Se ha denunciado esta presentación.
Utilizamos tu perfil de LinkedIn y tus datos de actividad para personalizar los anuncios y mostrarte publicidad más relevante. Puedes cambiar tus preferencias de publicidad en cualquier momento.
Faktor yang akan menentukan kapasitas produksi yang digunakan adalah tingkat produksi
yang ingin dicapai. Apabila perusaha...
Titik-titik persinggungan tersebut merupakan biaya produksi yang paling optimum/minimum
untuk berbagai tingkat produksi ya...
SKALA EKONOMI DAN TIDAK EKONOMI.
Kurva LRAC dan AC hampir bersamaan bentuknya, yaitu sama-sama berbentuk huruf U.
Bedanya ...
Próxima SlideShare
Cargando en…5
×

Tugas ekonomi

-

  • Inicia sesión para ver los comentarios

  • Sé el primero en recomendar esto

Tugas ekonomi

  1. 1. Faktor yang akan menentukan kapasitas produksi yang digunakan adalah tingkat produksi yang ingin dicapai. Apabila perusahaan tersebut ingin mencapai produksi sebanyak 100 unit, adalah lebih baik untuk menggunakan kapasita 1 (lihat titik A). Kalau yang digunakan adalah kapasita 2, seperti dapat dilihat dalam Gambar 10.5, biaya produksinya adalah lebih tinggi (lihat titik B). Kapasitas 1 adalah kapasitas yang paling efisien, dan akan meminimumkan biaya produksi, untuk produksi di bawah 130 unit. Untuk produksi diantara 130 dan 240 unit, kapasitas 2 adalah yang paling efisien, karena biaya produksi adalah paling minimum dengan menggunakan kapasitas tersebut. Ini dapat dilihat misalnya untuk produksi sebanyak 160 unit. Seperti dapat dilihat dalam Gambar 10.5, AC1 berada di atas AC2’ yang berarti dengan menggunakan kapasitas 1 biaya akan lebih tinggi daripada menggunakan kapasitas 2. Untuk produksi melebihi 240 unit, misalnya 275 unit, kapasitas 3 adalah yang harus digunakan produsen. Penggunaan ini akan meminimumkan biaya. Dari contoh ini dapat disimpulkan bahwa peminimuman biaya jangka panjang tergantung kepada dua faktor berikut teori biaya produksi :  Tingkat produksi yang ingin dicapai.  Sifat dari pilihan kapasitas pabrik yang tersedia. KURVA BIAYA TOTAL RATA-RATA JANGKA PANJANG Uraian yang baru saja dilakukan mengenai caranya seorang produsen menentukan kapasitas produksi yang akan digunakannya akan memberikan petujuk tentang bentuk kurva biaya total rata-rata jangka panjang atau kurva LRAC (Long Run Average Cost). Kurva LRAC dapat didefenisikan sebagai kurva yang menunjukkan biaya rata-rata yang paling minimum untuk berbagai tingkat produksi apabila produksi perusahaan dapat selalu mengubah kapasitas memproduksinya. Dalam gambar 10.5 kurva LRAC meliputi bagian kurva AC1 sampai di titik kurva AC2 dari titik a ke titik b, dan bagian dari AC1 dimulai dari titik b. Kurva LRAC bukanlah dibentuk berdasarkan kepada beberapa kurva LRAC saja, tetapi berdasarkan kepada kurva LRAC yang tidak terhingga banyaknya. Yaitu ia tidak dibentuk oleh tiga kurva AC seperti yang ditunjukkan dalam gambar 10.5, akan tetapi oleh kurva AC yang sangat banyak, yaitu seperti yang terdapat dalam gambar 10.6. Oleh karena kurva AC banyak jumlahnya maka kurva LRAC adalah suatu kurva yang berupa garis lengkung yang berbentuk U. Kurva LRAC tersebut merupakan kurva yang menyinggung berbagai kurva AC jangka pendek.
  2. 2. Titik-titik persinggungan tersebut merupakan biaya produksi yang paling optimum/minimum untuk berbagai tingkat produksi yang akan dicapai pengusaha di dalam jangka panjang. Satu hal yang harus diingat dalam menggambarkan kurva LRAC adalah bahwa kurva itu tidak menyinggung kurva-kurva AC pada bagian (di titik) yang terendah dari kurva AC. Dalam Gambar 10.6 hanya kurva ACX disinggung oleh kurva LRAC pada bagian kurva ACX yang paling rendah, yaitu di titik B. Kurva AC yang terletak disebelah kiri dari ACX disinggung oleh kurva LRAC di bagian yang lebih tinggi dan di sebelah kiri dari titik terendah. Perhatikanlah misalnya kurva AC2. Jelas kelihatan bahwa titik A bukanlah titik terentah pada kurva AC2. Titik tersebut terletak disebelah kiri dari titik terendah pada kurva AC2. Kurva AC yang terletak di sebelah kanan dari Kurva ACX. disinggung oleh kurva LRAC juga di bagian yang terletak lebih tinggi dari titik minimum pada AC yang bersangkutan, dan titik singgung tersebut terletak di sebelah kanan dari titik yang terendah. Titik C pada kurva AC3 jelas menggambarkan keadaan tersebut. Adakah kenyataan bahwa kurva biaya rata-rata jangka panjang atau LRAC pada umumnya tidak menyinggung kurva- kurva AC pada bagian AC yang terendah bertentangan dengan pernyataan yang dibuat terlebih dahulu yang menyatakan titik persinggungan di antara kurva LRAC dan kurva AC menunjukkan biaya produksi yang paling minimum untuk memproduksi sejumlah produksi tertentu? Sama sekali tidak. Didalam jangka panjang titik terendah dari suatu AC tidak menggambarkan biaya yang paling minimum untuk memproduksikan satu tingkat produksi. Terdapat kapasitas produksi lain (AC lain) yang dapat meminimumkan biaya. Sebagai buktinya perhatikanlah AC1 dan AC2. Titik A1 adalah titik terendah pada AC1. Dengan demikian dalam jangka pendek, produksi sebesar QA dapat diproduksi dengan biaya yang lebih rendah dari titik manapun pada AC1. Tetapi dalam jangka panjang biaya itu belum merupakan biaya yang paling minimum, karena apabila kapasitas produksi yang berikut digunakan (AC2), produksi sebesar QA akan mengeluarkan biaya sebanyak seperti ditunjukkan oleh titik A pada AC2. Dari contoh ini dapat disimpulkan bahwa kurva LRAC, walaupun tidak menghubungkan setiap titik terendah dari AC, menggambarkan biaya minimum perusahaan dalam jangka panjang.
  3. 3. SKALA EKONOMI DAN TIDAK EKONOMI. Kurva LRAC dan AC hampir bersamaan bentuknya, yaitu sama-sama berbentuk huruf U. Bedanya hanya : bentuk AC jauh lebih mirip U, sedangkan LRAC lebih berbentuk kuali. Telah diterangkan sebabnya AC berbentuk huruf U, yaitu sebagai akibat pengaruh hukum hasil lebih yang semakin berkurang. Kurva LRAC mempunyai bentuk seperti yang digambarkan dalam gambar 10.6 bukanlah disebabkan oleh hukum tersebut tetapi disebabkan oleh faktor lain. Kurva LRAC juga berbentuk huruf U, atau lebih tepat berbentuk kuali, disebabkan oleh faktor-faktor yang dinamakan oleh ahli-ahli sebagai skala ekonomi (economies of scale) dan skala tidak ekonomi (diseconomies of scale).

×