Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.

Bab III Karya Tulis Ilmiah Tisu Berbahan Dasar Kulit Jeruk

14.845 visualizaciones

Publicado el

Berisi Jadwal, tempat, alat, bahan, dan agenda penelitian yang telah dilaksanakan.

Publicado en: Educación
  • Inicia sesión para ver los comentarios

Bab III Karya Tulis Ilmiah Tisu Berbahan Dasar Kulit Jeruk

  1. 1. BAB III METODE PENELITIAN A. Waktu dan Tempat Pada tanggal 6 November 2014 sampai dengan tanggal 7 Januari 2015, di Desa Anggrawati dan Desa Banjaran Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. B. Metode Penelitian Tujuan penelitian dalam karya tulis ini adalah untuk mencari bahan baku alternatif pembuatan tissue yang tidak berbahaya bagi kesehatan serta ramah lingkungan, sehingga metode penelitian yang tepat digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif analisis melalui percobaan atau eksperimen tanpa menggunakan pembanding atau kontrol. Menurut (Arikunto, 2010: 239) metode penelitian deskriptif analisis adalah data kuantitatif yang dikumpulkan dalam penelitian korelasional, komparatif atau eksperimen. C. Langkah Penelitian Langkah-langkah penelitian yang penulis tempuh adalah sebagai berikut: 1. Pengumpulan Data Penulis mengumpulkan data dengan melakukan eksperimen. Langkah yang penulis tempuh pada saat melakukan percobaan atau eksperimen dengan prosedur kerja sebagai berikut: Alat: 1) Sarung tangan 2) Panci 3) Oven 12
  2. 2. 13 4) Cobek 5) Kain basah 6) Saringan teh 7) Setrika 8) Alumunium foil Bahan utama 1) 100 gram kulit jeruk 2) 1 bungkus minyak kelapa 3) Air hujan atau akuades 4) Air secukupnya 5) Biji kelor 6) Tepung sagu 7) 50 gram bedak talc 8) Pewarna makanan Prosedur kerja 1) Mencuci bersih kulit jeruk siam dengan air hujan 2) Mengiris kecil-kecil kulit jeruk secara manual tanpa menggunakan pisau sesuai keperluan dan mengenakan sarung tangan ketika memotongnya. 3) Mengeringkan semua irisan kulit jeruk dibawah sinar matahari atau dengan cara mengeringkannya didalam oven selama 30 menit. 4) Mencampurkan kulit jeruk kering, air, dan minyak kelapa dalam panci dengan perbandingan komposisi 1 : 3 : 1. 5) Merebus campuran bahan-bahan tersebut dalam panci sampai 25 menit. 6) Menghaluskan adonan tersebut dengan cobek. 7) Setelah itu, mencampurkannya dengan bedak talc sabanyak 25 gram ke dalam adonan dan mengencerkan adonan atau pulp agar dapat diproduksi tissue yang tipis. 8) Lalu, menyaring adonan tersebut dengan menggunakan saringan teh dan screen sablon. 9) Kemudian menjemur adonan tersebut di bawah sinar matahari.
  3. 3. 14 2. Jadwal Penelitian Adapun agenda penelitian ditulis dalam tabel berikut: Tabel 3.1 Agenda Penelitian No. Tahap Penelitian Waktu Uraian 1. Pengumpulan Data 10-14 November 2014 Pengumpulan data ke Perpustakaan Daerah Kab. Majalengka 2. Pengumpulan Data Produksi Jeruk di Kab. Majalengka 16 November 2014 Survey ke Dinas Pertanian Kab. Majalengka 3. Pengamatan Pemanfaatan Kulit Jeruk di Kab. Majalengka 18-19 November 2014 Survey ke Pasar Cigasong Kab. Majalengka 4. Perumusan Masalah 22 November 2014 Perpustakaan SMA Negeri 1 Majalengka 5. Pengumpulan Bahan-bahan 25-30 November 2014 Pasar Maja dan Pasar Cigasong Kab. Majalengka 6. Percobaan Pertama 12-15 Desember 2014 Pembuatan Tissue di Desa Anggrawati Kec.Maja Kab. Majalengka 7. Percobaan Kedua 16 Desember 2014 Penyetakan adonan pulp di Desa Banjaran Kec. Maja Kab. Majalengka 8. Percobaan Ketiga 24 Desember 2014 Pembuatan Tissue di Desa Guwa Kidul Kec. Kaliwedi Kab. Cirebon. 9. Percobaan Keempat 28-31 Desember 2014 Pembuatan Tissue di Desa Anggrawati Kec. Maja Kab. Majalengka 3. Analisis Data
  4. 4. 15 Setelah melakukan pengumpulan data, penulis melakukan analisis berdasarkan hasil eksperimen. Data hasil eksperimen diteliti dan dikaji untuk menarik kesimpulan. 4. Pembuatan Kesimpulan Setelah analisis data dilakukan, didapatkan suatu kesimpulan yang menjadi pemecahan dalam rumusan masalah. Kesimpulan itulah yang menjadi hasil akhir dari penelitian ini.

×