintah yang dipergunakan relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan system lainnya.
  3. 3. LANJUTAN Beberapa Fungsi dari Operating system (DOS) adalah: 1. Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer 2. Mengatur Memori 3. Mengatur proses input dan output data 4. Menegement file 5. Management directory
  4. 4. Pengolahan File dan Directory Dalam pengoperasian DOS terdapat Command- command/perintah yang dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu: Internal Command/Perintah Internal Adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus, karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command External Command/Perintah Eksternal Perintah yang memiliki file tersendiri dan tidak lagi ditampung pada file command
  5. 5. PRAKTIKUM Sebelum Lebih jauh tentang perintah- perintah DOS, kita akan belajar bagaimana menjalankan Aplikasi DOS?
  6. 6. Berikut Langkah-langkahnya: 1. Klik Start → Run, lalu ketik CMD pada Kotak Dialog Run
  7. 7. 2. Klik OK atau Tekan Enter 3. Sehingga akan muncul tampilan DOS atau Command Prompt
  8. 8. Perintah COLOR Perintah COLOR Berfungsi untuk mengubah warna dari background dan foreground pada command prompt. Adapun format penulisannya adalah : COLOR [ATTR] Attr : adalah parameter untuk warnanya. Attr terdiri dari 2 nilai hexadecimal, nilai pertama untuk menentukan warna background dan nilai kedua untuk menentukan warna pada foreground.
  9. 9. LANJUTAN
  10. 10. LATIHAN Masukkan perintah COLOR 70
  11. 11. LANJUTAN Tekan ENTER, maka akan menjadi
  12. 12. Perintah TITLE [string] Berfungsi untuk mengganti judul pada title bar tampilan
  13. 13. Perintah VER Untuk menampilkan Sistem Operasi yang kita gunakan
  14. 14. Perintah DATE Berfungsi untuk menampilkan tanggal
  15. 15. Perintah TIME Berfungsi untuk menampilkan Jam
  16. 16. Perintah CLS Berfungsi untuk membersihkan layar.
  17. 17. PERINTAH INTERNAL DOS UNTUK MANAJEMEN FILE Perintah MD Berfungsi untuk membuat Direktory atau Folder.
  18. 18. Perintah CD Berfungsi untuk berpindah dari direktori ke direktori yang lain Perintah di atas berfungsi untuk merpindah dari drive “C:” ke folder PRATIKUM Untuk berpindah dari drive 1 ke drive yang lain, ketikkan nama drivenya, Misal: C: atau D:
  19. 19. Perintah DIR Berfungsi untuk menampilkan isi direktori.
  20. 20. LANJUTAN Dengan mengetikkan DIR pada drive C: berarti kita akan menampilkan isi dari Drive C: seperti terlihat pada gambar. Keterangan <DIR> menunjukkan Folder, misal :
  21. 21. LANJUTAN Perintah DIR memiliki beberapa attribute, penjelasannya sebagai berikut : /A : berfungsi untuk menampilkan file yang memiliki attribute direktori, file tersembunyi, file system, read only file dan archiving file. Singkatnya dengan menambahkan atribut ini maka semua file yang ada dalam direktori akan ditampilkan.
  22. 22. /D : menampilkan file secara horizontal
  23. 23. Perintah START [file] Befungsi menjalankan program atau membuka file yang kita kehendaki.
  24. 24. Perintah COPY [source] [destination] Berfungsi untuk menyalin file dari lokasi satu ke lokasi lain. Perintah di atas menunjukkan bahwa kita mengcopy file PENGUMUMAN.DOCX yang berada pada drive D: ke dalam drive C: dan berhasil yang ditunjukkan dengan informasi 1 file<s> copied.
  25. 25. Perintah DEL [file] Berfungsi untuk menghapus file yang dipilih. Perintah diatas menunjukkan perintah menghapus file dengan nama PENGUMUMAN di drive “D:”
  26. 26. Perintah RD [nama folder] Perintah ini berfungsi untuk menghapus folder atau suatu direktori.
  27. 27. Perintah REN [nama file] [nama file baru] Berfungsi untuk mengganti nama file dengan nama file yang baru.
  28. 28. Perintah EXIT Perintah ini berfungsi untuk keluar dari DOS atau mengakhiri DOS.
  29. 29. SELAMAT BELAJAR... SELESAI

×